Apa Beda iPad dan Tablet

Smartphone Android atau iOS terbaru saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan layar yang cukup besar yakni 6-inch ke atas sehingga membuat penggunanya semakin nyaman baik saat digunakan untuk bermain game ataupun sekedar mengakses sosial media (sosmed) dan aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp. Namun demikian, meskipun smartphone terbaru sudah berlayar lebar, namun bukan berarti bahwa keberadaan tablet atau iPad dari Apple terlupakan begitu saja, karena ternyata masih banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan sebuah tablet daripada smartphone dengan alasan layar yang lumayan besar.

Untuk kamu yang baru saja memutuskan untuk membeli sebuah tablet, mungkin pernah bertanya tentang apa sih beda iPad dan tablet. Wajar jika timbul pertanyaan seperti itu, karena saat ini banyak sekali orang yang terkadang menyebut tablet tapi tak jarang juga mengatakan iPad. Kedua istilah tersebut yakni iPad dan Tablet sebenarnya mengacu pada dua jenis device yang berbeda, dengan sistem operasi yang berbeda pula.

beda iPad dan tablet

Secara sederhana bisa dikatakan bahwa iPad adalah sebuah tablet namun tidak semua tablet itu adalah iPad. Bingung bukan? Biar lebih jelasnya iPad adalah sebuah tablet yang dibuat oleh Apple dengan sistem operasi iOS. Seri terbaru adalah iPad Air tahun 2019 yang hadir dengan layar 10.5 inch, lumayan besar dan bisa membuat pengguna semakin nyaman ketika bermain game atau sekedar mengerjakan pekerjaan kantor seperti membuat dokumen.

Selain iPad Air yang hadir dengan layar cukup besar, Apple juga tak lupa meluncurkan varian iPad Mini dengan layar yang lebih kecil yakni 7.9 inch, cocok untuk kamu yang ingin memiliki sebuah perangkat pintar dengan layar yang tidak terlalu kecil tapi juga tak terlalu besar sehingga bisa nyaman digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Dari sisi harga, tentu saja sama seperti iPhone, harga iPad ini berkisar antara 5 sampai10 jutaan lebih. Cukup mahal, tapi dijamin keandalan dan kinerja, apalagi dengan sistem operasi iOS.

Sedangkan sebutan tablet lebih tepat ditujukan kepada perangkat tablet dengan sistem operasi Android. Jadi, apabila kamu memiliki sebuah tablet misalkan merk Samsung ataupun Xiaomi akan lebih baik menyebutnya dengan istilah tablet Android bukan dengan sebutan iPad. Tablet Android sendiri banyak sekali typenya mulai dari Samsung Galaxy Tab, Xiaomi Mi Pad 4, Huawei Mediapad dan jangan lupakan juga tablet dari merk lokal seperti Advan dan Evercoss.

beda tablet dan iPad

Pada umumnya, tablet Android dilengkapi dengan layar 7-inch sampai 10 inch dan tentu saja sistem operasinya adalah Android bukan iOS. Spesifikasi tablet tak jauh berbeda dengan smartphone yakni sudah dilengkapi dengan slot sim card, kamera depan dan belakang serta fitur pendukung lainnya. Sedangkan untuk harga tablet sendiri cukup bervariasi yakni mulai dari harga 1 jutaan dengan spesifikasi yang boleh dibilang pas-pasan, sampai tablet seharga 5 juta keatas yang tentunya memiliki spesifikasi lumayan tinggi sebanding dengan smartphone terbaru saat ini.

Apabila kamu sudah terbiasa menggunakan Android di smartphone, maka ada baiknya memilih tablet Android dibandingkan iPad dari Apple. Selain dari sisi harga jauh lebih murah dibandingkan iPad, juga kamu tidak akan mengalami kesulitan lagi saat menggunakan tablet tersebut. Akan tetapi bila kamu memiliki budget berlebih dan ingin memakai sebuah tablet dengan kinerja yang prima dan bisa diandalkan, memillih Apple iPad menjadi sebuah pilihan yang bijak. Sistem operasi iOS yang digunakan di iPad akan membuat kamu nyaman saat menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Leave a Reply