Apa Maksud eSIM di iPhone XS Max Terbaru

Setelah lama ditunggu akhirnya Apple meluncurkan juga iPhone dual sim, di Android fitur ini memang sudah menjadi hal lumrah karena telah ada sejak lama, namun bagi pengguna iPhone fitur dual SIM ini menjadi hal baru. Namun berbeda dengan smartphone Android dimana dual SIM bisa menggunakan dua buah kartu fisik secara langsung, di iPhone fitur dual SIM ini terdiri dari nano SIM dan satu lagi memakai eSIM atau Electronic SIM.

Tentu saja teknologi eSIM merupakan hal baru karena tidak banyak perangkat yang menyematkan fitur ini, baru Samsung Gear S2 3G dan Apple Watch 3 yang memiliki fitur eSIM. Kehadiran fitur eSIM di iPhone XS dan XS Max dan iPhone Xr bisa menjadi awal dimulainya era eSIM dimana SIM Card tidak lagi berbentuk fisik seperti yang telah lama kita kenal. Sebenarnya apa sih teknologi eSIM di iPhone dual SIM terbaru itu? 

Teknologi Electronic SIM (eSIM) memungkinkan kita menggunakan layanan sebuah operator tanpa harus menggunakan kartu fisik seperti halnya micro atau nano SIM. Dengan eSIM kita cukup memasukan data berupa alamat SM-DP+ berikut Kode Aktivasi dari operator yang ingin kita gunakan. Masuk ke menu Setting lalu pilih Add Cellular Plan kemudian silahkan masukan data yang diminta atau cukup scan barcode yang diberikan oleh operator.

apa maksud esim di iPhone xs

Keberadaan eSIM saat ini memang belum populer dan belum banyak operator di dunia yang support dengan teknologi eSIM tapi beberapa tahun ke depan sudah bisa dipastikan bahwa eSIM akan segera menggantikan penggunaan SIM Card fisik yang saat ini banyak digunakan. Tak bisa dipungkiri fitur eSIM mirip dengan sistem inject nomor waktu zaman CDMA dulu, namun bedanya di eSIM kita bisa dengan mudah gonta ganti nomor sesuai dengan keinginan, karena sifatnya tidak permanen.

Kelebihan eSIM adalah kita bisa menggunakan layanan dari sebuah operator tanpa harus lagi menggunakan kartu SIM fisik itu artinya kita bisa dengan bebas dan mudah berganti operator tanpa perlu bongkar pasang kartu SIM yang seperti yang sering kita lakukan waktu menggunakan Android, namun cukup lewat proses hapus cellular plan kemudian kita bisa langsung menambahkan kembali dengan memakai operator lain, cukup praktis dan tentunya kita tidak lagi takut kehilangan kartu SIM.

Untuk bisa menggunakan fitur dual sim (nano simcard dan eSIM) pastikan bahwa iPhone Xs dan XS Max kamu sudah di update ke iOS 12.1 terbaru. Tak usah khawatir meski tanpa dilengkapi kartu fisik, eSIM akan berfungsi sama seperti micro atau nano SIM yang sudah sering kita gunakan, baik dipakai untuk nelpon, kirim sms, berlangganan paket data internet. Teknologi Dual SIM Dual Standby (DSDS) yang ada di iPhone XS terbaru ini artinya kedua buah SIM bisa menerima dan melakukan panggilan telepon, namun saat salah satu nomor sedang digunakan untuk nelpon kemudian ada telepon masuk ke sim card lain maka secara otomatis akan masuk voicemail.

Sama seperti waktu menggunakan Android, pengguna iPhone terbaru kini bisa memakai satu kartu cuma untuk berlangganan paket data, sedangkan sim card lain khusus dipakai untuk nomor utama yang digunakan berkomunikasi dengan rekan kerja, kerabat ataupun keluarga. Karena seperti kita ketahui, ada banyak orang yang terlanjur menggunakan sebuah nomor telepon dari operator tertentu, namun ternyata harga paket internetnya cukup mahal dan menguras isi kantong. Lalu solusi termudah mengatasi masalah seperti ini adalah memakai sim card lain yang khusus cuma untuk paket internet saja.

Leave a Reply