Bisakah Downgrade Aplikasi iOS di iPhone Tanpa Jailbreak

Ada banyak sekali manfaat ketika kita melakukan proses update atau pembaruan aplikasi di iPhone ke versi terbaru. Selain bisa mendapatkan fitur dan menu paling anyar, juga dari sisi tampilan, di versi terbaru interfacenya akan lebih baik dan fresh sehingga membuat pengguna lebih nyaman dan tidak bosan ketika harus menggunakan aplikasi tersebut secara terus menerus setiap hari.

Sebagai contoh, di versi lama sebuah aplikasi mungkin saja belum dilengkapi dengan fitur tampilan dark mode, dimana dengan fitur ini setidaknya kita bisa lebih hemat daya baterai smartphone juga membuat mata lebih nyaman saat harus memakai aplikasi tersebut terus menerus. Nah, di versi terbaru, kemungkinan besar fitur dark mode telah disertakan secara default dan kamu bisa memilih untuk mengaktifkannya atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Namun sebaliknya, proses update sebuah aplikasi juga tak jarang membuat pengguna menjadi bingung dan merasa kesulitan karena ternyata terjadi perubahan yang sangat signifikan baik dari sisi menu dan fitur. Mereka yang tadinya sudah terbiasa dengan tampilan aplikasi versi lama, menjadi sedikit bingung karena di versi terbaru susunan menunya berubah sehingga membutuhkan waktu beberapa lama untuk bisa menyesuaikan diri dengan tampilan baru tersebut.

Bagi sebagian besar pengguna mungkin tidak masalah bila harus belajar dari awal untuk mempergunakan aplikasi terbaru tersebut dan tidak begitu mempermasalahkan perubahan yang terjadi, namun ternyata tidak sedikit pula pengguna yang justru merasa malas dan frustasi karena enggan untuk belajar dan menyesuaikan dengan tampilan baru aplikasi tersebut, mereka hanya ingin memakai aplikasi dengan menu dan fitur yang sama seperti yang selama ini digunakan.

Pengguna smartphone lain terutama yang bersistem operasi Android mungkin bukan masalah besar bila ingin melakukan downgrade aplikasi ke versi lama, karena cukup hapus aplikasi terbaru kemudian bisa langsung mencari versi lama aplikasi tersebut yang banyak tersedia di internet. Sedangkan untuk mereka pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS proses downgrade aplikasi menjadi sesuatu yang sulit dan bahkan mustahil.

downgrade aplikasi ios di iPhone

Tak jauh berbeda saat kita tidak bisa downgrade iOS ke versi lama, dimana saat kita terlanjur update iPhone ke iOS terbaru misalkan iOS 12.4 maka secara otomatis kita tidak akan bisa lagi memakai iOS 11 atau versi lama di iPhone tersebut. Nah, untuk aplikasi iOS juga berlaku hal yang sama, ketika kita sudah melakukan pembaruan aplikasi di App Store maka sejak saat itu pula, kita harus bersedia untuk memakai aplikasi versi terbaru tersebut tanpa bisa di downgrade ke versi lama.

Kenapa kita tidak bisa downgrade aplikasi iOS ke versi lama di iPhone atau iPad? alasannya cukup sederhana karena kita tidak bisa install atau memasang aplikasi dari sumber lain selain App Store. Berbeda dengan Android dimana kita bisa install aplikasi dari sumber lain tidak harus selalu dari Google Play Store, di iPhone kita hanya bisa instal aplikasi maupun game dari App Store saja terkecuali bila kamu menggunakan iPhone yang sudah di jailbreak.

Untuk keamanan saat menggunakan iPhone memang kita selalu disarankan untuk selalu install aplikasi dari App Store bukan dari sumber lain, karena seperti kita ketahui semua aplikasi dan game yang ada di App Store sudah teruji keamanannya sebelum aplikasi tersebut muncul di App Store. Tidak sembarang aplikasi bisa lolos di App Store karena harus melalui proses pengujian yang ketat dari Apple, tujuannya tentu saja agar pengguna iPhone merasa nyaman dan aman saat menggunakan aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest