Menyimpan Kontak WA di Email Agar Tidak Hilang

Pengguna smartphone yang baru menggunakan WhatsApp pasti mengalami keadaan dimana saat memindahkan akun WA dari Android ke iPhone atau sebaliknya ternyata kontak WhatsApp menjadi hilang atau tidak ada di handphone baru tersebut. Alhasil kita harus menambahkan kembali satu persatu kontak yang ingin dihubungi. Berbeda dengan aplikasi lain seperti BBM dimana kontak tersimpan di akun tersebut, nah di WhatsApp daftar kontak hanya ada di phonebook telepon kita jadi tidak tersimpan otomatis di akun WA.

Wajar saja bila kemudian saat memindahkan akun WhatsApp dari handphone lama ternyata kontaknya hilang semua di hp baru karena apabila kamu cek daftar phonebook di handphone baru tersebut belum ada satu kontak pun alias masih kosong. Lalu bagaimana caranya agar kontak WA tetap ada meskipun kita memindahkan akun ke hp baru? Solusinya tentu saja kita harus melakukan proses backup kontak yang ada di phonebook hp lama untuk kemudian dipindahkan ke hp baru. 

Agar kontak WA tidak hilang yang harus kita lakukan adalah menyimpannya atau melakukan sinkronisasi kontak tersebut ke email misalnya gmail baik untuk pengguna iPhone ataupun Android. Sehingga nanti saat kita mengganti hp, hanya cukup melakukan proses sinkronisasi pakai email yang sama maka secara otomatis kontak akan berpindah dari hp lama ke handphone baru tanpa proses yang ribet.

Pertama, siapkan sebuah email disarankan menggunakan Gmail dari Google, kenapa? Karena nantinya proses sinkronisasi kontak WA yang di Phonebook akan mudah disinkronisasikan ke akun Gmail yang aktif di hp Android tersebut. Pastikan akun gmail atau email yang dipakai benar-benar milik kamu, catat baik-baik kata sandinya agar nanti proses sinkronisasi atau memindahkan kontak WA ke hp baru bisa berjalan lancar tanpa kendala cuma karena gara-gara lupa kata sandi.

Setelah memasukan ataupun membuat akun Gmail di Android, sekarang saatnya untuk mengaktifkan proses sinkronisasi kontak WA yang di phonebook ke akun tersebut. Masuk ke menu Pengaturan – Pengguna & Akun lalu pilih Gmail yang akan digunakan untuk menyimpan kontak tersebut kemudian tap pada Sinkronisasi akun. Aktifkan pada pilihan sinkronisasi kontak, agar nantinya setiap kali kamu membuat dan menambahkan kontak baru maka secara otomatis akan tersimpan secara online disamping kontak lama.

cara menyimpan kontak wa agar tidak hilang

Proses sinkronisasi kontak ke akun email seharusnya bisa langsung berjalan dengan normal tanpa kendala dan tentu saja siap untuk dipindahkan ke hp baru.  Sekarang kamu bisa coba untuk login dan melakukan sinkronisasi kontak di hp baru menggunakan email yang sama seperti yang digunakan di hp lama. Apabila kontak WA yang ada di phonebook sudah muncul di hp, itu berarti proses sinkronisasi telah berjalan dengan lancar dan kontak WA sudah tersimpan dengan aman di email. 

Bagaimana bila terlanjur menggunakan email yang di Android sedangkan kamu sendiri tidak mengetahui kata sandi email tersebut? Tak usah khawatir kamu bisa kok memindahkan akun gmail tanpa password ke hp barudimana prosesnya cukup mudah dengan catatan keduanya merupakan smartphone Android. Sedangkan bila hp baru kamu tersebut adalah sebuah iPhone, sebaiknya lakukan proses reset kata sandi gmail terlebih dahulu.

Apakah kontak WA yang tersimpan di Gmail hanya bisa dibuka di Android saja? Jawabannya tidak, karena di iPhone pun kita bisa melakukan proses sinkronisasi kontak menggunakan akun gmail yang sama seperti yang digunakan di hp Android kita. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak langkah memindahkan kontak Android ke iPhone dengan menggunakan akun Gmail. Nantinya, kamu juga bisa lakukan sinkronisasi kontak ke iCloud di iPhone sehingga kontak tersebut bisa diakses juga oleh perangkat Apple lainnya dengan memakai akun yang sama.

Saat kamu akan menghubungi seseorang baik via pesan biasa ataupun lewat telepon di WA mungkin pernah menemukan sebuah Kontak WA ada tulisan undang, ini artinya bahwa nomor telepon yang akan dikirimi pesan WA tersebut belum terdaftar di WhatsApp. Kamu bisa langsung mengirimkan sebuah undangan ke orang tersebut untuk menggunakan WA lewat pesan SMS. 

Leave a Reply

Pin It on Pinterest