Apa Maksud Kustomisasi di WhatsApp

Istilah kustomisasi atau dulu lebih dikenal dengan personalisasi bukanlah hal baru karena sejak awal munculnya iOS dan juga Android, istilah ini sudah ada yang mengacu pada kemampuan pengguna untuk memodifikasi dan mengatur tampilan sesuai dengan gaya, selera dan keinginan sendiri tanpa lagi bergantung pada tampilan default yang disediakan oleh sistem. Lewat proses kustomisasi semua hal yang berhubungan dengan tampilan, tema dan bahkan menu bisa kita atur agar nantinya bisa membuat kita lebih nyaman saat sedang menggunakan aplikasi atau sistem operasi tersebut.

Contoh nyata dari proses kustomisasi Android adalah saat kamu merubah tampilan ikon aplikasi sehingga tampilannya mirip iPhone, mengganti wallpaper sesuai dengan selera sendiri daripada harus memakai bawaan pabrik, menata area notifikasi agar lebih mudah diakses dan lebih bisa memberikan informasi yang dibutuhkan. Lebih jauh lagi, kamu mengganti huruf dengan font yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan font default system Android. Jangan lupakan juga kustomisasi notifikasi dimana kita bisa menentukan suara yang berbeda untuk pesan singkat yang masuk, saat ada telepon dan notifikasi aplikasi lainnya, selain itu kita bisa atur aplikasi mana saja yang diizinkan untuk menampilkan pemberitahuan.

apa arti kustomisasi di android

Semua proses yang dilakukan agar tampilan dan kinerja Android lebih sempurna mendekati apa yang kita inginkan itulah yang disebut dengan istilah kustomisasi atau personalisasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini banyak aplikasi dan game yang juga menawarkan fitur serupa dengan tujuan agar pengguna lebih nyaman saat sedang menggunakan aplikasi atau game tersebut. Pengguna aplikasi kini tidak harus terjebak dengan tampilan default yang sangat membosankan karena kini bisa mengaturnya sesuai dengan gaya dan selera sendiri.

Salah satu contoh yang mulai dikenal saat ini adalah kustomisasi WhatsApp di Android. Sebagai aplikasi dengan jumlah pengguna aktif harian yang mencapai ratusan juta orang, WhatsApp seolah telah jadi aplikasi wajib yang harus ada di smartphone entah itu Android atau iPhone. Berbeda dengan versi pertama yang baru dirilis di aplikasi WhatsApp kini kita bisa melakukan proses kustomisasi baik dari sisi tampilan ataupun kinerjanya. Dari sisi tampilan kita bisa melakukan kustomisasi background obrolan, ukuran huruf agar membuat kita lebih nyaman saat sedang ngobrol dengan teman.

apa maksud kustomisasi di wa untuk android

Kustomisasi WhatsApp juga bisa kita lakukan di menu pemberitahuan atau notifikasi. Apabila kamu memiliki seseorang yang istimewa dan sering berkomunikasi lewat WhatsApp, tak usah khawatir karena kini bisa memberikan suara pemberitahuan yang berbeda dibandingkan kontak lainnya sehingga nantinya cukup mendengar nada pemberitahuan tersebut kamu sudah bisa tahu bahwa pesan atau telpon yang masuk tersebut berasal dari orang yang istimewa bukan dari kontak biasa.

Lebih jauh mengenai istilah kustomisasi di WA akan lebih menarik lagi jika kamu memutuskan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp mod, berbeda dengan versi resmi yang ada di Google Play Store, di versi WhatsApp hasil modifikasi ini kita bahkan bisa melakukan kustomisasi yang lebih lengkap tak hanya sekedar ganti wallpaper dan notifikasi bahkan kita bisa menerapkan tema dan warna aplikasi WhatsApp yang berbeda tak hanya sekedar tampilan dengan nuansa hijau semata. Ada banyak hal yang bisa kita kustomisasi di versi Wa ini yang mampu membuat kamu lebih kreatif dalam menyesuaikan tampilan aplikasi.

Dengan penjelasan singkat diatas, kini kamu bisa lebih memahami lebih jauh tentang istilah kustomisasi dan personalisasi yang tujuan utamanya ternyata agar sebuah aplikasi bisa tampil dan memiliki kinerja sesuai dengan yang kita inginkan. Lupakan tema dan tampilan default dari pabrik, dengan melakukan proses kustomisasi kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi sesuai dengan gaya dan selera yang diharapkan untuk kenyamanan kamu sendiri saat sedang memakai aplikasi tersebut dalam setiap aktivitas sehari-hari.

Leave a Reply