Mengapa di iPhone Muncul Kotak Biru

Entah apa yang terjadi secara tiba-tiba di layar iPhone yang sering pakai sehari-hari muncul kotak berwarna biru atau putih akibatnya kamu sedikit kesulitan untuk mengakses berbagai macam menu dan pengaturan di iPhone karena tidak bisa dilakukan secara normal seperti biasanya. Bahkan saat akan membuka sebuah aplikasi dan game, selalu muncul kotak lalu kita harus double tap agar bisa menjalankan aplikasi tersebut. Bagaimana sih cara menghilangkan kotak biru yang muncul di iPhone? Apakah iOS di iPhone harus di update atau ada cara lain yang lebih mudah dan cepat?

Munculnya kotak berwarna biru di iPhone yang masih menggunakan sistem operasi versi lawas seperti iOS 11 ke bawah, atau kotak warna hitam dan putih untuk iPhone yang sudah di upgrade ke iOS 13 terbaru penyebab utamanya karena fitur Voice Over sedang aktif di iPhone tersebut. Bila kamu tidak pernah mengetahui fitur ini, secara sederhana voice over adalah fitur pembaca layar berdasarkan gerakan, saat kamu menyentuh sebuah menu, aplikasi atau game di iPhone maka secara otomatis akan muncul kotak berwarna biru disertai dengan suara yang memberitahukan apa yang kita tap tersebut. Voice Over di iPhone sama persis dengan fitur TalkBack di Android.

kenapa di iPhone ada kotak biru

Tentu saja fitur Voice Over seperti halnya TalkBack di Android sangatlah berguna untuk kamu yang memiliki keterbatasan visual karena nantinya fitur ini akan memberikan deskripsi atau keterangan dalam bentuk audio dari berbagai hal yang ada di layar yang sedang kamu akses. Voice over bisa memberikan berbagai macam informasi mulai dari menu yang sedang dan akan kita akses, level baterai, dan berbagai macam informasi lainnya yang muncul di layar iPhone.

Lalu bagaimana bila kamu tidak mau lagi mengaktifkan fitur Voice Over dan ingin menghilangkan kotak warna biru atau putih di iPhone? Tak usah khawatir bukanlah hal yang sulit untuk mengatasi masalah muncul kotak berwarna biru di iPhone, kamu bisa menghilangkannya dengan cara menonaktifkan fitur voice over di iPhone.

Langkah pertama silahkan masuk ke menu Pengaturan di iPhone kemudian tap aksesibilitas selanjutnya tap pada VoiceOver untuk menonaktifkan fitur ini di iPhone kamu. Jika kamu sedikit kesulitan untuk masuk ke menu aksesibilitas karena lokasinya berada di bawah, silahkan geser layar dengan dua jari, kemudian double tab pada kotak pilihan yang muncul.

menghilangkan kotak biru di iPhone

Untuk kamu yang mengaktifkan fitur Siri di iPhone ada langkah paling mudah untuk menonaktifkan Voice Over di iPhone yakni cukup ucapkan “Turn Off Voice Over” nanti secara otomatis Siri akan merespon dan membantu kamu untuk menonaktifkan fitur ini di iPhone kamu. Bagi pengguna iPhone X ke atas juga bisa menekan tombol yang berada di samping sebanyak tiga kali secara berurutan sedangkan user iPhone tipe lawas yang masih dilengkapi tombol home, kamu bisa coba tap tiga kali tombol home tersebut.

Apabila fitur VoiceOver sudah tidak aktif lagi di iPhone maka kotak berwarna biru pun tak akan lagi muncul dan kamu bisa mengoperasikan iPhone secara normal seperti sedia kala. Jangan khawatir fitur ini di kemudian hari sangat mudah kok untuk diaktifkan kembali apabila memang kamu membutuhkannya. Cukup sederhana bukan solusi untuk menghilangkan kotak warna biru tanpa perlu melakukan proses flash atau restore iPhone ke setelan pabrik karena telah tersedia pengaturan tersendiri di iPhone.

Leave a Reply