Cara Menghapus Cache di Android

Pernahkah kamu mengalami memori internal Android selalu berkurang tanpa sebab dan akibatnya sering muncul error android tidak cukup ruang penyimpanan saat akan install aplikasi atau game baru di Android. Atau apakah kamu merasakan bahwa kinerja Android kamu semakin hari semakin terasa lemot dan lelet, untuk buka BBM saja harus menunggu beberapa detik baru terbuka.

Nah, salah satu penyebab dari masalah diatas adalah karena terlalu banyak file cache di Android kamu. Apa sih cache itu? Secara sederhana cache merupakan metode penyimpanan sementara dari suatu aplikasi atau game yang fungsinya untuk mempercepat menjalankan aplikasi tersebut. Yups, cache memang sangat bermanfaat dan berguna sekali agar kita bisa menjalankan sebuah aplikasi dengan lebih cepat.

Namun, semakin lama file cache ini akan semakin membesar seiring dengan semakin seringnya kita menjalankan aplikasi atau game tersebut, alhasil maka memori internal hp Android kita pun semakin berkurang akibat cache ini. Selain menyita memori internal, terlalu banyaknya cache justru akan membuat kinerja Android semakin menurun dan akhirnya lelet kebangetan.

Jadi, solusi termudah untuk mempercepat Android biar tidak lemot dan juga mengatasi masalah ruang penyimpanan tidak mencukupi di Android adalah dengan melakukan clear cache atau menghapus cache di Android, bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah hapus cache Android

Pertama masuk menu Pengaturan – Penyimpanan lalu pada bagian memori internal sentuh Data Dalam Cache.

cara menghapus cache android

 

Saat ada pilihan Hapus Data dalam Cache pilih Oke, tunggu beberapa saat sampai proses hapus cache beres.

cara hapus cache di android

 

Setelah selesai, kamu bisa melihat besarnya file cache yang awalnya ratusan mb lebih kini menjadi lebih kecil itu artinya memori internal hp Android kamu sudah bertambah lagi. Namun kamu harus ingat bahwa setiap hari file cache ini akan menjadi besar lagi, karena itulah kamu harus rutin menghapus file cache ini setidaknya seminggu sekali agar kinerja Android kamu terjaga.

Leave a Reply