Apakah BBM Masih Bisa Digunakan dan Diakses?

Sempat menjadi favorit dan aplikasi nomor satu untuk kirim pesan singkat mulai dari zaman Blackberry sampai kemudian muncul iPhone dan Android, nasib aplikasi BBM memang tak secemerlang WhatsApp bahkan Telegram sekalipun. Bahkan kemudian secara mengejutkan layanan pesan singkat BBM harus berhenti beberapa tahun silam karena kalah bersaing dengan WhatsApp. Pengguna WA yang terus bertambah setiap tahun, pada akhirnya memaksa pengguna setia BBM harus juga beralih ke WhatsApp karena semakin jarangnya teman, kerabat dan rekan kerja yang menggunakan aplikasi BBM sebagai media komunikasi.

Layanan aplikasi BBM untuk umum memang sudah secara resmi dihentikan, namun bukan berarti bahwa aplikasi ini benar-benar hilang ditelan bumi karena ternyata layanan BBM masih tersedia terutama untuk kalangan enterprise atau perusahaan yang lebih dikenal dengan sebutan BBMe. Jadi apabila kamu masih penasaran dan sering bertanya apakah aplikasi BBM masih bisa diakses dan digunakan baik di Android atau iPhone, jawabannya pasti akan membuat kamu terkejut karena ternyata BBM masih bisa dipakai seperti dulu tapi khusus untuk kalangan enterprise, namun meski demikian jangan khawatir kamu bisa kok menggunakan layanan BBM meski tentu saja harus berlangganan paket enterprise terlebih dahulu sebelum bisa login dan mulai memakai kembali aplikasi BBM untuk berkomunikasi dengan teman.

Apakah aplikasi BBM masih bisa diakses

Untuk kamu yang ingin bernostalgia dan merasa mulai bosan karena setiap hari memakai WA dan merasa tertantang untuk pakai aplikasi BBM seperti dulu, caranya sangatlah mudah yakni masuk ke Google Play Store atau App Store kemudian cari dan install BBM Enterprise. Selanjutnya nanti kamu bisa login memakai BBID yang dulu pernah digunakan atau membuat BBID baru memakai email.

Berbeda dengan BBM versi umum yang pernah kita pakai, nah saat pertama kali kamu membuka BBMe akan muncul halaman untuk aktivasi layanan BBM enterprise. Apabila kamu sudah bergabung dengan sebuah perusahaan yang kebetulan memakai BBM sebagai sarana komunikasi resmi perusahaan, bisa pilih opsi enterprise dan login memakai akun BBM yang telah diberikan oleh perusahaan tersebut. Untuk pengguna biasa kamu tinggal pilih pribadi lalu masuk pakai BBID yang sudah dimiliki sebelumnya atau bisa juga membuat akun baru, pilih sesuai dengan kebutuhan.

ternyata BBM masih digunakan di android

Seperti telah dijelaskan sekilas diatas bahwa layanan BBM enterprise ini harus berbayar karena kita mesti berlangganan paket enterprise. Meski demikian apabila kamu baru pertama kali memakai layanan BBMe, saat ini sedang ada promo yakni kamu bisa menggunakan layanan ini secara bebas tanpa dikenakan biaya sepeserpun untuk jangka waktu 6 sampai 1 tahun, selanjutnya akan dikenakan biaya langganan per 6 bulan sebesar kurang lebih 50 ribu rupiah.

Bila sebelumnya kamu pernah memakai aplikasi BBM enterprise di smartphone lain, setelah login bisa pilih opsi untuk mengalihkan akun BBM enterprise dari perangkat lama ke perangkat baru yang saat ini dipakai. Setelah berhasil login, selamat kamu kini telah bisa menggunakan aplikasi BBM di hp Android atau iPhone seperti dulu. Namun, jangan berharap bahwa kontak BBM yang dulu masih tersedia, karena ini merupakan versi enterprise maka kontak BBM hanya terbatas kepada pengguna BBM enterprise lainnya.

cara menggunakan BBM enterprise di Android

Seperti halnya aplikasi pesan singkat lainnya, ternyata aplikasi BBM enterprise juga sudah dilengkapi dan di update dengan berbagai macam fitur terbaru secara berkala. Sebagai contoh, untuk kamu fans setia dark mode di Android, tak usah khawatir karena di BBM enterprise juga kita bisa dengan mudah memilih opsi tema dark mode yang akan membuat tampilan BBM lebih keren dan tentu saja bisa lebih hemat baterai. Masuk ke menu Setelan – Umum lalu pilih tema gelap untuk mengaktifkan dark mode BBM di Android.

dark mode di bbm android dan iPhone

Sebagai catatan, agar kamu bisa lancar saat proses aktivasi BBM Enterprise di Android pastikan kamu sudah memasukan metode pembayaran untuk berlangganan paket BBM enterprise di Google Play Store. Apabila kamu tidak memiliki kartu kredit, langkah terbaik adalah pakai metode pembayaran dengan dompet digital GoPay.

metode pembayaran bbm enterprise android

Sekali lagi, karena ini adalah BBM versi enterprise jadi mau tidak mau kamu harus memasukan metode pembayaran langganan di Google Play Store. Karena itulah sangat disarankan untuk memilih metode pembayaran yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja, tanpa adanya metode pembayaran yang telah ditentukan di Google Play Store, kamu tidak akan bisa mengaktifkan layanan BBM enterprise ini di hp Android kamu.

Leave a Reply