Solusi Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah Whatsapp

Semakin banyaknya pengguna WhatsApp tak mengherankan bila kemudian berbagai macam fitur terbaru selalu hadir dengan tujuan untuk lebih membuat penggunanya merasa lebih nyaman dan aman saat memakai aplikasi WhatsApp. Salah satu fitur yang belum lama diperkenalkan adalah verifikasi 2 langkah atau Two-step verification yang merupakan opsi tambahan keamanan untuk menjaga agar akun WhatsApp kamu tetap aman dari orang yang tak berhak.

Untuk kamu pengguna WhatsApp mengaktifkan verifikasi 2 langkah WA sangatlah mudah yakni masuk menu Setelan lalu tap pada Akun dan kemudian Verifikasi dua langkah. Kamu akan diminta untuk memasukan 6 digit angka yang berfungsi sebagai kode verifikasi, selain itu jangan lupa masukan email yang sering dipakai yang berguna untuk proses reset kode verifikasi apabila suatu hari nanti kamu lupa.

Manfaat verifikasi 2 langkah WA adalah memberikan perlindungan tambahan terhadap akun WhatsApp. Cara kerjanya cukup sederhana yakni ketika kamu masuk ke WhatsApp misalkan di handphone baru, selain harus memasukan kode yang diterima lewat SMS,  juga kita akan diminta untuk memasukan kode PIN verifikasi dua langkah yang sebelumnya sudah diaktifkan. Bila kita salah memasukan kode verifikasi2 langkah maka otomatis tidak akan bisa masuk ke akun tersebut.

Bayangkan, bila suatu hari nomor sim card milik kamu hilang dan ditemukan oleh orang lain, maka akun WhatsApp milik kamu tersebut tidak akan bisa diaktifkan meskipun orang tersebut berhasil mendapatkan kode verifikasi lewat SMS namun tidak akan berhasil masuk karena tidak mengetahui kode verifikasi 2 langkah sebagai syarat agar bisa login.

Saat membuat kode verifikasi dua langkah WA sebaiknya gunakan kombinasi angka yang mudah untuk diingat tapi sulit untuk ditebak oleh orang lain. Jangan gunakan tanggal dan tahun lahir, hindari memakai nomor rumah sebagai kode PIN dimana bisa mudah ditebak oleh orang lain. Meskipun hanya merupakan opsi keamanan tambahan namun keberadaan verifikasi dua langkah ini cukup efektif untuk menjaga akun WhatsApp.

Lalu bagaimana bila saat akan masuk ke akun WA di handphone baru, tiba-tiba kamu sendiri malah lupa dengan kode verifikasi 2 langkah WhatsApp ini? Tak usah khawatir, untuk kamu yang mengalami masalah lupa PIN verifikasi dua langkah WA bisa kok dengan mudah melakukan proses reset kode PIN tersebut dengan memilih opsi Lupa PIN dimana nanti kita akan dikirimi email untuk proses resetnya.

lupa verifikasi 2 langkah WhatsApp

Sekarang waktunya untuk cek email dari WhatsApp yang berisi tautan untuk proses reset kode PIN verifikasi 2 langkah. Tap pada tautan tersebut dan kemudian confirm agar nantinya kode verifikasi WhatsApp tidak aktif dan kamu bisa langkah masuk ke WA tanpa harus memasukan kode PIN verifikasi.

lupa pin kode verifikasi 2 langkah WA

Tentu saja langkah diatas membutuhkan email yang aktif dan sebelumya kamu sudah memasukan email tersebut di pengaturan verifikasi 2 langkah WA. Bagaimana bila ternyata kamu juga tidak bisa masuk ke email untuk proses reset kode PIN verifikasi dua langkah? Nah, untuk kamu yang tidak bisa melakukan proses reset, jangan khawatir kita bisa kok tetap masuk ke WhatsApp tanpa harus memasukan kode verifikasi 2 langkah dengan syarat kita harus menunggu selama 6 hari, dimana bisa menyetel ulang WhatsApp tanpa harus memasukan kode pin.

Selain mengaktifkan verifikasi 2 langkah WA untuk menjaga agar WhatsApp kamu lebih aman, tak ada salahnya juga mengaktifkan fitur kunci WhatsApp menggunakan sidik jari agar tidak ada orang lain yang bisa membaca dan membuka WhatsApp tanpa seizin kamu.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest