Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Apakah ODIN dan Kies itu? Solusi Android Tidak Terdeteksi di Odin

Bagi pengguna Android Samsung sudah seharusnya tahu apa itu Kies dan Odin. Kedua program ini sangat berguna agar Samsung kamu bisa terdeteksi dan berinteraksi dengan laptop atau PC. Samsung Kies adalah sebuah program yang akan mempermudah kamu untuk melakukan sinkronisasi data antara Android Samsung dan PC/Laptop. Bila pengguna iPhone atau iPad mengenal iTunes, nah Samsung Kies ini fungsinya mirip seperti iTunes.

Lalu apa itu Odin?Apabila Android Samsung kamu bermasalah misalkan bootloop atau Android Samsung tidak mau nyala? Maka salah satu solusi yang kamu pakai adalah dengan cara melakukan flash atau restore Android menggunakan Odin. Jadi Odin adalah sebuah program Samsung Recovery yang akan membantu kamu untuk melakukan update, downgrade ataupun flash ulang Android Samsung kamu.

Samsung Galaxy S6 Edge tidak terbaca di pc

Ketika akan melakukan proses update atau downgrade Android, ada kalanya hp Samsung kamu tidak terdeteksi di Odin, apa dong solusinya? Nah, bila Android tidak terdeteksi di Odin ini disebabkan karena tidak ada driver Android yang terinstall di PC kamu, solusinya silahkan download dan Install Samsung Kies di PC atau Laptop. Samsung Kies bisa di download di [ https://goo.gl/w4NqJY ]

Samsung Kies tersedia dalam dalam 2 versi yaitu Kies dan Kies3, bedanya adalah Kies3 khusus untuk Android Samsung terbaru mulai dari Galaxy Note III, Galaxy S6 Edge dengan OS Android 4.3 ke atas. Untuk Samsung versi lama seperti Galaxy Young atau Galaxy Mini, pilih Kies saja. Bila kamu menggunakan Android selain Samsung, silahkan simak juga Android tidak terbaca di PC, agar nantinya kamu bisa dengan mudah melakukan sinkronisasi data antara Android dan PC

Android tidak terdeteksi di Odin

Apabila Samsung Kies sudah terinstall di PC atau Laptop kamu, selanjutnya kamu bisa melakukan update atau downgrade OS Android menggunakan Odin. Pastikan Kamu masuk ke Download Mode di Samsung dengan cara tekan tombol Power + Home dan Volume Bawah, setelah itu sambungkan hp Samsung ke laptop, maka Odin akan mendeteksinya.

25 comments

    1. @Anonymous :: Coba pindah port USB, pakai kabel data lain terlebih dahulu bisa juga agan buat akun baru dulu di windowsnya.

    1. @Ilman :: Jika sudah terdeteksi oleh ODIN, agan tinggal melakukan proses flashing aja.

  1. Mau tanya sist..
    Kalo s3 mini saya mati total tp masih bisa bisa kebaca di pc.. cuma berkali” bunyi seperti terhubung-putus.. nah solusinya gmna ya biar kebaca sepenuhnya agar bisa flash ulang..
    Mohon bantuannya.. 🙂

    1. @Aan :: Jangan lupa install dulu Samsung Kies di komputernya apabila tetap tidak terbaca install Samsung USB Driver. Setelah terbaca nanti bisa langsung lakukan proses update firmware menggunakan odin.

  2. Boleh minta link download Samsung kies dan usb driver nya ndak mbak..
    Kalo bisa yg update/work baik..
    Terima kasih ????

    1. @Aan :: untuk samsung kies agan bisa coba unduh dari samsung.com/in/support/usefulsoftware/KIES/

  3. gan, apakah samsung galaxy J8 (SM-J800FN) bisah di bacah oleh odin????

  4. Mau tanya kalau Samsung galaxi star plus gt s7262, tidak bisa dihidupkan hanya muncul logo trus mati trus muncul logo lagi begitu seterusnya, solusi yang bagaimana yah?

  5. Cara atasi samsung T311 hardbrick gmna yahh ?
    Udah coba pke odin,kies ma smart switch ttp ga k baca ma laptop..
    Pdhal usb driver udah cocok..
    Solusi.a gan gmna..
    Tolong..

    1. @Hendra :: Kemungkinan sudah ada kerusakan hardwarenya gan, jadi harus ada yang diganti terlebih dahulu semisal IC Power atau eMMC.

  6. Samsung tab 3 saya sudah di unroot dan ingin saya up.sebaiknya lewat Samsung kies atau odin. apakah setelahnya bisa up lewat ota.

  7. Artikel ini benar benar membantu saya. Saya jadi bisa mengroot hp lama saya.Tampilan dari artikel ini juga bagus. Menurut saya malah bagus banget kalau artikel ini bisa dilihat banyak orang. Terus semangat ya Siti Syarah.

  8. Kak kalo hp saya samsung sm- j510gn/ds bisa kebaca di odin tapi gak kebaca di smart switch solusinya gimana kak hp keadaan mati total..

Leave a Reply

Your email address will not be published.