Apakah Terlalu Banyak Aplikasi Boros Baterai

Saat pertama kali membeli sebuah hp Android kamu merasakan kinerja yang cepat, responsif dan tanpa ngelag, tapi seiring dengan waktu dan semakin banyaknya aplikasi serta game yang kamu install di Android, maka lama kelamaan hp Android kamu kinerjanya menjadi lebih lambat, kurang responsif dan bahkan sekedar untuk mengakses menu pun lambatnya bukan main, begitu juga dengan membuka dan menutup aplikasi tidak secepat waktu pertama kali.

Itulah beberapa akibat terlalu banyak instal aplikasi di hp Android yakni bisa membuat hp Android menjadi lebih lambat, terutama apabila banyak dari aplikasi tersebut berjalan di latar belakang atau background yang akan menghabiskan memori RAM Android dan kita ketahui semakin sedikit RAM yang tersisa maka sudah bisa dipastikan kinerja Android akan semakin lambat dan ngelag. Belum lagi bila ada aplikasi terlalu banyak menggunakan memori RAM, maka sudah bisa dipastikan Android kamu semakin lambat.

Lalu apakah terlalu banyak aplikasi boros baterai atau tidak? Tentu saja dengan semakin banyaknya aplikasi di Android maka penggunaan baterai akan semakin besar, terutama apabila aplikasi yang kamu install tersebut merupakan aplikasi online yang membutuhkan koneksi internet dan juga berjalan di background atau latar belakang.

akibat terlalu banyak install aplikasi android

Berbeda bila aplikasi yang kamu install tersebut bukan aplikasi online dan tidak berjalan di latar belakang maka tidak akan terlalu membuat boros baterai dan juga tak akan membuat Android berjalan lambat namun akan membuat kapasitas memori internal Android cepat penuh yang bisa berakibat kepada kinerja Android terhambat karena kekurangan memori internal sistem.

Berikut ini adalah solusi agar banyak Aplikasi tapi tidak boros baterai dan membuat Android menjadi lambat :

  1. Selalu menutup aplikasi dengan rutin, jangan menjalankan aplikasi secara bersamaan dalam waktu yang sama.
  2. Hindari terlalu banyak install aplikasi online yang membutuhkan koneksi internet
  3. Cek aplikasi yang berjalan di latar belakang, tutup aplikasi yang tidak berguna.
  4. Selektif dalam memilih aplikasi, jangan sembarangan install aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Meski memori RAM Android kamu besar yakni 3GB ke atas dan juga memori internal juga besar yaitu 32GB atau lebih, tetap saja apabila kamu terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan dalam waktu singkat maka kinerja Android kamu akan semakin lambat. Hindari bermain game online sambil menjalankan BBM, Line, Whatsap dan berbagai macam aplikasi Online lainnya.

Leave a Reply