Bagaimana Cek Aktivitas Akun Google

Pengguna smartphone Android sudah pasti memiliki akun Google yang merupakan salah satu syarat utama agar kamu bisa menggunakan berbagai fitur dan layanan Google yang tersedia di sistem operasi tersebut mulai dari email, Play Store, sampai game online yang membutuhkan akses ke Google Play Game. Maka tidak mengherankan bila kemudian, akun Google menjadi salah satu akun wajib yang harus dimiliki di samping akun sosial media seperti Instagram, Facebook sampai WhatsApp.

Sebenarnya tanpa menggunakan akun Google juga, kita masih bisa memakai smartphone Android meski cuma terbatas untuk beberapa fitur standar seperti SMS, nelpon dan bermain game yang tidak membutuhkan akun Google untuk proses loginnya. Akan tetapi, tentu saja sangat disarankan kamu membuat akun Google atau login memakai akun lama yang sebelumnya sudah kamu miliki, agar nantinya bisa menggunakan Android dengan lebih maksimal.

Saat kamu memakai sebuah akun Google di smartphone Android maka secara otomatis nantinya kita mengaktifkan fitur untuk memonitor dan menyimpan riwayat aktivitas yang sudah dilakukan akun tersebut. Sebagai contoh kita bisa dengan mudah mengetahui aplikasi dan game apa saja yang pernah dijalankan di hp Android dalam beberapa jam terakhir, sehingga nantinya bisa menjadi sebuah pertimbangan untuk menentukan aplikasi mana saja yang penting dan sering dipakai.

Tak hanya di riwayat aktivitas akun Google kamu juga bisa dengan mudah cek history pencarian yang dilakukan di Youtube, informasi perangkat baik itu komputer maupun smartphone yang pernah dipakai untuk login sampai history lokasi dan tempat yang pernah kamu singgahi. Pertanyaan sekarang, bagaimana sih cara cek riwayat aktivitas akun Google di Android dengan cepat dan mudah.

Langkah pertama silahkan akses menu Pengaturan – Google di smartphone Android kamu tersebut. Di bagian paling atas silahkan tap pada opsi Akun Google untuk mengakses halaman info, keamanan dan personalisasi dari akun milik kamu tersebut.

cek aktivitas akun google

Selanjutnya pilih tab Data dan Personalisasi dimana kita bisa melihat ada menu kontrol aktivitas yang sangat berguna untuk cek berbagai aktivitas yang pernah kita lakukan di akun tersebut. Misalkan kita ingin mengetahui aplikasi apa saja yang pernah dijalankan di hp Android maka pilih aktivitas web dan aplikasi.

mengetahui riwayat akun google

Tap pada Kelola Aktivitas untuk mengetahui dengan lebih detail riwayat aktivitas web dan aplikasi yang sering digunakan. Disini kita bisa melihat kronologi riwayat penggunaan aplikasi di smartphone Android, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

mengetahui aplikasi yang pernah dijalankan di android

Bila kamu melihat ada aktivitas yang tak dikenali seperti perangkat yang tidak pernah kamu pakai, atau kamu tidak merasa pernah memakai sebuah aplikasi tapi justru ada di riwayat aktivitas akun Google maka sudah bisa dipastikan bahwa ada orang lain yang login dan memakai akun tersebut, untuk keamanan kamu bisa ganti kata sandi akun Google tersebut. Pastikan selalu menggunakan kombinasi angka, huruf dan tanda baca untuk membuat password yang mudah diingat tapi sulit untuk ditebak oleh orang lain.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest