Beda Memori Internal dan ROM di Android

Apakah kamu pernah merasa heran dengan jumlah memori internal di hp Android yang ternyata tidak sebesar yang kamu duga. Saat membeli sebuah hp Android, tertulis bahwa Android tersebut memiliki ROM sebesar 16GB namun ternyata saat kamu telah menggunakan handphone tersebut dan melihat sisa memori internal yang hanya 10GB padahal kamu sendiri belum menyimpan foto dan file lainnya di ponsel tersebut. Lalu kemana yang 6GB lagi? dan kenapa kapasitasnya hanya 10GB saja.

ROM sesuai dengan namanya yakni Read Only Memory adalah penyimpanan atau memori sistem yang cuma bisa dibaca saja, tidak bisa ditulis atau dihapus terkecuali menggunakan apps khusus itupun harus mendapatkan akses root di Android. Fungsi utama ROM ini adalah menyimpan sistem operasi (Firmware) dan berbagai macam file pendukungnya agar sistem bisa berjalan dengan normal tanpa kendala.

beda memori internal dan rom di android

Jika di sebuah dus hp Android yang kamu beli tertulis ROM 16GB, itu artinya antara memori internal dan ROM akan menggunakan kapasitas yang 16GB tersebut. Bila besarnya memori untuk sistem operasi dan segala macam file pendukung sebesar 6GB, maka jangan heran bila kemudian memori internal yang tersisa dan bisa digunakan untuk menyimpan foto dan file lainnya hanya 10GB saja.

Namun demikian banyak sekali ponsel Android yang secara tegas menulis di dus atau box memori internal 16GB. Nah, bila di dus tertera tulisan memori internal 16GB itu artinya kamu akan mendapatkan memori internal yang benar-benar 16GB tanpa dikurangi dengan memori untuk ROM. Kapasitas memori internal sebesar 16GB biasanya secara total akan bisa dimanfaatkan untuk keperluan menyimpan berbagai macam data di Android.

Jadi, saat akan membeli sebuah ponsel Android pastikan bahwa yang tertera di dus hp tersebut adalah memori internal 16GB/32GB ataupun 64GB, bukan kapasitas ROM 16GB/32GB. Karena sekali lagi bila hanya ROM 16GB, nantinya kamu hanya akan mendapatkan memori internal yang lebih kecil semisal 10GB karena harus berbagi untuk ROM tersebut. Bila tertulis memori internal 16GB, artinya kamu akan mendapatkan kapasitas internal memori yang benar-benar 16GB.

Banyak dari kita yang terjebak dengan tulisan kapasitas ROM yang tertera di dus sebuah ponsel, sehingga akhirnya merasa heran karena hanya mendapatkan memori internal yang lebih kecil tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Leave a Reply