Kekurangan Rom China Xiaomi Stable dan Developer

Salah satu hal yang selalu saja membuat kita bingung saat akan melakukan proses flashing Xiaomi menggunakan MiFlash di Windows adalah banyaknya firmware atau rom yang bisa kita gunakan mulai dari versi Global Stabil sampai ROM Stable China dan bahkan ada juga rom versi developer. Meski semuanya menggunakan versi MIUI terbaru semisal MIUI 8 tapi tetap saja menentukan pilihan ROM terbaik untuk Xiaomi itu selalu sulit dan membutuhkan pertimbangan matang agar nantinya kinerja hp Xiaomi kamu lebih maksimal sesuai dengan yang kamu inginkan.

Bila sebelumnya kamu sudah mengetahui beda rom developer dan rom stable Xiaomi mungkin kini sedikit bingung dengan dua macam rom lainnya yakni ROM China dan Global Xiaomi. Dan juga sama seperti versi Global, untuk ROM China juga ada dua macam yakni versi Stable dan Developer China. Tambah bingung bukan? lalu apa sih kekurangan rom miui China dibandingkan dengan versi global?

kekurangan rom china stable

Pertama, salah satu kelemahan utama rom China entah itu versi Stabil dan Developer adalah tidak ada GAPPS seperti Google Playstore dan aplikasi dari Google lainnya. Ini artinya jika kamu menggunakan ROM China Xiaomi dan ingin mengunduh berbagai macam aplikasi tambahan seperti BBM, WhatsApp sampai Line maka tentu saja kamu kamu harus menginstall terlebih dahulu gapps di hp Xiaomi kamu tersebut.

Kedua, karena tidak dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi Google sebagai gantinya rom China hadir dengan berbagai macam aplikasi bawaan Xiaomi seperti Mi Credit, Market dan bahkan aplikasi cuaca yang memang diperuntukan untuk pengguna di China.

kelemahan rom china developer

Ketiga, tidak ada bahasa Indonesia di rom MIUI China Xiaomi. Bagi kamu yang terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia di Android, tentu rom ini kurang cocok karena tidak ada pilihan bahasa Indonesia. Di ROM Xiaomi versi China hanya ada 3 pilihan bahasa yakni traditional dan simplified Chinese juga bahasa Inggris. Keyboardpun memakai Google Pinyin bukan versi internasional (standar). Berbeda dengan rom global Xiaomi sudah dilengkapi dengan berbagai macam bahasa termasuk tentunya Bahasa Indonesia tercinta.

Dari beberapa kekurangan rom China Xiaomi diatas tentunya kini kamu bisa lebih yakin dalam memilih rom yang cocok untuk digunakan di hp Android kamu. Lalu, apa dong kelebihan rom China dibandingkan dengan firmware versi global untuk Xiaomi? Salah satu kelebihan yang bisa kamu rasakan adalah rom China akan lebih hemat baterai, lho kok bisa? Yups, karena tidak dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi dari Google maka tentunya kamu bisa mengharapkan kinerja Android yang lebih stabil dan tidak boros baterai karena tidak banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Kelebihan kedua, apabila kamu menggunakan hp Xiaomi seperti Redmi 3 atau Redmi Note 4 yang sudah mendukung koneksi 4G/LTE maka rom China ini biasanya sudah langsung mendukung koneksi 4G/LTE berbeda bila kamu menggunakan rom Global Xiaomi terkadang fitur 4G tidak aktif, dan harus diaktifkan secara manual dengan teknik fix 4G Xiaomi via recovery menu atau fastboot.

134 Comments

  1. Salah satu kekurangan Rom cina adalah tidak adanya gapps, tapi semisal saya mau install aplikasi dengan mengunduh mentahan aplikasinya dulu di browser apakah bisa terinstal juga dengan mengaktifkan menu sumber tidak dikenal, trimz

    Reply
    • @Ardjun :: bisa, nanti agan bisa kok menginstall GAPSS seperti halnya menginstal aplikasi biasa.

      Reply
      • saya pake rom china stabil dan mau masuk ke gaaps kok loadingnya lama banget ya ? apakah memang seperti itu ?

        Reply
        • @Bontote :: Coba reinstall gapps-nya dengan versi terbaru, ada kemungkinan gapps yang sekarang bermasalah.

          Reply
  2. Saya pernah denger kalo Rom cina itu udah bawaannya di root … Bener engga gan ???

    Reply
    • @Yana :: Ya, benar sekali kebanyakan rom china sudah default di root.

      Reply
  3. Kalo misalakan sudah ke root tidak bermsalah kan gan hapenya

    Reply
    • @Yoga :: Tidak, yang penting hati-hati aja dalam menggunakan berbagai aplikasi yang meminta akses root.

      Reply
  4. saya sekarang make rom cina, apakah bisa di hapus aplikasi cina bawaannya ??? dan apakah bisa di inject bahasa indonesia >>

    Reply
    • @Yana :: Kalau ingin menggunakan bahasa Indonesia sebaiknya ganti atau flash ulang menggunakan ROM Global gan biar lebih stabil.

      Reply
      • broo ganti rom dari china stable ke global stable make updater bisa gak?

        Reply
        • @Erlan :: Tidak bisa, harus pakai PC menggunakan Mi Flash

          Reply
  5. Klo dari global Rom 8.1.1.0. mau pindah ke Rom cina stabil 8.2.1.0..
    Lewat cara updater bisa ga?

    Reply
    • @Yadoy :: Engga bisa gan, harus pakai Mi Flash di komputer.

      Reply
    • Bisa gan download rin nya di en.mi.com pilek tipe hp agan trus download yg cina stable tp ya itu data di hp ilang semua wakaka kemarin rok global 8.2.4 bermasalah saya pindah ke tim cina shre aja si

      Reply
  6. gan…saya makai room globlal stable 8.1.6.0 ….jika 4g ingin kembali .saya harus hijrah ke room global stable yang manakah gan..

    Reply
    • @Rahmad :: Kalau ingin secara default ada 4G gunakan rom China gan. Coba di Fix 4G apabila saat ini tidak ada 4G di Xiaomi agan.

      Reply
      • thaxs ya….saya akan coba pindah ke room china….tp bagaimana cara donwload aplikasi playstorenya gan??dan google….

        Reply
        • @Rahmad :: Banyak caranya kok untuk install playstore di rom china, langkahnya sama seperti menginstal aplikasi biasa.

          Reply
  7. Rom china apabila ada update MIUI terbaru langsung bisa update apa ngga ya gan?? dan apakah 4Gnya akan hilang semisal kalau diupdate versi MIUI nya???

    Reply
    • @Muuhammad :: tentu gan akan dapat update rutin, khusus untuk ROM China biasanya 4G akan tetap ada kok.

      Reply
  8. Rom china sama rom global enak mana yha gan??

    Reply
    • @Udin :: Lebih enak yang versi Global sudah ada Google Playstore, namun dari sisi 4G kadang harus di lakukan fix 4G.

      Reply
  9. min, saya pakai rom china official tapi di setiap aplikasi bawaannya ga bisa saya disable yah itu kenapa yah? udah unlock bootloader juga padahal. apa harus ganti ke developer baru bisa saya disable aplikasi bawaan xiaomi yang engga penting min? thanks

    Reply
    • @Lale :: Coba hapus menggunakan aplikasi NoBloat atau System App Remover for Android.

      Reply
  10. Gan ini hp gue xiaomi redmi 2 prime. Knapa saya pakai jaringan LTE 4G . Ngga bisa browsing gan . ada yang bilang karna room nya cina . Hanya mendukung 4G di china . Sampai sekarng ngga bisa LTE hp gue di idnesia gan ..mohon bantuannya

    Reply
    • @Kevin :: Apakah muncul simbol 4G di handphonenya? Apabila muncul seharusnya agan sudah terkoneksi ke 4G. Apabila tetap error, terpaksa agan harus flash ulang pakai ROM Global Stabil.

      Reply
  11. install gapps perlu lewat twrp ga gan? atau bisa install seperti apk lain nya?
    paketan dlm gapps biasa nya apa ja gan?
    playstore?youtube? email? google maps? hangout?

    Reply
    • @Ade :: Ya sebaiknya lewat menu recovery baik twrp atau cwm. Apabila agan menginstall gapps versi full maka semua aplikasi Google akan ada. Untuk versi lite atau sederhana hanya Aplikasi Google yang penting saja seperti Playstore, Youtube dll.

      Reply
  12. sya dpet update Rom 8.2.1.0 MHOMIDL
    hp sya xiaomi Reno 3 pro.
    Apakah 4gnya aman atau hilang?

    Reply
    • @Yadoy :: Seharusnya aman gan, tapi untuk jaga-jaga sebaiknya sediakan bahan untuk fix 4G.

      Reply
  13. @Siti syarah
    Ane mau tanya nih, ane pakai redmi 4 yang biasa dan mash rom abal” , kenapa ya ane gak bisa nrima atau melakukan telpon dan bahkan mengirim atau menerima sms pun agak lama menggunakan sim yang tidak di sett untuk data selluler, tapi kalau ane nelo,nrima telp/sms pakai sim yang di set untuk data selluler bisa, apakah trouble nya di rom abal abal? Karna ane udah tuker ini hp ke tokonya dan masalah tetap sama di 2 hp yang berbeda. Makasih.

    Reply
    • @Herix :: yups bisa jadi karena rom abal-abal yang agan pakai di Xiaomi, sebaiknya diganti aja dulu ke rom Global Stabil.

      Reply
  14. Klo fix 4g hpnya hrs di-root atau tidak?

    Reply
    • @Yadoy :: Tidak perlu di root kok gan.

      Reply
  15. Klo pkai Rom stabil cina, app bawaan Cina ny bisa di hapus semua ngaak ya??

    Reply
    • @Muhammad :: Bisa, menggunakan aplikasi seperti NoBloat for Android dari Playstore.

      Reply
      • Ok mksih infony

        Reply
      • Kak kalau rom global aplikasi bawaan nya apa apa aj yang bisa di hapus kak

        Reply
        • @Muhammad :: Semua aplikasi juga bisa dihapus, apalagi bila sudah di root Androidnya.

          Reply
  16. Saya pernah melakukan kayak gini dengn MIUI Developer cina xiaomi mi note berhasil tetapi setelah bebetapa jam xiaomi layarnya blank hitan dan panas..akhirny saya garansi distributor dan di replace. Yaang saya tanyakan..kenapa itu terjadi?terima kasih

    Reply
    • @Eko :: ROM Developer Xiaomi adalah versi beta artinya masih banyak kekurangan yang diperbaiki secara bertahap, karena itulah memang disarankan menggunakan ROM versi Stabil.

      Reply
  17. gan ane pake rom china developer udh prefer LtE,tpi 4G gak bisa muncul malah H+. Tak rubah LTE only malah gak ada sinyal,jaringan manual tetap gak muncul. Solusi gmana gan?

    Reply
    • @Wahyudi :: Sudah dicoba lakukan terlebih dahulu Fix 4G? kalau nanti masih tetap error, ganti pakai ROM Global stabil + Fix 4G

      Reply
  18. hp sya romnya masih distributor dan sudah ada playstore, nah kalo sya flash ke china stable itu playstore akan terhapus atau tidak ya??

    Reply
    • @Wahyu :: Bila di flash menggunakan rom china biasanya Playstore akan hilang, jadi sebaiknya gunakan rom global stabil saja.

      Reply
  19. Mau tanya redmi 2 prime saya tdk bisa 4g sinyal nya pake room global stable,kalo pake room china sinyal 4g nya muncul tdk ya?

    Reply
    • @Qodar :: kemungkinan harus di fix 4G terlebih dahulu agar nanti fitur 4G LTE nya aktif. Untuk rom china biasanya sudah ada 4G.

      Reply
  20. mau tanya gan ..
    sy pake redmi note 4, rom awalnya miui 8.0.4.0 global stabil , kameranya kalau dipake leg , dn msh baxk lagi , trus sy baca dri forum miui katax update aja ke rom global developer , jdi sdh sy update kmrin jdi versi .7.4.1.4 .. apakah rom itu gak adamasalahnya sama skali gan ? apakah itu bsa disebut rom abal2 ?? apakah iklan yg bisa muncul tiba2 nti akan trjadi juga ?? mhon infox gan

    Reply
    • @Fmuhammad :: setiap rom pasti memiliki masalah tersendiri karena tidak ada rom yang benar-benar sempurna dan sesuai keinginan. Jadi sebaiknya agan cuma trial and error aja apakah dengan menggunakan rom tersebut cocok dengan penggunaan sehari-hari atau tidak. Untuk rom resmi dari Xiaomi biasanya tidak akan ada iklan, berbeda bila masih menggunakan rom distributor.

      Reply
  21. Gan saya sudah coba semua gan fix 4G dari yang cabut kartu sampai instal twrp dan sudah memakai fastboot dan sudah di UBL tpiii fix nya gak bisa tetap gan, semua Makai cara flash lagi sampai” gak bisa juga gan pas masuk fastboot gak ke detek di komputer pada saat instal twrp, mau ke Rom China takutnya banyak virus karena akses root terbuka dan apakah sudah ada keamanan seperti di global stabil gan ?
    Tindakan yang tepat gimana gan
    Coba saya minta kelebihan dan kekurangan dari pengalaman agan Rom China gan

    Tolong dibalas gan

    Reply
    • @Wullan :: ROM China juga sebenarnya aman saja kok yang penting sis jangan sembarangan menginstall aplikasi atau game dari sumber lain di luar Google Playstore.

      Reply
  22. mau tanya gan ..
    sy pake redmi note 4, rom awalnya miui 8.0.4.0 global stabil , buat youtube, ig kalau dipake leg , dn msh baxk lagi, Kenapa ya gan?
    baca dri forum miui katany update aja ke rom global developer ,sy mau update jdi versi .7.4.1.4 .. apakah rom itu gak adamasalahnya sama skali gan ? Apa sinyal 4gnya tetep ada habis update?
    Terus bisa buat hp sy gak leg lgi gan?
    mhon infox gan

    Reply
    • @Heri :: Sebelum melakukan proses upgrade atau ganti ROM, coba di reset ulang aja ke setelan pabrik gan, apakah normal atau tidak?

      Reply
  23. tanya nih..sy pengguna redmi note 3, sudah update ke miui 8 global stabil 8.0.1.0 (LHOMIDG),simcard gak kebaca di slot sim2 (sinyal tanda silang) dan saat simcard dmasukkan ke slot sim1 jg tanda silang..namun jika cmn pasang simcard di slot 1 sinyal aktif..itu knp ya gan?

    Reply
    • @Fie :: Sudah dicoba untuk menggunakan ROM Lain apakah normal atau tidak? Apabila setelah memakai rom lain ada kemungkinan hardwarenya sudah bermasalah.

      Reply
  24. Mau nanya nih. Hp saya xiaomi redmi pro yang dual camera. MIUI version nya 8.1.2.0 , banyak aplikasi yg udah terinstal, bahasanya cina dan inggris saja. Ini rom apa ya gan ? Gimana biar ada bahasa indonesia & gak merusak apapun ?

    Reply
    • @Kevin :: kemungkinan menggunakan rom china bukan rom global.

      Reply
      • Kalo mau buat ada bahasa indonesia gimana ? Apa harus ganti ke rom global ? Katanya rom global ga bisa 4g ?

        Reply
        • @Kevin :: yups, harus di rubah ke rom Global dengan resiko 4G-nya harus di setel ulang / fix secara manual.

          Reply
  25. Makasih banyak infonya

    Reply
  26. Gan mau nanya.kalo udah install playstore tapi ga bisa masuk loading checking info terus pokoknya setiap mau masuk akun google loading aja itu gimana ya?

    Reply
    • @Mizan :: pastikan agan sudah menggunakan Playstore versi terbaru. Apabila sekarang agan menggunakan rom china, sebaiknya rubah menggunakan rom global stabil agar Playstore-nya bisa berjalan lebih lancar tanpa kendala

      Reply
  27. Gan ane baru megang xiaomi nih dr hadiah. Redmi 4a miui 8 6.11.23 beta
    Itu rom apa gan? Ktanya klo beta itu dev cina. Tp ni hape udah ada bhs indo sm playstorenya gan.
    Kendala speker nya kecil bener apa karna rom nya?
    Tersedia up date versi miui ke 7titik sekian
    Apa nanti klo di update ga timbul masalah gan? Takut nanti 4g ilang.

    Reply
    • @Kurniawati :: Sebaiknya memang update ke rom/ MIUI terbaru agar kinerjanya lebih maksimal, atau bisa juga agan rubah dari rom developer ke global stabil.

      Reply
  28. Mau tanya, lebih bagus pakai rom ver china stabil atau rom global stabil untuk internetan dan game menggunakan 4G?? Keadaanya saya punya win 32 bit karna takut untuk flash takut gagal.. HH saya reno 3 pro.. Dan bisakah update rom china stabil lewat Updater app di HH saya??? Mohon jawabannya

    Reply
    • @Fadhil :: Untuk koneksi 4G memang lebih baik menggunakan ROM Xiaomi China karena fitur 4G sudah otomatis ada, dibandingkan dengan rom global yang harus dilakukan fix 4G terlebih dahulu.

      Reply
  29. gan redmi 4 biasa dari rom distributor flash ke rom cina bisa gk via updater gan??

    Reply
    • @Rizal :: Tidak bisa, sebaiknya gunakan MiFlash di komputer untuk ganti rom di Xiaomi.

      Reply
  30. Gan mi max ane masih rom abal2. Mending flashing ke rom stable cina atau global yah ?
    Bisa kasih tau kelebihan dan kekurangan rom stable cina dan stable globalnya ?

    Reply
    • @Panca :: Lebih baik menggunakan rom Global Stabil agar nantinya sudah ada Google Playstore sehingga akan tidak akan lagi sulit untuk mengunduh aplikasi di Xiaomi.

      Reply
  31. Om mau tanya..
    Xiaomi note 3 saya versi miui 8 stabil|8.0.1.0 LHOCNDG
    Ini termasuk rom apa ya om?? trus saya perlu ganti rom apa tidak?? trimakasih..

    Reply
    • @Hadi :: ROM China Stabil, selama agan masih merasa nyaman dengan rom saat ini sebaiknya tidak usah ganti rom.

      Reply
  32. Gan kalo mau dapat fitur akses root.. seharusnya pilih Rom China stabil atau China developer

    Reply
    • @Andi :: Sebaiknya pilih ROM China Stabil agar kinerjanya lebih baik dan stabil.

      Reply
  33. Mbak mau tanya hpku redmi 4a .. Dari awal beli baterai boros + panas.. Dan konsumsi baterai sistem android nyampek 82 persen… Sudah gonta ganti room sama hp di root hapus aplikasi gk berguna masih aja kayak gitu. . Itu kemungkinan apanya ya mbak

    Reply
    • @Zono :: Coba hapus atau non aktifkan aplikasi bawaan yang tidak penting dan jarang digunakan. Gunakan ROM Global Stabil.

      Reply
  34. Mau nanya, saya kejebak di miui 8.2 4.0 dan 4G jadi ga muncul,saya coba downgrade ga bisa, gimana yaa biar 4G muncul lg..?

    Reply
    • @Tam :: Coba di fix 4G aja gan, atau bisa downgrade menggunakan Mi Flash di komputer.

      Reply
  35. Gan, saya punya redmi 3x yang ROM nya Miui beta. Apa bisa diubah ke versi stabil dengan tanpa PC? Takutnya terjadi masalah tertentu.

    Reply
    • @Parastu :: Tidak bisa, harus via komputer menggunakan MiFlash untuk merubah rom.

      Reply
  36. Klo ROM CHINA itu ga pke GAPPS , kan masih bisa instal WA dll di MI STORE jadi HP XIAOMI kamu irit memory. GAPPS cuma berat2in dan manas2in HP doang gan

    Reply
  37. Adakah perbedaan antara rom china stable dengan rom china developer. Terus antara rom 2 itu 4g nya aman tidak.

    Reply
    • @Yahrif :: Rom china stable adalah versi final alias stabil yang kinerjanya bisa diandalkan, sedangkan rom china developer adalah rom beta yang mungkin masih banyak perbaikan dan masalah juga belum stabil. Sebaiknya gunakan rom china stable aja gan.

      Reply
  38. Gan saya mau nanya, miui saya masih versi 7 dan romnya china stable, trus ada upgrade tan ke miui 8 trus gimana gan kalo di upgrade 4g nya msh ada apa ngga, dan mendinh di upgrade apa tidak, info miui 8 dong, makasih

    Reply
    • @Rifaldi :: Kalau rom china biasanya 4G akan tetap ada kok gan.

      Reply
      • Lebih bagus mana antara rom cina, rom eu (eropa), atau rom polska.??
        Di rom polska / rom eu Google play store, 4G, berfungsi dgn baik, bahkan battery lumayan hemat, saya ingin tau apakah rom cina lebih baik dari rom eu/polska jika mengesampingkan ktiadaan GAPPS dirom cina?

        Reply
        • @Adit :: Kayaknya rom china yang lebih bagus deh.

          Reply
  39. apakah sama saja bisa 4G rom china stable dan dev

    Reply
    • @Zaenal :: Sebaiknya pilih yang versi stable aja gan biar kinerjanya lebih stabil.

      Reply
  40. Min mau nanya, saya update miui lewat updater terus milih .zip nya Dan ada tulisan “can’t verify update package ” itu knp min..

    Reply
    • @Fajar :: Biasanya karena file zip tersebut corrupt akibat proses mengunduh yang tidak sempurna, sebaiknya unduh ulang aja file update zip tersebut.

      Reply
  41. Berbahaya gak mbak kalau sering flash pkek mi flash?

    Reply
    • @Ferry :: Tidak berbahaya kok gan selama prosesnya benar dan tepat.

      Reply
  42. Min kalo dari global stabil 8.0.1.0 ke china developer 7.6.10 lewat updater bisa gk min?

    Reply
    • @Rofiq :: harus menggunakan komputer via MiFlash di Windows 64-bit.

      Reply
  43. Min enakan mana global stabil, china stabil, global dev, china dev buat pemakaian sehari2

    Reply
    • @Rofiq :: untuk penggunaan sehari-hari Xiaomi sebaiknya pakai Global Stabil.

      Reply
  44. gan mau nanya, Redmi note 3 pro rom china kadang micnya suka ga bisa buat telfon, tapi kalo di speker sma pakai hnsfree bisa, gmna gan solusinya, katanya matiin ok google.nya tapi kan rom china ga ada gan

    Reply
    • @Firman :: Coba aja di flash dulu pakai rom Global Stabil, apakah normal atau tidak? apabila tetap bermasalah berarti mic-nya sudah rusak dan harus diganti.

      Reply
  45. Mau tumpang tanya stable 7.2.4.0(LHPCNDB),versi china atau versi abal2, misalnya update miui V8.1.1.0.LAICNDI, 4G nya hilang kah

    Reply
    • @Candra :: Tidak, kan masih rom china stabil.

      Reply
      • Miui 8.1.1.0 LAICNDI gabisa di root via hp ya? Ko susah. Tolong bantu

        Reply
        • @Zaena :: Sudah coba untuk di unlock terlebih dahulu bootloadernya (UBL).

          Reply
  46. mau numpang nanya saya pakai rom stabil 8.0.5.0.0 tetapi jika saya download atau instal aplikasi ke hp saya memerlukan peizinan nomor hp,lokasi,sms dll tetapi saya tidak bisa menekan mengizin kan otomatis dari hp juga kan memang tidak bisa mengizinkan?ini masalah dengan apa ya min?mohon arahannya min. Thx:)

    Reply
    • @Teguh :: Coba reset aja dulu hp Androidnya ke default atau agan bisa mencoba untuk ganti rom.

      Reply
  47. Gan ane pakek MIUI 8 | 6.9.8 | Beta
    Itu perlu ane upgrade ke MIUI Global gak?

    Reply
    • @Rama :: Tergantung kebutuhan gan, apabila rom yang sekarang di rasa nyaman dan stabil, tidak perlu kok update ke MIUI Global.

      Reply
  48. Gan miui 8.1.1.0 LAICNDI aman gk 4Gnya?

    Reply
    • @Julian :: aman gan

      Reply
  49. Min mau nanya kan renote 3 pro saya MIUI 8.0 Global | stable 8.0.6.0 (LHOMIDG) abal2 bukan? Trs rom china itu ada china global stabil dan china stabil aja atau sama min? Makasih min..

    Reply
    • @Rama :: Bukan, itu rom global stabil. Untuk ROM China ada yang versi Stabil dan Developer.

      Reply
  50. Saya baru saja pake rom developer,alhamdulillah semua lancar,baik itu koneksi 4G jg tdk ada kendala,playstore lancar,cm tdk ada bhs.indo aja,jd hrs inglis hehe

    Reply
  51. Gan versi rom sy itu rom distributor abal abal sya mau ganti ke rom china developer bisa lewat hp langsung gk soalnya pc say itu win 32bit katanya nnti lw win 32bit mentok di 50% hrus win 64bit dan sya gnti ke rom china developer krna mau unlock bootloder dan sdh mendapt smsnya

    Reply
    • @Arya :: Tidak bisa gan, tetap harus lewat PC dengan Windows 64-bit.

      Reply
  52. Min apa bner klo pake rom developer 4Gnya bakaln ilang

    Reply
    • @Dadan :: belum ada rilis resmi tentang bakalnya hilang developer 4G, lagian sekarang kan Xiaomi sudah resmi hadir di Indonesia jadi nantinya 4G sudah bukan masalah lagi.

      Reply
  53. Gan, kl pindah rom dari stable ke rom beta gamasalah kan?

    Reply
    • @Sandy :: Tidak masalah gan, silahkan coba aja.

      Reply
  54. gan lebih hematan mana rom china ato rom global..??

    Reply
    • @Farhan :: ROM China tanpa disertai dengan berbagai aplikasi dari Google, jadi biasanya lebih hemat.

      Reply
  55. Gan numpang tanya, perbedaan rm cina stable sama cina develover bagus mana untuk kelebihan irit?
    Tks

    Reply
    • @Wisnu :: versi developer adalah versi beta jadi kurang stabil untuk penggunaan sehari-hari, masih banyak bugs dan sebagainya. Sebaiknya memang pilih yang versi stabil saja.

      Reply
  56. misi gan say mau tanya nih… say pkek xiaomi reno 3 pro.. sdah pkek rom china stable tp kok gak ad pembaruan di miui. nya ya.. ttp pkek miui 8.0…. apakah harus ganti dengan rom china global?? kalo iya hrus lwat pc/updater mohon infonya gan

    Reply
    • @Arga :: Kalau pakai rom stabil memang agak lama untuk mendapatkan pembaruan software berbeda bila pakai yang versi developer. Jadi kemungkinan emang belum ada pembaruan terbaru.

      Reply
  57. Punyaku hp xiaomi note 5a versi diatributor mau ganti versi soalnya baterai boros banget dan cepet panas. tapi adanya stable china sm developer itu gimana ya apa bisa di perbarui?

    Reply
    • @Ifa :: Bisa kok diganti rom-nya tapi harus menggunakan PC pakai program MiFlash.

      Reply
  58. bg saya mau tanya xiaomi saya klau di reset hbis itu buka google play waktu mau download dia minta sambungan wifi, trus d cari di unduhan di settingannya isinya kosong jd harus minta ke kawan unduhannya biar bisa download normal

    Reply
    • @Aditya :: Pake ROM Cina gan? Coba di reinstal GAPPS-nya.

      Reply
  59. Salam kenal siti Syrah.semoga sukses selalu dunia akhirat

    Reply
  60. Gan klau rom miui 9 developer bagus gx di indonesia

    Reply
    • @Alexsander :: Bagus kok, silahkan coba di upgrade aja ke MIUI 9 bila agan saat ini masih memakai MIUI8

      Reply
  61. lebih prefer rom china atau global ?

    Reply
    • @Robby :: Sebaiknya gunakan rom Global Stabil gan.

      Reply

Leave a Reply

Pin It on Pinterest