Kekurangan Rom China Xiaomi Stable dan Developer

Salah satu hal yang selalu saja membuat kita bingung saat akan melakukan proses flashing Xiaomi menggunakan MiFlash di Windows adalah banyaknya firmware atau rom yang bisa kita gunakan mulai dari versi Global Stabil sampai ROM Stable China dan bahkan ada juga rom versi developer. Meski semuanya menggunakan versi MIUI terbaru semisal MIUI 8 tapi tetap saja menentukan pilihan ROM terbaik untuk Xiaomi itu selalu sulit dan membutuhkan pertimbangan matang agar nantinya kinerja hp Xiaomi kamu lebih maksimal sesuai dengan yang kamu inginkan.

Bila sebelumnya kamu sudah mengetahui beda rom developer dan rom stable Xiaomi mungkin kini sedikit bingung dengan dua macam rom lainnya yakni ROM China dan Global Xiaomi. Dan juga sama seperti versi Global, untuk ROM China juga ada dua macam yakni versi Stable dan Developer China. Tambah bingung bukan? lalu apa sih kekurangan rom miui China dibandingkan dengan versi global?

kekurangan rom china stable

Pertama, salah satu kelemahan utama rom China entah itu versi Stabil dan Developer adalah tidak ada GAPPS seperti Google Playstore dan aplikasi dari Google lainnya. Ini artinya jika kamu menggunakan ROM China Xiaomi dan ingin mengunduh berbagai macam aplikasi tambahan seperti BBM, WhatsApp sampai Line maka tentu saja kamu kamu harus menginstall terlebih dahulu gapps di hp Xiaomi kamu tersebut.

Kedua, karena tidak dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi Google sebagai gantinya rom China hadir dengan berbagai macam aplikasi bawaan Xiaomi seperti Mi Credit, Market dan bahkan aplikasi cuaca yang memang diperuntukan untuk pengguna di China.

kelemahan rom china developer

Ketiga, tidak ada bahasa Indonesia di rom MIUI China Xiaomi. Bagi kamu yang terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia di Android, tentu rom ini kurang cocok karena tidak ada pilihan bahasa Indonesia. Di ROM Xiaomi versi China hanya ada 3 pilihan bahasa yakni traditional dan simplified Chinese juga bahasa Inggris. Keyboardpun memakai Google Pinyin bukan versi internasional (standar). Berbeda dengan rom global Xiaomi sudah dilengkapi dengan berbagai macam bahasa termasuk tentunya Bahasa Indonesia tercinta.

Dari beberapa kekurangan rom China Xiaomi diatas tentunya kini kamu bisa lebih yakin dalam memilih rom yang cocok untuk digunakan di hp Android kamu. Lalu, apa dong kelebihan rom China dibandingkan dengan firmware versi global untuk Xiaomi? Salah satu kelebihan yang bisa kamu rasakan adalah rom China akan lebih hemat baterai, lho kok bisa? Yups, karena tidak dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi dari Google maka tentunya kamu bisa mengharapkan kinerja Android yang lebih stabil dan tidak boros baterai karena tidak banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Kelebihan kedua, apabila kamu menggunakan hp Xiaomi seperti Redmi 3 atau Redmi Note 4 yang sudah mendukung koneksi 4G/LTE maka rom China ini biasanya sudah langsung mendukung koneksi 4G/LTE berbeda bila kamu menggunakan rom Global Xiaomi terkadang fitur 4G tidak aktif, dan harus diaktifkan secara manual dengan teknik fix 4G Xiaomi via recovery menu atau fastboot.

30 Comments

  1. Salah satu kekurangan Rom cina adalah tidak adanya gapps, tapi semisal saya mau install aplikasi dengan mengunduh mentahan aplikasinya dulu di browser apakah bisa terinstal juga dengan mengaktifkan menu sumber tidak dikenal, trimz

    Reply
    • @Ardjun :: bisa, nanti agan bisa kok menginstall GAPSS seperti halnya menginstal aplikasi biasa.

      Reply
  2. Saya pernah denger kalo Rom cina itu udah bawaannya di root … Bener engga gan ???

    Reply
    • @Yana :: Ya, benar sekali kebanyakan rom china sudah default di root.

      Reply
  3. Kalo misalakan sudah ke root tidak bermsalah kan gan hapenya

    Reply
    • @Yoga :: Tidak, yang penting hati-hati aja dalam menggunakan berbagai aplikasi yang meminta akses root.

      Reply
  4. saya sekarang make rom cina, apakah bisa di hapus aplikasi cina bawaannya ??? dan apakah bisa di inject bahasa indonesia >>

    Reply
    • @Yana :: Kalau ingin menggunakan bahasa Indonesia sebaiknya ganti atau flash ulang menggunakan ROM Global gan biar lebih stabil.

      Reply
  5. Klo dari global Rom 8.1.1.0. mau pindah ke Rom cina stabil 8.2.1.0..
    Lewat cara updater bisa ga?

    Reply
    • @Yadoy :: Engga bisa gan, harus pakai Mi Flash di komputer.

      Reply
  6. gan…saya makai room globlal stable 8.1.6.0 ….jika 4g ingin kembali .saya harus hijrah ke room global stable yang manakah gan..

    Reply
    • @Rahmad :: Kalau ingin secara default ada 4G gunakan rom China gan. Coba di Fix 4G apabila saat ini tidak ada 4G di Xiaomi agan.

      Reply
  7. Rom china apabila ada update MIUI terbaru langsung bisa update apa ngga ya gan?? dan apakah 4Gnya akan hilang semisal kalau diupdate versi MIUI nya???

    Reply
    • @Muuhammad :: tentu gan akan dapat update rutin, khusus untuk ROM China biasanya 4G akan tetap ada kok.

      Reply
  8. Rom china sama rom global enak mana yha gan??

    Reply
    • @Udin :: Lebih enak yang versi Global sudah ada Google Playstore, namun dari sisi 4G kadang harus di lakukan fix 4G.

      Reply
  9. min, saya pakai rom china official tapi di setiap aplikasi bawaannya ga bisa saya disable yah itu kenapa yah? udah unlock bootloader juga padahal. apa harus ganti ke developer baru bisa saya disable aplikasi bawaan xiaomi yang engga penting min? thanks

    Reply
    • @Lale :: Coba hapus menggunakan aplikasi NoBloat atau System App Remover for Android.

      Reply
  10. Gan ini hp gue xiaomi redmi 2 prime. Knapa saya pakai jaringan LTE 4G . Ngga bisa browsing gan . ada yang bilang karna room nya cina . Hanya mendukung 4G di china . Sampai sekarng ngga bisa LTE hp gue di idnesia gan ..mohon bantuannya

    Reply
    • @Kevin :: Apakah muncul simbol 4G di handphonenya? Apabila muncul seharusnya agan sudah terkoneksi ke 4G. Apabila tetap error, terpaksa agan harus flash ulang pakai ROM Global Stabil.

      Reply
  11. install gapps perlu lewat twrp ga gan? atau bisa install seperti apk lain nya?
    paketan dlm gapps biasa nya apa ja gan?
    playstore?youtube? email? google maps? hangout?

    Reply
    • @Ade :: Ya sebaiknya lewat menu recovery baik twrp atau cwm. Apabila agan menginstall gapps versi full maka semua aplikasi Google akan ada. Untuk versi lite atau sederhana hanya Aplikasi Google yang penting saja seperti Playstore, Youtube dll.

      Reply
  12. sya dpet update Rom 8.2.1.0 MHOMIDL
    hp sya xiaomi Reno 3 pro.
    Apakah 4gnya aman atau hilang?

    Reply
    • @Yadoy :: Seharusnya aman gan, tapi untuk jaga-jaga sebaiknya sediakan bahan untuk fix 4G.

      Reply
  13. @Siti syarah
    Ane mau tanya nih, ane pakai redmi 4 yang biasa dan mash rom abal” , kenapa ya ane gak bisa nrima atau melakukan telpon dan bahkan mengirim atau menerima sms pun agak lama menggunakan sim yang tidak di sett untuk data selluler, tapi kalau ane nelo,nrima telp/sms pakai sim yang di set untuk data selluler bisa, apakah trouble nya di rom abal abal? Karna ane udah tuker ini hp ke tokonya dan masalah tetap sama di 2 hp yang berbeda. Makasih.

    Reply
    • @Herix :: yups bisa jadi karena rom abal-abal yang agan pakai di Xiaomi, sebaiknya diganti aja dulu ke rom Global Stabil.

      Reply
  14. Klo fix 4g hpnya hrs di-root atau tidak?

    Reply
    • @Yadoy :: Tidak perlu di root kok gan.

      Reply
  15. Klo pkai Rom stabil cina, app bawaan Cina ny bisa di hapus semua ngaak ya??

    Reply
    • @Muhammad :: Bisa, menggunakan aplikasi seperti NoBloat for Android dari Playstore.

      Reply

Leave a Reply

Pin It on Pinterest