Cara Aktifkan dan Menggunakan NFC di Android

Fitur NFC atau Near-field communication bukanlah hal baru karena sudah lama ada bahkan sebelum adanya Android, NFC sudah lebih dulu hadir seperti di Blackberry 9900. Namun kini seiring semakin maraknya metode pembayaran cashless seperti Mandiri e-Money, BNI TapCash sampai T-Cash tak mengherankan bila fitur NFC kembali terkenal dan banyak digunakan.

Ponsel Android yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC kini banyak dicari dan harganya tentu saja lebih stabil dan mahal dibandingkan ponsel dengan speks yang hampir sama. Ponsel dengan dukungan NFC tentunya akan memudahkan pengguna NFC untuk menggunakan berbagai macam metode pembayaran mulai T-Cash, E-Money sampai BNI Tapcash di ponsel Androidnya.

Salah satu manfaat keberadaan NFC di Android adalah kita bisa dengan mudah mengetahui sisa saldo di Mandiri e-Money ataupun BNI Tap Cash karena cukup dengan menempelkan kartu e-money tersebut, maka kita bisa langsung mengetahui saldo yang tersedia di kartu e-money tersebut tanpa harus pergi ke ATM lagi.

Mengaktifkan dan menggunakan NFC di Android bukanlah hal sulit, karena kamu bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Namun sebelumnya pastikan bahwa ponsel Android kamu sudah benar-benar dilengkapi dengan fitur NFC seperti di Lenovo Vibe K4 Note, Xiaomi Mi 6, sampai Samsung Galaxy J7 Pro.

Untuk aktifkan NFC di Android bisa langsung lewat menu quick setting yakni geser dari atas ke bawah di area notifikasi ponsel Android kamu, atau bisa juga lewat menu Pengaturan lalu aktifkan pada opsi NFC seperti pada gambar di bawah ini.

cara aktifkan nfc di Android

Setelah berhasil mengaktifkan NFC di Android kamu bisa langsung menggunakan NFC tersebut untuk cek saldo dengan cara jalankan aplikasi e-Money Info atau BNI TapCash selanjutnya tempelkan kartu yang akan di cek tersebut, nanti secara otomatis akan muncul informasi saldo sampai mutasi atau penggunaan dana di kartu e-money tersebut.

Cara NFC TCash

Pengguna T-Cash dari Telkomsel, jangan khawatir kamu juga bisa memanfaatkan fitur NFC bawaan Android untuk melakukan proses transaksi menggunakan Tcash. Seperti kita ketahui, selain menggunakan NFC, Tcash juga bisa menggunakan Tcash Tap Stiker untuk proses transaksi. Masuk ke menu Pengaturan (setting) di Aplikasi Tcash dari Telkomsel kemudian di bagian Tcash Tap kamu bisa pilih opsi Phone NFC agar lebih mudah dan simple saat melakukan pembayaran tanpa harus lagi menggunakan sticker T-cash.

cara menggunakan nfc di android

Manfaat lainya dari NFC di Ponsel adalah kamu bisa menggunakannya untuk berbagai aktifitas seperti menggunakan NFC tag untuk Kartu E-Bisnis, Telepon sampai aplikasi dan situs Web. Penggunaan NFC tentu saja akan lebih mempercepat akses karena cukup menempelkan ponsel ke NFC Tag tersebut.

Leave a Reply