Cara Mengatasi Talk Back Pada Android

Salah satu menu yang ada di aksesibilitas adalah Android Talk Back dengan fitur kita bisa dengan mudah mengetahui item yang kita sentuh di layar Android. Ada kalanya kita tanpa sengaja mengaktifkan Talk Back di Android, dan merasa bingung bagaimana sih cara menonaktifkan talkbak di Android karena saat kita menyentuh layar yang muncul hanya kotak warna hijau disertai suara yang menggambarkan apa yang kita sentuh tersebut.

Fungsi Talk Back pada hp Android sebenarnya sangatlah penting terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan, karena bisa mengetahui item atau menu apa yang disentuh di layar Android disertai dengan penjelasannya. Item yang terpilih akan diberi kotak warna hijau, dan untuk mengaktifkannya cukup double tap saja.

Menggunakan Talkback di Android juga tidaklah sulit, pertama tap pada menu yang akan kita pilih sampai nanti muncul kotak warna hijau. Nah, setelah muncul kotak warna hijau, selanjutnya kamu double tap (sentuh dua kali dengan cepat) pada item atau menu dengan kotak warna hijau tersebut untuk proses konfirmasi bahwa kamu benar-benar ingin mengakses item atau menu tersebut. Untuk proses scroll layar ke atas atau bawah, gunakan dua jari, langkah ini sangat penting terutama apabila kamu ingin mengakses menu yang ada di bagian bawah dan tidak terlihat di layar utama.

Untuk mengatasi talkback di Android yang tanpa sengaja kamu aktifkan caranya tidaklah terlalu sulit, pertama silahkan akses menu Pengaturan di Android lalu Aksesibilitas. Apabila kamu tidak melihat menu Aksesibilitas di layar, silahkan scroll dengan dua jari ke atas sampai muncul menu Aksesibilitas – Talkback.

cara mematikan talk back di android

Lalu nonaktifkan pada Talkback. Caranya pilih, sampai muncul kotak hijau, lalu tap dua kali pada item yang terpilih tersebut. Konfirmasi bahwa kamu benar-benar ingin mematikan talkback di Android.

cara mengatasi talk back di android

Selesai, kini fitur Talkback sudah benar-benar nonaktif di hp Android. Kamu bisa menggunakan Android dengan normal seperti biasa, tanpa lagi muncul kotak hijau waktu memilih sebuah item atau menu.

Leave a Reply