Cara Menggunakan OpenVPN di Android

Aplikasi VPN di Android memang banyak tersedia di Play Store. Mulai dari yang gratis sampai berbayar. Meski banyak pilihan, kita harus tetap selektif. Pada artikel ini kita akan bahas salah satu aplikasi yang cukup ternama yakni OpenVPN. Bagaimana cara setting dan menggunakan OpenVPN di Android?

Kamu bisa install aplikasi OpenVPN Connect langsung dari Google Play Store di hp Android kamu. Aplikasinya berukuran lumayan kecil sehingga kamu bisa lebih hemat ruang penyimpanan di Android.

cara mengaktifkan openvpn di android

Setting OpenVPN di Android

Berbeda dengan aplikasi VPN lainnya, kamu tidak bisa langsung menggunakan OpenVPN karena secara default tidak ada file config openVPN. Jadi, langkah pertama adalah unduh terlebih dahulu file .ovpn yang merupakan file config di aplikasi OpenVPN.

Cara termudah untuk mendapatkan file config ovpn adalah dari VPNGate. Lalu unduh file dalam ekstensi ovpn.

cara setting openvpn di android

Kamu bisa pilih yang UDP atau TCP. Dalam contoh kita pilih saja yang TCP.

unduh ovpn untuk android

Setelah berhasil mengunduh file .ovpn, silahkan jalankan aplikasi OpenVPN Connect dan pilih tanda plus (+) untuk menambahkan file ovpn yang sudah kita download tadi.

cara import file ovpn di android

Cara Menggunakan OpenVPN Connect di Android

Apabila profile sudah successfully imported, itu artinya kamu bisa langsung terkoneksi ke server VPN tersebut.

Di halaman awal OpenVPN Connect, pilih profile yang baru kita import, tunggu beberapa saat sampai berhasil terkoneksi.

cara menggunakan openvpn connect di android

Menggunakan aplikasi OpenVPN memang sedikit rumit, namun apabila kamu sudah terbiasa dengan proses import file config opvn, maka proses selanjutnya akan sangat mudah.

Kelebihan openVPN dibandingkan aplikasi lain adalah kamu bisa menentukan sendiri IP negara yang ingin digunakan mulai dari Jepang, Amerika dan Negara Eropa.

Kedua, tidak seperti aplikasi lainnya, openVPN tidak ada iklan sama sekali, sehingga aktivitas kamu akan lancar tanpa terganggu tampilan iklan yang tetiba muncul.

Bagaimana soal keamanan? Selama kamu menggunakan file config ovpn dari sumber yang terkenal dan terpercaya, maka tentu saja koneksi internet via VPN akan aman.

Meski demikian, sebaiknya hindari mengakses aplikasi keuangan seperti internet dan mobile banking menggunakan VPN. Terkecuali, kamu memiliki server VPN sendiri.

Leave a Reply