Cara Merubah Default Akun Google di Android

Memiliki sebuah akun Google menjadi hal yang wajib bagi semua pengguna Android karena sebagian besar fitur dan menu di smartphone dengan sistem operasi Android membutuhkan sinkronisasi ke akun tersebut. Maka tidak mengherankan hal pertama yang dilakukan saat kita mengaktifkan sebuah hp Android baru adalah login memakai akun Google yang sudah dimiliki sebelumnya ataupun membuat akun baru untuk kamu yang baru saja beralih dari iOS atau sistem operasi lainnya ke Android dan belum pernah membuat akun Google.

Berbeda dengan iOS di iPhone dimana kita hanya bisa menggunakan satu Apple ID, di smartphone Android, pengguna bisa bebas menambahkan akun Google yang akan digunakan sesuai dengan keinginan, tidak dibatasi hanya satu akun saja. Tentu saja dengan login memakai beberapa akun di Smartphone Android kita memiliki banyak keuntungan tersendiri, diantaranya bisa dengan mudah gonta ganti akun saat bermain game, bebas mengirimkan email sesuai dengan akun yang diinginkan dan juga bisa memisahkan akun Youtube untuk beberapa aktivitas yang berbeda.

Bukan rahasia lagi bila setiap pengguna smartphone Android pasti memiliki dua atau tiga akun Google dengan tujuan yang berbeda. Satu akun biasanya digunakan sebagai akun personal yang fungsinya untuk berbagai aktivitas pribadi seperti bermain game, simpan foto di cloud, melakukan pencarian di Chrome sampai memberi komentar di Youtube. Akun yang lainnya tak jarang hanya digunakan untuk aktivitas kerja atau bisnis, seperti menerima dan kirim email ke konsumen dan berkomunikasi, berkolaborasi membuat laporan kantor di Google Dokumen dengan rekan kerja dan berbagai aktivitas bisnis lainnya.

Apabila kita telah berhasil menambahkan beberapa akun di hp Android, tentu saja akan ada satu akun yang berfungsi sebagai akun default, artinya akun tersebut akan selalu dipakai pertama kali untuk mengakses berbagai layanan dari Google seperti pencarian, login ke sebuah game, penyimpanan dokumen dan foto dan layanan lainnya. Sebenarnya kita bisa dengan mudah beralih dari akun default ke akun yang kita inginkan, namun bila setiap saat kita harus selalu beralih dari satu akun ke yang lainnya tentu saja bukan sesuatu yang efektif dan cenderung membuang waktu secara percuma.

Lalu bagaimana cara kita setting default akun Google di hp Android ke akun yang kita inginkan? Sebagai contoh, saat ini kamu terlanjur memakai akun bisnis sebagai default di Android, padahal seharusnya kamu menggunakan akun personal sebagai default untuk berbagai macam aktivitas di Android. Kamu tentu tidak ingin setiap kali bermain game baru, secara default login pakai akun bisnis tersebut kan? Nah, bagaimana sih cara merubah default akun Google di Android tersebut.

cara setting default akun Google di Android

Untuk kamu yang sudah terlanjur login memakai beberapa akun di Android, dan ingin mengganti default akun Google di hp tersebut tidak ada cara lain kecuali kamu harus log out terlebih dahulu dari semua akun yang aktif di hp Android tersebut, lalu kemudian login kembali memakai akun pertama yang ingin dijadikan sebagai default akun. Cara ini memang sedikit ribet dan tidak praktis, namun merupakan langkah satu-satunya agar nantinya default akun di hp tersebut bisa berubah sesuai dengan yang kita inginkan.

Intinya harus kamu ingat bahwa akun pertama yang digunakan login ke Android akan selalu menjadi akun default. Karena itulah sebelum kamu menambahkan sebuah akun, silahkan cek terlebih dahulu apakah akun pertama yang sudah ada di hp tersebut merupakan akun yang ingin dijadikan sebagai default, apabila bukan maka sebaiknya logout terlebih dahulu, kemudian lakukan login kembali memakai akun yang akan dijadikan sebagai default di hp Android tersebut.

Ternyata merubah default akun Google di smartphone Android tersebut sangatlah mudah bukan? Kita bisa menggantinya tanpa harus melakukan proses reset hp Android ke setelan pabrik tapi cukup melakukan log out terlebih dahulu semua akun yang sudah ada sebelumnya, untuk kemudian login kembali untuk pertama kali pakai akun yang akan dijadikan sebagai default. Ingatlah, akun pertama yang dipakai login akan selalu jadi akun default di smartphone Android.

Leave a Reply