Factory Reset Protection (FRP) pada Android?

Apabila kamu menggunakan Android Lollipop ataupun yang terbaru Marshmallow dan Nougat tentunya akan diperkenalkan dengan fitur FRP atau Factory Reset Protection yang merupakan fitur keamanan Android yang di desain untuk mencegah orang lain mempergunakan handphone Android kamu setelah melakukan proses Wipe atau factory reset lewat Recovery Mode.

Jika dulu saat hp Android terkunci akibat terlalu banyak percobaan pola, biasanya dengan melakukan proses wipe data atau factory reset via recovery mode maka Android akan kembali ke setelan pabrik dimana kondisinya sama seperti saat pertama kali kita membeli hp Android tersebut. Namun, mulai dari Android Lollipop sampai yang terbaru Nougat kini ada fitur keamanan yang disebut Factory Reset Protection (FRP). Dengan FRP maka ketika selesai melakukan proses Wipe via recovery, untuk bisa menggunakan kembali hp tersebut, kita akan diminta memasukan akun Google yang aktif di handphone tersebut.

apa fungsi frp pada android

Jadi, Factory Reset Protection (FRP) itu mirip banget dong dengan Find My iPhone atau iCloud Activation Lock? Yups, benar sekali FRP ini memang fungsinya sama seperti iCloud di iPhone, ataupun Mi Cloud di ponsel Xiaomi. Dengan adanya fitur ini maka hp Android kamu akan lebih aman, bila suatu saat hilang karena meskipun sudah di reset ke setelan pabrik akan tetap diminta untuk memasukkan akun Google yang aktif di hp tersebut.

Factory Reset Protection atau FRP baru akan berfungsi apabila kamu melakukan proses format Android via Recovery Mode atau reset dari jarak jauh menggunakan Android Device Manager (khusus pengguna Samsung menggunakan fitur Find My Mobile). Apabila kamu melakukan reset via menu Setelan – Buat Cadangan dan Setel Ulang lalu kembalikan ke setelan pabrik, maka FRP tidak akan aktif karena sebelumnya kamu akan diminta untuk memasukan passcode atau kode kunci layar (Lock Screen).

Bagaimana mencegah agar hp Android kamu nantinya tidak mengalami masalah Factory Reset Protection (FRP)? Mudah saja, syaratnya kamu tidak mengaktifkan kunci layar Android juga hapus semua akun Google di Android kamu sebelum melakukan proses wipe atau factory reset. Namun apabila hp Android kamu terlanjur mengalami Factory Reset Protection (FRP), maka solusinya cukup mudah yakni kamu hanya perlu masuk atau Login menggunakan akun Google yang aktif di hp tersebut.

4 Responses to “Factory Reset Protection (FRP) pada Android?”
  1. Mita 30/12/2016
    • Siti Syarah 30/12/2016
  2. Novi Andries 29/03/2019
    • Siti Syarah 29/03/2019

Leave a Reply