Apa Fungsi Recovery Pada Android

Ketika handphone Android kamu error dan tidak bisa masuk ke menu, atau mungkin juga suatu ketika kamu lupa passcode Android juga salah pola beberapa kali sehingga Android terkunci dan tidak bisa dibuka, salah satu solusi yang sering kali kita coba adalah dengan cara melakukan proses reset Android ke setelan pabrik lewat menu recovery Android? Apa sih sebenarnya fungsi recovery mode di Android itu?

Recovery Mode di Android bisa diakses dengan menekan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah untuk beberapa Android, bisa juga menekan tombol Power, Home dan Volume Atas untuk Android Samsung, nah salah satu fungsi utama recovery di Android adalah untuk proses penyelesaian berbagai masalah Android.

Apa saja masalah Android yang bisa diatasi lewat recovery mode Android? Salah satu manfaat terpenting dari recovery Android adalah untuk mengatur ulang Android ke setelan pabrik atau factory default. Ini sangat bermanfaat sekali apabila kamu tidak bisa masuk ke menu Android akibat lupa passcode, salah pola ataupun karena masalah bootloop Android. Dengan masuk ke menu recovery mode maka kamu bisa dengan mudah melakukan proses factory default Android.

fungsi recovery mode android

Fungsi lain dari cwm recovery mode adalah apabila kamu masalah seperti Setelan Android tidak bisa dibuka maka kamu bisa dengan mudah dan cepat mengatasi masalah seperti ini lewat menu recovery Android caranya pilih wipe data atau factory reset sehingga nantinya Android akan kembali ke setelan pabrik yang kondisinya sama seperti pertama kali kamu membelinya.

Apakah Recovery Mode Android cuma untuk melakukan factory reset? Tidak juga, dengan menu Recovery Android juga kamu bisa melakukan proses update Android baik melakukan Apply update from sdcard (external storage), ataupun Apply update from adb (dengan bantuan komputer) juga kamu bisa melakukan wipe cache partition Android, dan bahkan recovery mode juga bermanfaat apabila kamu ingin melakukan proses root Android.

Namun sebelum kamu memanfaatkan salah satu fungsi di recovery menu Android pastikan bahwa telah membackup terlebih dahulu berbagai data penting yang ada di hp Android kamu semisal foto, sampai dokumen lain dan bahkan kontak BBM sudah tersimpan dengan aman, sehingga apabila nantinya terjadi error ketika menggunakan salah satu fungsi di menu recovery Android maka kamu tidak akan kehilangan seluruh data penting yang ada di Android kamu. Selain itu pastikan kamu selalu berhati dan teliti sebelum memilih salah satu opsi atau pilihan di recovery mode untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply