Cek Backup Whatsapp di Google Drive

Bagi pengguna smartphone baik itu dengan sistem Android atau iOS, WhatsApp telah menjadi aplikasi yang wajib di install dan dimiliki karena saat ini hampir semua komunikasi baik teks atau nelpon lebih sering menggunakan WA dibandingkan SMS atau nelpon yang memotong pulsa secara langsung. Berbekal kuota internet yang mencukupi, dalam hitungan detik kita bisa kirim pesan teks atau suara ke teman, kerabat dan rekan kerja secara real time. Dibandingkan dengan fitur SMS biasa, di WhatsApp kita bahkan bisa mengirimkan berbagai macam dokumen dan file multimedia lainnya.

Berbeda dengan aplikasi pesan bawaan Android, di Whatsapp sudah dilengkapi dengan fitur backup chat sehingga nantinya semua riwayat percakapan dan file yang pernah dikirim dan terima bisa tersimpan dengan aman. Fitur backup chat di WhatsApp ini sudah pasti sangat berguna untuk kamu yang sering banget gonta ganti hp baru, atau sering format ulang Android, karena kita bisa dengan mudah memindahkan semua percakapan di WhatsApp ke handphone baru.

Secara default aplikasi WhatsApp menawarkan dua cara untuk proses backup yakni yang disimpan secara lokal di memori internal smartphone kita, dan backup online yang disimpan di Google Drive untuk pengguna Android atau iCloud khusus bagi kamu yang memakai iPhone. Backup chat yang tersimpan di memori internal smartphone sangat berguna terutama bila kamu hanya melakukan proses install ulang WhatsApp di hp yang sama tanpa melakukan proses reset Android ke pengaturan pabrik. Kekurangan backup WhatsApp secara lokal di memori internal adalah file backup akan hilang saat kita melakukan format ulang Android atau berganti ke hp baru.

Agar backup WhatsApp bisa kita pindahkan dan di restore ke hp baru maka langkah pertama yang wajib dilakukan adalah memilih backup ke Google Drive. Sebelum kamu berganti hp baru, silahkan meluangkan waktu sejenak untuk melakukan proses backup chat ke Google Drive di menu Pengaturan – Backup Chats. Gunakan akun Google utama yang sering dipakai agar nantinya kamu tidak mengalami kesulitan saat akan melakukan proses restore di hp baru.

cara backup chat wa di android

Bagaimana cara cek Backup WhatsApp di Google Drive agar kita bisa lebih yakin bahwa semua riwayat percakapan dan file yang pernah diterima atau dikirim sudah tersimpan dengan aman? Jangan khawatir lewat aplikasi Drive di Android kamu bisa dengan mudah melihat apakah proses backup sudah sukses atau belum. Jalankan Google Drive di hp kamu, apabila belum ada silahkan install terlebih dahulu dari Play Store, kemudian pilih menu Backup. Apabila kamu sudah melihat folder atau file dengan nama WhatsApp Backup itu artinya data chat serta berbagai file multimedia lainnya sudah berhasil disimpan dengan aman.

cara cek backup whatsapp di google drive android

Satu pertanyaan yang sering terlontar adalah apakah backup WhatsApp yang tersimpan di Google Drive bisa kita buka dan baca di laptop atau komputer? Jawabannya sangat jelas yakni tidak bisa karena file backup tersebut terenkripsi sehingga sangat sulit untuk bisa dibuka di laptop. Hanya ada satu cara untuk kita bisa membuka file Backup WhatsApp yakni dengan melakukan proses restore backup lewat aplikasi WhatsApp secara langsung.

Langkah pertama untuk bisa restore Backup chat WhatsApp adalah pastikan kamu masuk atau login memakai nomor yang sama dengan yang digunakan saat proses backup. Kedua, silahkan pakai akun Google yang sama dimana kamu menyimpan file backup tersebut. Kedua syarat diatas yakni nomor dan akun Google harus terpenuhi, jika kita lupa salah satunya maka proses restore tidak akan berhasil, dan backup WhatsApp tidak bisa kita akses lagi. Ini tentunya untuk mencegah orang lain yang tidak berkepentingan melakukan restore backup WhatsApp memakai nomor yang berbeda.

Leave a Reply