Perbedaan Micro SD SDHC dan SDXC

Saat ini ponsel Android terbaru selalu dilengkapi dengan memori internal yang kapasitasnya cukup besar yakni rata-rata 32GB ke atas namun seiring dengan semakin besarnya ukuran file foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel, juga game Android terbaru ukuran filenya bertambah besar maka tak mengherankan bila kemudian memori internal sebesar 32GB dan bahkan 64GB dirasa kurang cukup dan harus ditambah dengan penggunaan memori eksternal atau micro SD buat penyimpanan data di hp Android.

MicroSD terbaik adalah pilihan Micro SDXC UHS3, mau tahu alasannya?

Membeli sebuah micro SD tidaklah semudah yang kita bayangkan karena ternyata banyak sekali pilihan micro SD yang beredar di pasaran mulai dari kapasitasnya 16Gb sampai yang terbesar mencapai 256GB. Selain itu pilihan harga yang beragam untuk berbagai jenis micro SD semakin membuat kita bingung, bayangkan saja untuk kapasitas 32GB harganya ada yang 150ribu, 170ribu sampai ada juga yang mencapai harga 350ribu. Kenapa harga bisa berbeda padahal kapasitas sama?

microsd terbaik uhs3

Bahkan ketika akan membeli sebuah microsd merk sandisk kamu semakin bingung juga menentukan pilihan dan tidak mengetahui apa beda microsd sandisk merah dan putih? Kenapa cuma beda warna dengan kapasitas yang sama misal 32GB tapi ada perbedaan harga yang lumayan besar? Apabila kamu pertama kali akan membeli sebuah micro SD memang sebaiknya teliti sebelum membeli jangan sampai kamu mendapatkan micro sd dengan harga mahal tetapi kualitas dibawah standar yang diharapkan.

Sebelum menentukan pilihan saat akan membeli sebuah micro SD ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa perbedaan antara MicroSD, SDHC dan SDXC dimana diantaranya ketiganya memiliki perbedaan dari sisi kapasitas.

beda microsd dan sdhc

  • MicroSD biasanya memiliki kapasitas sampai maksimal 2GB semisal 1GB, 512MB dan kapasitas yang lebih kecil
  • Micro SDHC singkatan dari Secure Digital High Capacity kapasitasnya antara 4GB sampai terbesar 32GB
  • Sedangkan Micro SDXC atau Secure Digital eXtended Capacity rentang kapasitasnya dari 32GB sampai 2TB (2000GB)

Jadi apabila kamu ingin membeli sebuah memori eksternal dengan kapasitas 32GB cuma ada pilihan yakni Micro SDHC atau SDXC, tapi tentu saja sebaiknya pilih yang SDXC saja.

Selain perbedaan diatas, yang bisa membedakan harga dari sebuah micro sd adalah Class. Beda kelas MicroSD akan membuat perbedaan harga yang signifikan semisal MicroSD Class 10 akan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Class 4. Perbedaan perbedaan microsd kelas 10 dan biasa ini berhubungan dengan minimum kecepatan transfer data. Untuk MicroSD Class 10 memiliki kecepatan transfer minimal 10MB/detik, untuk Class 2 minimal 2MB/detik, Class 4 sebesar 4MB/detik dan Class 6 6MB/detik.

Beda Micro SD UHS 3 (U3) dan UHS 1 (U1)

Disamping Class saat ini ada juga UHS yang merupakan singkatan dari Ultra High Speed tentu saja kecepatan transfer dari UHS ini lebih cepat dibandingkan dengan Class 10 sekalipun. Kok bisa? Tentu saja bisa karena seperti kita ketahui UHS 1 kecepatan minimal 10MB/detik dan UHS 3 bisa mencapai 30MB/detik. Dengan kecepatan 30MB/detik maka bisa diandalkan baik saat melakukan transfer file maupun saat mengambil foto 4K ataupun HDR.

Untuk kamu yang akan membeli memori eksternal juga ada baiknya simak tips memilih micro sd yang bagus untuk Android dimana kamu harus mengetahui terlebih dahulu kapasitas maksimal memori eksternal yang di dukung oleh hp Android kamu, jangan sampai kamu membeli sebuah MicroSDC dengan kapasitas 128GB tapi ternyata hp Android kamu hanya mampu membaca sebuah eksternal memori sampai 32GB saja.

Leave a Reply