Fungsi iCloud pada iPhone

Saat membeli sebuah iPhone seken, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kondisi iCloud di iPhone tersebut apakah aktif atau tidak. Apabila ternyata iCloud aktif di iPhone maka kamu harus mencoba untuk keluar atau sign out dari akun iCloud lama tersebut, ini tentunya untuk mencegah agar suatu hari ini iPhone yang kamu beli tidak mengalami masalah terkunci iCloud. Lalu, sebenarnya apa sih fungsi iCloud di iPhone itu? Apakah sekedar untuk mengunci iPhone atau ada fungsi lainnya?

Sebenarnya iCloud pada iPhone mempunyai berbagai macam fungsi yang sangat bermanfaat tidak hanya sekedar untuk mengunci iPhone. Semisal iCloud bisa berfungsi sebagai Perpustakaan Foto Online iCloud, dimana dengan fungsi ini kamu bisa menyimpan koleksi foto secara online ke iCloud. Apabila kamu mengaktifkan fitur iCloud Photo Library di iPhone, maka nantinya foto yang kamu ambil di iPhone akan otomatis tersimpan secara online di iCloud. So, bila suatu saat iPhone mengalami error dan harus di reset ke setelan pabrik, maka kamu tidak akan kehilangan foto tersebut.

Selain sebagai sebagai Perpustakaan Foto Online fungsi iCloud pada iPhone juga bisa sebagai iCloud Drive dimana kamu bisa menyimpan berbagai macam seperti save game, mensinkronisasikan kontak, kalender, pengingat sampai email yang aktif di iPhone kamu. Dengan menyimpan kontak di iCloud, maka kamu bisa mengakses kontak tersebut dimana iDevice manapun entah itu di iPhone, iPod ataupun di iPad kamu.

fungsi icloud drive iphone

Fungsi iCloud yang paling dikenal adalah Find My Phone atau Cari iPhone Saya, dimana dengan fungsi ini kita bisa mengunci iPhone apabila suatu saat hilang, sehingga orang lain tidak akan bisa mengakses atau menggunakan iPhone apabila tidak mengetahui email dan kata sandi iCloud yang aktif di iPhone tersebut. Fitur cari iPhone saya ini akan membuat kamu lebih tenang dan aman dan menggunakan iPhone tanpa perlu khawatir orang lain bisa mempergunakannya tanpa seizin kamu.

fungsi cari my iphone

Apa yang terjadi bila kamu mengaktifkan iCloud atau Find My iPhone dan kamu lupa kata sandi iCloudnya? Nah, apabila kamu mengalami masalah seperti ini tentu saja iPhone akan mengalami iCloud Activation Lock atau terkunci iCloud, itu artinya iPhone tidak akan bisa digunakan kecuali kamu berhasil masuk atau sign in menggunakan akun iCloud yang aktif di iPhone tersebut. Karena itulah sebelum membeli iPhone seken pastikan bahwa kamu terlebih dahulu Cek iCloud di iPhone aktif atau tidak, untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan tersebut.

Fungsi lain dari iCloud di iPhone adalah untuk Pencadangan dan Pemulihan, yups dengan iCloud aktif di iPhone maka kamu bisa dengan mudah melakukan backup dan restore iPhone tanpa takut kehilangan semua data yang ada di iPhone kamu tersebut. Apabila suatu hari nanti kamu berganti iPhone semisal dari iPhone 4S ke iPhone 5SE maka kamu bisa dengan mudah memindahkan data dari iPhone lama ke iPhone baru dengan menggunakan iCloud secara cepat dan mudah.

4 Responses to “Fungsi iCloud pada iPhone”
  1. Cloud Storage Indonesia 15/03/2017
  2. cloud provider indonesia 26/04/2017
  3. taj 04/09/2017
    • Siti Syarah 05/09/2017

Leave a Reply