Perbedaan Aplikasi Lite dan Biasa di Android

Handphone Android terbaru yang banyak diluncurkan akhir-akhir ini memang susah dilengkapi dengan prosesor kelas atas, RAM besar minimal 4GB ke atas dan tentu saja ruang penyimpanan internal yang cukup lega diatas 32GB, namun meski demikian tidak semua pengguna Android mampu memiliki handphone terbaru dengan spesifikasi tinggi tersebut. Masih banyak yang setia pakai hp Android dengan RAM 1GB bahkan 512MB plus memori internal cuma 4GB/8GB itupun sudah terbagi dengan sistem operasi sehingga hanya tersisa ruang kosong 60 persen saja.

Untuk kamu yang memiliki hp Android dengan internal memori 32GB atau 64GB mungkin bukan masalah lagi untuk menginstal berbagai macam aplikasi mulai dari Facebook, BBM, Line sampai WhatsApp dan Instagram tanpa harus takut kekurangan ruang penyimpanan. Akan tetap berbeda dengan mereka yang pakai hp Android dengan memori internal cuma 4GB, mereka akan sering mengalami error ruang penyimpanan Android penuh ketika hendak menginstal berbagai macam aplikasi. 

Saat mengalami error ruang penyimpanan tidak mencukupi ketika akan install sebuah aplikasi, solusi tercepat yang sering dilakukan adalah menghapus beberapa file yang tidak dibutuhkan dan juga menghapus aplikasi dan game yang jarang dipakai. Bila kedua langkah tersebut telah dilakukan tapi tetap mengalami error seperti diatas, maka mau tidak mau terpaksa harus menginstal aplikasi versi lite, sebagai contoh Facebook Lite ataupun Line Lite.

Pertanyaan sekarang sebenarnya apa sih perbedaan aplikasi Lite dan biasa itu? Kenapa ada dua jenis aplikasi semisal FB Lite dan Facebook biasa. Apakah kedua aplikasi tersebut memiliki fitur dan menu yang berbeda atau tidak?

Versi Lite dari sebuah aplikasi bisa diartikan sebagai versi sederhana dan ringan. Dari sisi ukuran, aplikasi lite sangat kecil bila dibandingkan dengan versi biasa, perbedaannya bisa  sampai 90 persen lebih kecil bahkan lebih. Tujuannya tiada lain adalah agar kita bisa mengakses beberapa menu dasar di sebuah aplikasi tanpa harus memakai versi biasa. Bahkan dari sisi kecepatan akses, versi lite ini sangat bisa diandalkan oleh pengguna dengan akses internet lambat sekalipun.

apa beda fb lite dan fb biasa

Awalnya aplikasi lite memang ditujukan bagi pengguna handphone Android dengan ruang penyimpanan kecil dan juga RAM kecil agar mereka tetap bisa terhubung dan mengakses beberapa menu utama yang ada di aplikasi biasa. Sebagai contoh di aplikasi FB Lite kita tetap bisa melakukan update status, memberi komentar terhadap status teman walaupun dengan koneksi super lambat akan tetapi di FB Lite kita tidak akan bisa mengakses berbagai menu yang sama seperti di FB biasa, sekali lagi dengan pertimbangan koneksi internet yang lambat ataupun kinerja hp kamu yang pas-pasan.

Jangan salah, tidak ada perbedaan saat kamu akan login pakai aplikasi lite atau biasa. Kamu bisa login memakai akun yang sama di kedua versi aplikasi tersebut tanpa perlu khawatir akan ada perubahan di profile kamu. Contoh, saat kamu menggunakan aplikasi Line biasa lalu beberapa hari kemudian beralih pakai Line Lite, maka profile Line kamu akan tetap sama seperti waktu pakai yang versi biasa. Perbedaannya hanya di bagian saat kamu akses menu saja, yakni di aplikasi Lite menunya tidak selengkapnya seperti di aplikasi biasa.

perbedaan aplikasi lite dan biasa

Lalu mana yang harus kita pilih? Bila kamu ingin menggunakan berbagai macam fitur dan menu yang super lengkap tentu saja harus instal dan pakai aplikasi biasa, akan tetapi bila ingin aplikasi yang ringan dan akses yang lumayan cepat meski dalam kondisi internet lemot, maka aplikasi Lite adalah pilihan terbaik. Tak usah khawatir, meski saat ini hp Android kamu sudah memiliki RAM 6GB dan ruang penyimpanan 128GB, tidak ada masalah kok bila ingin pakai aplikasi lite.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest