Fungsi Incognito di Youtube dan Browser Chrome

Apabila kamu sering menggunakan browser di Android baik itu Chrome, Opera sampai UCWeb tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu fitur yakni Incognito, dimana hampir di setiap browser selalu menyediakannya, bahkan tak hanya itu di aplikasi Youtube juga ada opsi mengaktifkan mode incognito. Sebenarnya apa sih manfaat dan fungsi Incognito baik itu di browser dan Youtube? Kenapa kita harus mengaktifkan fitur yang unik untuk keamanan saat mengakses internet?

Secara sederhana mode incognito bisa diartikan sebagai mode penyamaran, dimana kita bisa mengakses internet dengan lebih aman dan nyaman tanpa harus khawatir bahwa orang lain akan mengetahui semua yang pernah kita akses di browser atau Youtube. Secara default, saat kita mengunjungi sebuah website maka otomatis semua data mulai dari teks, gambar, cookie sampai kata kunci yang pernah kita tulis dan masukan akan tersimpan secara lokal di hp Android, sehingga kemungkinan besar orang lain bisa melihat semua riwayat kita baik di Youtube atau Browser.

Dengan mengaktifkan fitur incognito maka kita bisa mencegah aplikasi seperti Chrome, Opera ataupun Youtube dari upaya menyimpan semua aktivitas yang pernah kita lakukan. Saat kita menutup aplikasi tersebut setelah mengaktifkan mode incognito maka secara otomatis semua data akan terhapus tanpa bisa lagi dilihat oleh orang lain. Apabila kita pernah mencari sesuatu dengan beberapa kata kunci, maka nantinya browser atau aplikasi lainnya tidak lagi mengingat apa yang pernah kita cari tersebut.

Tentu saja mode incognito di Youtube atau browser akan memberikan privasi, keamanan dan kenyamanan saat kita menjelajah di dunia maya. Mode ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari sebuah informasi di internet lewat browser seperti Chrome atau ingin mengetahui sebuah video di Youtube secara rahasia tanpa takut orang lain akan mengetahui semua yang pernah kita baca dan lihat.

Bagi pengguna Youtube, kamu bisa dengan mudah mengaktifkan mode ini yakni di pojok kanan atas tap pada foto profil kamu lalu bisa langsung pilih opsi aktifkan mode samaran (turn on incognito). Dengan mengaktifkan mode ini, kini kamu bisa mencari berbagai macam video tanpa harus takut orang lain akan melihat semua riwayat video yang kita tonton.

mode incognito di Youtube android

Sedangkan apabila kamu ingin menjelajah atau mengunjungi sebuah website tanpa ingin diketahui orang lain, silahkan jalankan aplikasi browser di Android seperti Chrome lalu pilih new incognito tab agar nantinya browser tersebut tidak lagi menyimpan semua data mulai dari cookie, teks sampai gambar yang pernah kita akses. Semua riwayat akan terhapus secara otomatis saat kita menutup tab atau aplikasi tersebut.

manfaat mode incognito di android

Setelah mengetahui dengan singkat dan sekilas tentang fungsi tab incognito di Chrome dan browser lainnya di Android, atau mode samaran di Youtube maka kini kamu bisa lebih yakin tentang privasi, kenyamanan dan keamanan saat fitur tersebut diaktifkan. Setidaknya dengan adanya fitur incognito ini, kini orang lain tidak akan lagi bisa mengetahui semua riwayat pencarian atau history video yang pernah kita akses di browser atau aplikasi Youtube.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest