Menampilkan File Hidden Pada Android

Di Android ada banyak file yang tersembunyi atau hidden sehingga tidak bisa diakses, tujuannya tentu saja agar nantinya kamu tidak sengaja menghapus atau edit file tersebut yang bisa menyebabkan kinerja Android bisa terganggu. File tersembunyi di Android, biasanya adalah file system operasi yang memang sangat penting agar tidak bisa diakses secara sembarangan, apabila kita melakukan kesalahan fatal terhadap file tersebut bisa jadi menyebabkan Android mengalami masalah seperti error yang muncul terus menerus dan yang paling parah adalah terjadi bootloop.

Karena itu sebelum kita memutuskan untuk bisa mengakses file tersembunyi tersebut, ada baiknya dipertimbangkan kembali apa tujuan dari ingin menampilkan file hidden pada Android itu. Bila tujuannya sekedar ingin melihat file yang tanpa sengaja kamu sembunyikan padahal file tersebut penting untuk mendukung pekerjaan atau aktivitas sehari-hari kamu, ataupun sekedar hanya penasaran saja ingin cek dan rechek ada file apa saja di hp Android kamu, jangan khawatir sebenarnya cukup mudah menampilkan berkas atau file tersembunyi di Android.

Pertama, kamu harus menggunakan file manager atau pengelola berkas dari pihak yang bisa kamu dapatkan dari Google Playstore. Selanjutnya jalankan aplikasi file manager yang telah kamu install tadi, hampir di semua aplikasi file manager selalu ada opsi untuk menampilkan file hidden pada Android. Tap pada menu opsi di pojok kanan atas, lalu pilih opsi untuk tampilkan file tersembunyi seperti pada gambar di bawah ini.

menampilkan file hidden panda android

Setelah memilih opsi diatas, maka nantinya secara otomatis file yang tersembunyi akan ditampilkan oleh aplikasi file manager tersebut. Bagaimana bila ternyata file yang ingin kamu lihat tersebut berupa sebuah atau beberapa foto yang tidak tampil di galeri? Khusus untuk foto yang tidak tampil di Galeri biasanya karena di folder tempat menyimpan foto tersebut ada opsi .nomedia yang artinya media termasuk foto tidak akan ditampilkan di galeri.

Solusi termudah agar semua foto tampil di galeri adalah kamu harus menghapus file .nomedia tersebut. Caranya cari dimana foto tersebut tersimpan, misalkan di folder Pictures lalu hapus file .nomedia sehingga nantinya semua foto yang ada folder tersebut akan mulai ditampilkan di galeri Android kamu.

menampilkan file tersembunyi pada android

Bagaimana cukup mudah bukan untuk menampilkan file hidden pada Android? Sekali lagi, selalu hati-hati dalam mengakses, mengedit ataupun merubah file yang tersembunyi di Android tersebut, karena bisa saja file tersebut merupakan file system yang sangat penting untuk kelancaran kinerja hp Android.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest