Wajib Tahu Beda Grup dan Channel di Telegram

Pengguna Telegram memang tidak sebanyak pengguna WhatsApp. Tapi jangan salah, saat ini Telegram mulai banyak digemari. Setelah ditelusuri lebih jauh ternyata fiturnya lebih lengkap dibandingkan dengan WA. Kali ini kita akan bahas tentang salah satu kelebihan Telegram yakni beda grup dan Channel di Telegram yang jarang sekali diketahui oleh pengguna baru.

Berbeda dengan WhatsApp, di Telegram selain fitur grup kita mengenal istilah Channel. Kedua fitur ini cukup bermanfaat sekali terutama bagi perusahaan, komunitas atau kelompok tertentu. Dengan fitur grup dan Channel kita bisa berbagi informasi dengan cepat ke beberapa orang sekaligus.

beda grup dan channel di telegram

Untuk fitur Grup semua orang pasti sudah tahu, karena fitur ini hampir ada di semua aplikasi sosial media maupun instant messaging seperti WhatsApp, Line dan tentu saja Telegram. Grup berfungsi sebagai media untuk berbagi informasi, sharing berita dengan kelompok, keluarga, karyawan.

Lewat grup kita bisa berkolaborasi dengan sesama anggota grup, berdiskusi dan merencanakan suatu kegiatan. Sebagai contoh Grup Alumni, biasanya akan berisi orang yang pernah satu angkatan dengan kita, di grup inilah komunikasi bisa terjalin, entah sekedar bercerita tentang masa lalu, atau diskusi rencana kegiatan yang akan datang.

Di Telegram sebuah bisa memiliki anggota sampai 200 ribu orang, cukup banyak bukan? Sangat cocok bila untuk kamu yang memiliki komunitas dengan jumlah anggota ribuan.

perbedaan grup dan channel telegram

Pada Sebuah grup biasanya ada administrator atau admin yang bisa mengatur tentang grup. Administrator bahkan bisa membuat senyap grup, artinya mencegah sementara agar anggota tidak bisa kirim pesan di grup tersebut.

Lalu bagaimana dengan Channel? Nah, Channel di Telegram lebih ditujukan sebagai alat untuk broadcast atau menyebarkan pesan ke sebuah komunitas besar. Semua orang, pengguna Telegram bisa bergabung ke sebuah channel dengan tujuan untuk menerima informasi terbaru yang berhubungan dengan channel tersebut.

Sebagai contoh Channel Tips Android Terbaru di Telegram, nantinya Channel tersebut akan secara rutin memberikan informasi terakurat dan teranyar seputar Android, yang bisa dibaca langsung oleh orang yang telah bergabung (subscribe) Channel tersebut.

Berbeda dengan grup, di Channel Telegram kita tidak bisa berdiskusi secara langsung antar sesama anggota atau pemilik Channel tersebut. Informasi yang disebar via Channel hanya bisa kita baca.

Setiap pesan yang dikirim lewat sebuah Channel bisa dilihat statistik atau jumlah orang yang pernah membaca pesan tersebut. Berbeda dengan pesan yang dikirim lewat Grup, kita tidak bisa melihat berapa orang yang sudah membaca pesan yang sudah kita kirimkan tersebut.

Sebuah Channel di Telegram biasanya selalu dilengkapi dengan Grup dengan maksud agar semua pesan yang dikirim via Channel bisa didiskusikan lebih jauh lewat grup. Anggota grup bisa bertanya lebih jelas dan lebih detail tentang pesan yang dibacanya di Channel.

Bagaimana, apakah kamu sudah mengerti tentang beda Grup dan Channel di Telegram? Bila kamu belum memiliki akun Telegram, saatnya untuk daftar dan menggunakan Telegram di Android, mudah kok.

Leave a Reply