Membuat Pengingat di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Secara default di smartphone Android terutama yang memakai sistem operasi Android murni memang tidak ada aplikasi bawaan yang khusus untuk membuat reminder atau pengingat, begitu juga saat kita masuk ke menu pengaturan, juga tidak ada opsi untuk menambahkan sebuah reminder. Padahal bagi sebagian orang terutama mereka yang memiliki aktivitas dan jadwal padat, fitur reminder ini sangatlah berguna agar nantinya kita tidak lupa dengan sebuah acara, event ataupun sekedar pengingat hari ulang tahun seseorang.

Apakah kita harus menginstall aplikasi khusus dari pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store hanya untuk membuat sebuah pengingat reminder atau pengingat di handphone Android? Jawabannya tentu saja tidak perlu karena di sistem Android juga telah dilengkapi dengan fitur ini namun menunya terintegrasi dengan akun Google yang aktif di smartphone tersebut. Jadi reminder yang kita buat akan otomatis tersimpan secara online di akun Google milik kita sehingga nantinya saat berganti handphone, jadwal yang sudah tersimpan di reminder tidak akan hilang tapi otomatis pindah ke hp baru dengan syarat menggunakan akun yang sama.

Bahkan kelebihan reminder yang ada di Android adalah kita bisa mengatur pengingat tidak hanya berdasarkan waktu saja tapi juga sesuai dengan tempat. Sebagai contoh, kamu bisa membuat reminder yang akan otomatis muncul saat kita sudah sampai di sebuah wilayah atau daerah seperti di tempat tujuan wisata. Tentunya dengan adanya reminder ini, kita bisa membuat prioritas tertentu saat pertama kali berada di wilayah tersebut, sehingga kita tidak terlewat dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Lalu bagaimana cara kita membuat sebuah reminder atau pengingat di Android? Pertama kamu bisa gunakan fitur OK Google dengan perintah “tambahkan pengingat” nanti secara otomatis kita akan masuk ke jendela untuk membuat sebuah reminder. Atau bisa juga masuk ke menu Google yang tampil di daftar menu, pilih tab lainnya kemudian pengingat seperti tampak pada gambar di bawah ini. Pastikan kamu sudah memilih akun Google yang tepat agar nantinya reminder bisa dipindahkan ke handphone lain dengan mudah.

cara membuat reminder di android tanpa aplikasi tambahan

Untuk memulai membuat sebuah reminder, pilih opsi Pengingat, selanjutnya masukan judul pengingat tersebut, tentukan apakah akan berdasarkan waktu atau tempat. Apabila kamu ingin membuat reminder berdasarkan waktu, pilih tanggal dan jam kapan reminder tersebut agar muncul. Apabila jadwal tersebut berlangsung setiap hari kamu bisa memilih opsi untuk secara otomatis mengulangi pengingat tersebut secara otomatis, jadi kita tidak harus membuat reminder terus menerus setiap hari untuk sebuah jadwal yang sama.

cara mudah membuat pengingat di android

Bagaimana cukup mudah bukan membuat sebuah reminder di Android tanpa harus menginstall sebuah aplikasi tambahan dari Play Store karena ternyata fitur pengingat ini sudah ada dan tersedia yang terintegrasi dengan akun Google kita yang aktif di smartphone tersebut. Tanpa memakai aplikasi dari pihak ketiga, kita bisa lebih menghemat ruang penyimpanan di hp Android kita, juga kita tidak harus repot membuat akun khusus untuk menyimpan semua pengingat tersebut karena tersimpan otomatis di akun Google.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sistem operasi iOS di iPhone, di Android juga telah memiliki banyak fitur dan menu yang sangat bermanfaat seperti reminder yang terpenting kita harus mengetahui terlebih dahulu dimana fitur tersebut berada. Seiring dengan waktu dan semakin seringnya kamu menggunakan Android, sudah bisa dipastikan kita akan semakin terbiasa dengan berbagai macam fitur dan menu sehingga tidak akan lagi kesulitan di kemudian hari.

Leave a Reply