Bisakah Melihat Riwayat Pencarian Instagram yang Sudah Dihapus?

Instagram merupakan salah satu dari tiga aplikasi yang sering digunakan di smartphone Android disamping WhatsApp dan Youtube. Sudah merupakan kebiasaan pengguna ponsel pintar, ketika chat di WhatsApp sedang sepi, kemudian beralih melihat timeline atau linimasa di Instagram, beberapa menit kemudian beralih ke aplikasi Youtube karena penasaran dengan versi lengkap dari video yang telah dilihat di IG dan akhirnya balik lagi ke WA karena ingin mengupdate status.

Tak jarang ketika sedang asyik menggunakan aplikasi Instagram, kita selalu mencari hal yang sesuai dengan keinginan atau sekedar iseng mengetikan sebuah kata atau kalimat di bar pencarian dengan harapan bisa mendapatkan video atau foto yang unik, lucu dan menarik. Bahkan ada beberapa dari pengguna IG yang melakukan pencarian tentang mantan, atau hal lain yang berkaitan dengannya, tujuannya tentu sudah sangat jelas yakni rasa penasaran ingin mengetahui bagaimana sih kehidupan dia setelah tidak bersama lagi.

Bagi kamu yang sering banget melakukan aktivitas pencarian tentang segala hal di Instagram jangan khawatir karena di aplikasi IG sendiri sudah ada fitur untuk melindungi privasi kamu sehingga nantinya orang lain tidak bisa mengetahui atau melihat apa saja yang pernah kamu cari di Instagram. Cukup kamu dan aplikasi IG saja yang mengetahui segalanya tanpa perlu ada orang lain, kerabat dan rekan kerja yang bisa mengakses riwayat pencarian Instagram tersebut.

Sesaat setelah selesai melakukan aktivitas pencarian tentang sesuatu di Instagram ada baiknya lakukan hal rutin yakni hapus riwayat pencarian di Instagram. Caranya tidak sulit kok, yakni masuk ke menu Pengaturan lalu tap pada keamanan, dan pilih hapus riwayat pencarian di Instagram. Perlu diingat bahwa langkah ini bersifat permanen dan tidak bisa dibatalkan.

apakah bisa melihat history pencarian ig yang telah dihapus

Kenapa kita harus menghapus riwayat pencarian di Instagram? Karena di menu lain yakni di data aktivitas akun, kita bisa dengan mudah melihat daftar kata dan kalimat yang pernah kita cari di IG, itu artinya orang lain entah itu keluarga, rekan kerja bisa saja merasa penasaran dan ingin mengetahui semua aktivitas kita selama menggunakan Instagram.

melihat daftar riwayat pencarian di ig

Setelah berhasil menghapus history pencarian di Instagram, hal pertama yang selalu membuat setiap orang penasaran adalah apakah kita bisa melihat riwayat pencarian Instagram yang sudah dihapus tersebut? Jawabannya jelas dan tegas yakni tidak bisa. Proses hapus riwayat pencarian di IG tidak bisa dibatalkan, ini artikan sesaat setelah kita memutuskan untuk menghapusnya, maka dalam hitungan detik tidak bisa dikembalikan atau dilihat kembali.

Jangan pernah mempercayai sebuah aplikasi atau layanan di internet yang menawarkan fitur agar kita bisa melihat riwayat pencarian yang sudah dihapus di IG, karena sekali lagi syarat dan ketentuan yang berkaitan dengan privasi pengguna sudah sangat jelas mengemukakan bahwa kita tidak bisa mengakses kembali seluruh history pencarian yang telah dihapus. Tujuannya tentu saja agar pengguna Instagram merasa nyaman dan aman saat menggunakan IG tanpa rasa khawatir bahwa semua data yang sudah dihapusnya bisa dilihat kembali oleh orang lain.

Sebenarnya tak hanya di Instagram saja dimana pengguna tidak bisa melihat kembali riwayat pencarian yang sudah dihapus, di beberapa aplikasi lain seperti browser, Youtube juga berlaku hal yang sama, karena keamanan data pengguna menjadi prioritas utama yang harus dijaga.

Leave a Reply