Mengatur Keyboard Android

Menggunakan keyboard yang tepat di Android akan memberikan kenyaman saat kita mengetik kata dan kalimat ketika kirim sms, email atau pesan di WhatsApp dan BBM. Tentu kamu pernah merasa kesal dengan saran kata atau bosan dengan tampilan keyboard yang standard sehingga membuat kamu malas untuk membalas pesan teman di WA. Sebenarnya kita bisa dengan mudah mengatur Keyboard di Android agar bisa sesuai dengan keinginan kita mulai dari tema, nonaktifkan saran kata sampai mengatur keyboard Android agar tidak bergetar.

Di Google Playstore sendiri tersedia berbagai macam keyboard yang bisa kamu gunakan di Android. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya, ada yang bisa mengganti tema keyboard dengan foto, ada yang menawarkan fitur prediktif teks canggih sehingga memudahkan kamu saat mengetik sebuah kata dan bahkan kalimat sampai keyboard yang dilengkapi berbagai macam emoji untuk membuat chatting WhatsApp dan BBM lebih menarik.

Cara mengatur keyboard hp Android sendiri tidaklah seribet yang kamu bayangkan karena langkah cukup mudah. Ambil contoh saat kamu ingin mengganti keyboard bawaan Android dengan keyboard yang lebih menarik seperti Go Keyboard, Kika ataupun Gboard, pertama masuk ke menu Pengaturan – Bahasa dan Masukan lalu pilih pada Ganti Keyboard disini kamu bisa melihat berbagai macam papan ketik atau keyboard yang sudah di install di hp Android kamu, pilih sesuai dengan keinginan.

mengatur keyboard android

Bila kamu ingin mengatur keyboard Android agar tidak bergetar caranya juga tidak sulit, yang harus kamu lakukan adalah pilih menu Setting sesuai dengan keyboard yang kamu pilih pada langkah pertama tadi. Sebagai contoh diatas kita pilih Keyboard Gboard maka untu setting keyboard Android agar tidak getar adalah tap pada Gboard lalu Preferensi.

setting keyboar android getar

Nonaktifkan pada opsi bergetar saat tombol ditekan. Bila kamu pengguna Kika Keyboard hal yang hampir sama juga bisa dipilih yaitu masuk ke menu Pengaturan lalu hilangkan ceklis pada Getar jika tombol di tekan.

cara mengatur keyboard android agar tidak bergetar

Sedangkan untuk mengatur tema Keyboard di Android bisa masuk ke bagian opsi Tema. Untuk kamu yang menggunakan custom keyboard seperti Kika atau Go Keyboard akan mendapatkan berbagai macam tema menarik yang bisa kamu pilih dan disesuaikan dengan keinginan dan bahkan kita bisa menggunakan foto sendiri sebagai tema keyboard.

cara mengatur tema keyboard android

Setelah berhasil mengganti opsi getar dan tema di Keyboard Android, langkah berikutnya adalah mengatur saran kata di Keyboard Android dimana kamu bisa mengaktifkan fitur ini agar lebih cepat saat mengetik sebuah kata atau mungkin kamu ingin menghilangkan fitur prediktif teks ini karena dirasa mengganggu kenyamanan saat sedang mengobrol bersama teman di WA dan BBM.

Leave a Reply