Menyembunyikan Preview Pesan WhatsApp di Android

Dengan ratusan juta pengguna aktif setiap hari, WhatsApp tidak hanya digunakan sekedar untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga namun juga kini sudah lumrah dipakai bersama rekan kerja untuk berkolaborasi tentang sebuah pekerjaan dan bahkan menjadi media komunikasi resmi antara dengan konsumen dan klien.

WhatsApp juga bisa digunakan dari sekedar mengirimkan pesan biasa yang berisi hal-hal yang tidak begitu penting sampai dipakai kirim pesan yang sifatnya sangat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain terkecuali penerima dan pengirim pesan itu sendiri. Adanya fitur keamanan enkripsi end-to-end membuat kita tak ragu lagi saat mengirimkan pesan rahasia via WA karena fitur ini memastikan bahwa hanya kamu dan yang diajak komunikasi saja yang mampu membaca pesan tersebut, tanpa perlu lagi khawatir bahwa pesan akan jatuh ke tangan yang salah.

nonaktifkan preview pesan wa di android

Menjaga sebuah pesan agar tetap rahasia tanpa diketahui oleh orang yang tidak berkepentingan menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna WhatsApp. Meskipun aplikasi WA telah dilengkapi sederet fitur keamanan, namun bila penggunanya tidak hati-hati dan lengah bisa saja justru pesan rahasia di WA akan lebih mudah terungkap dan dibaca oleh orang lain, terutama bila orang tersebut kebetulan sedang memegang ponsel milik kita dan tiba-tiba muncul preview pesan WhatsApp di layar ponsel. Alhasil tentu saja, meski mungkin tadinya tidak berniat membuka aplikasi WA tapi ketika melihat ada preview pesan, maka rasa penasaran pun bisa muncul dalam hitungan detik.

Muncul preview pesan WhatsApp di Android atau iPhone disebabkan karena kita tanpa sengaja mengaktifkan notifikasi pop up di menu pengaturan. Untuk menyembunyikan preview pesan WhatsApp ini caranya tidaklah terlalu sulit, yakni pertama masuk ke menu Setelah di Wa lalu tap pada notifikasi.

menyembunyikan notifikasi wa di android

Di bagian notifikasi ini kita bisa mengatur berbagai macam hal yang berhubungan dengan pemberitahuan pesan WA mulai dari nada pesan teks dan telepon, warna lampu led saat ada pesan dan tentu saja notifikasi pop up. Agar tidak muncul preview pesan WA pilih opsi tidak ada Pop Up 

menyembunyikan preview pesan whatsapp di android terbaru

Selain itu, non aktifkan juga pilihan notifikasi prioritas tinggi dimana opsi ini akan selalu memunculkan preview pesan diatas layar hp Android kamu saat ada pesan yang masuk.

cara menyembunyikan pemberitahuan pesan whatsapp di android

Perlu diingat bahwa fitur preview pesan di WhatsApp tujuan utama adalah untuk mempermudah dan mempercepat kita melihat, membaca dan kemudian balas pesan WA tanpa buka aplikasi, namun bagi mereka yang sering menerima pesan rahasia baik yang berhubungan dengan pekerjaan tentu saja fitur ini malah sedikit mengganggu karena nanti pesan rahasia yang diterima akan sangat rentan dibaca oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest