Android Nelpon WA Layar Mati

Apakah kamu pengguna WhatsApp dan pernah mengalami masalah dimana saat akan dan sedang nelpon via WA, layar langsung mati dan berwarna hitam padahal kamu menggunakan loudspeaker sehingga kamu tidak bisa melakukan aktivitas lain di smartphone tersebut. Tak hanya saat nelpon menggunakan WA, layar tiba-tiba mati juga terjadi saat kamu melalukan nelpon biasa. Apakah ada setelan yang error dan bermasalah sehingga terjadi Android nelpon layar mati?

Sebenarnya di Android sendiri sudah ada settingan atau fitur yang akan membuat layar otomatis gelap atau mati ketika sedang nelpon. Bila kamu mengalami masalah layar mati saat nelpon WA ada kemungkinan memang mengaktifkan fitur tersebut. Coba masuk ke menu Pengaturan Panggilan Telpon lalu cek pada bagian sensor proximity, apakah dalam kondisi aktif atau tidak. Bila aktif, tentu saja layar otomatis redup atau gelap saat sedang nelpon baik lewat WA atau aplikasi lainnnya.

nelpon wa layar mati

Bila ternyata kamu sudah nonaktifkan fitur tersebut tetapi layar tetap gelap saat nelpon, masalah yang kamu hadapi bisa jadi karena ada masalah di proximity sensor. Seperti kita ketahui Sensor Proximity ini berperan untuk mendeteksi apakah kamu sedang nelpon atau tidak, bila iya maka layar secara otomatis akan mati ketika kamu mendekatkan ponsel tersebut ke telinga.

Fungsi sensor proximity di sebuah smartphone selain untuk menghemat penggunaan baterai, kamu bisa bayangkan bila layar terus menyala ketika kamu nelpon selama bermenit-menit tentu akan menguras daya baterai sehingga akhirnya cepat habis. Juga proximity sensor berfungsi untuk mencegah pengguna smartphone tanpa sengaja mengakses menu lain saat sedang menelepon. Ketika mendekatkan smartphone ke telinga, bila layar dalam keadaan nyala dan aktif, bisa saja terjadi ada beberapa menu yang tertekan akhirnya beberapa aplikasi bisa berjalan tanpa disengaja.

Layar Oppo atau Android lainnya mati saat nelpon WA bisa disebabkan karena ada sesuatu yang menghalangi proximity sensor untuk bekerja secara normal. Sebagai contoh, bila kamu menggunakan anti gores, screen protector atau tempered glass yang tebal dan berwarna hitam seperti pada gambar di bawah ini yang menutupi bagian sensor proximity di smartphone tersebut sehingga akhirnya sensor tidak bisa bekerja secara normal. Solusi terbaik tentu saja ganti dan gunakan tempered glass yang tidak menutup bagian proximity sensor agar nantinya kamu terhindar dari masalah nelpon wa layar mati di Android.

android nelpon layar mati

Kedua, masalah layar mati ketika menelpon bisa diakibatkan karena dibagian proximity sensor kotor terhalang oleh debu atau material lain yang menyebabkan tidak bisa berfungsi dengan baik, karena itulah selalu rajin membersihkan layar smartphone kamu dengan kain yang lembut terutama dibagian atas dimana proximity sensor berada. Yang lebih parah lagi, jika terjadi kerusakan pada proximity sensor sehingga kita mau tidak mau harus memperbaiki dan atau mengganti bagian yang rusak tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest