Android Selalu Masuk Recovery Mode

Apa jadinya bila kamu harus membalas banyak pesan di medsos dan Whatsapp namun tanpa alasan smartphone Android kamu malah restart tanpa sebab setelah itu tidak lagi bisa masuk ke menu utama tapi terus menerus masuk recovery mode. Secara default tak bisa dipungkiri bahwa recovery mode memang sangat berguna terutama untuk melakukan proses hapus cache dan data di Android sampai update firmware Android via ADB.

Namun, apabila hp Android kamu justru selalu masuk Recovery Mode tentu menjadi sesuatu yang tak wajar karena akibatnya kamu tidak lagi bisa menggunakan smartphone tersebut seperti biasa yang berakibat mengganggu berbagai macam aktivitas online. Jadi, apa dong penyebab dan solusi termudah mengatasi masalah Android selalu masuk Recovery Mode ini? Apakah cuma kerusakan software atau justru hardware yang sudah bermasalah.

Ada dua kemungkinan kenapa handphone Android kamu mengalami error selalu masuk menu Recovery Mode. Pertama karena ada masalah dari sisi hardware yakni kerusakan pada tombol volume. Seperti kita ketahui untuk masuk ke menu Recovery di Android kita bisa menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume baik bawah atau atas secara bersamaan. Nah, apabila tombol Volume hp Android kamu bermasalah, tentu saja bisa menimbulkan masalah yang diantaranya adalah selalu masuk ke recovery mode.

Kok bisa penyebabnya tombol volume? Bila tombol volume rusak atau bermasalah, maka setiap ponsel kamu di restart, seolah-oleh tombol tersebut di tekan yang akhirnya Android akan mengira bahwa kamu sengaja ingin masuk ke recovery mode. Jadi, solusi pertama yang cukup sederhana adalah coba cek apakah tombol volume di hp Android kamu dalam kondisi normal atau justru mengalami masalah.

Android selalu masuk recovery mode

Kedua, penyebab Android selalu masuk ke menu Recovery Mode adalah karena ada masalah di bootloader dan firmware atau OS Android kamu. Kerusakan bootloader atau terjadi masalah pada OS Android akibat modifikasi yang salah yang berdampak OS tidak bisa melakukan booting secara normal dan akhirnya hanya bisa masuk ke menu Recovery Mode.

Bila hp Android kamu mengalami masalah di bootloader dan sistem operasi, maka solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah silahkan lalukan proses update firmware atau flash ulang Android menggunakan stock resmi dari vendor ponsel tersebut. Ada beberapa cara melakukan flashing Android, baik lewat ADB update di menu Recovery atau dengan bantuan PC. Opsi terakhir sangat dianjurkan yakni melakukan install ulang atau flashing Android menggunakan PC karena kamu bisa melakukan full flash.

Itulah beberapa penyebab dan solusi termudah mengatasi masalah Android selalu masuk recovery mode. Sebenarnya ada banyak manfaat dan fungsi Recovery Mode Android yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi berbagai bermasalah dan error yang muncul di ponsel Android kamu.

2 Responses to “Android Selalu Masuk Recovery Mode”
  1. ane 20/08/2019
    • Siti Syarah 21/08/2019

Leave a Reply