Apa Bedanya Fastboot dan Recovery Mode Android MIUI

Tak selamanya hp Android yang kamu gunakan berjalan dengan normal dan sempurna, ada kalanya tanpa tahu sebabnya tiba-tiba saja hp Android kamu tidak mau boot ke OS Android dan hanya muncul logo kemudian restart lagi yang disebut dengan bootloop. Lebih parah lagi, jika Android sama sekali tidak bisa menyala dan tidak muncul logo. Biasanya bila kita mengalami masalah seperti ini, maka solusi termudahnya adalah melakukan proses flashing Android menggunakan komputer atau melakukan proses reset Android lewat menu recovery mode.

Saat akan mengatasi masalah bootloop di Android, kita akan dihadapkan dengan dua pilihan yakni flash via fastboot mode ataupun lakukan proses update lewat menu recovery mode. Sebenarnya apa sih beda fastboot dan recovery mode terutama di MIUI Xiaomi? Apakah kedua cara tersebut cukup ampuh untuk mengatasi masalah bootloop di Android?

Mode fastboot adalah protokol yang biasa dipakai untuk melakukan proses flash ulang partisi pada hp Android. Fastboot mode berjalan sebelum OS Android dan bahkan saat di hp tidak terinstall Android sama sekali. Dengan masuk ke mode fastboot kamu bisa melakukan proses flash atau install ulang Android via komputer.

bedanya fastboot dengan recovery mode di android

Di semua type ponsel Android biasanya dilengkapi dengan mode fastboot cuma namanya saja yang dirubah sesuai dengan keinginan vendor ponsel tersebut. Sebagai contoh mode fastboot di Samsung lebih dikenal dengan download atau Odin mode, dimana kita bisa melakukan proses flashing menggunakan Odin di komputer.

cara fastboot mode di samsung

Untuk masuk ke fastboot mode di Xiaomi atau ponsel Androidnya lainnya cukup tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan sampai nanti muncul tulisan fastboot di layar. Sedangkan pengguna Samsung tekan tombol Power, Home dan Volume Bawah. Bila kamu tanpa sengaja masuk ke fastboot mode padahal tidak ingin melakukan proses flashing jangan khawatir kamu bisa dengan mudah kok keluar dari mode fastboot di Android Xiaomi ataupun di ponsel merk lainnya.

Berbeda dengan fastboot, recovery mode di Android adalah sebuah OS Linux kecil dimana kita bisa melakukan proses reset ulang Android ke setelan pabrik ataupun melakukan proses update firmware yang bisa dilakukan secara langsung bahkan tanpa harus menggunakan bantuan komputer sama sekali. Recovery mode sangat ampuh mengatasi masalah seperti lupa pola di Android ataupun karena Android terkunci passcode, dengan melakukan proses reset ulang lewat menu recovery mode maka nantinya Android akan kembali berjalan dengan normal dengan kondisi seperti baru.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest