Android Tetap Bootloop Setelah di Flash

Setelah berhasil melakukan proses update atau flashing stock rom menggunakan Odin di komputer, ternyata pas dinyalakan handphone Android kamu tetap error yakni bootloop tidak bisa masuk ke menu utama. Sudah dicoba untuk melepaskan baterai terlebih dahulu, tetapi tetap saja hanya muncul logo android kemudian restart lagi terus menerus seperti itu. Bagaimana dong solusi untuk mengatasi masalah Android tetap bootloop setelah di flash?

Hal pertama untuk menghindari masalah tetap bootloop setelah di flash adalah kamu harus melakukan proses Clear Data/ Cache Android via recovery mode setelah sukses melakukan flash. Pertama masuk ke Recovery Mode Android setelah itu pilih wipe data / factory reset. Perlu diingat bahwa proses ini akan mengembalikan Android ke setelan pabrik, itu artinya semua data mulai dari kontak BBM, Phonebook sampai koleksi foto yang disimpan di memori internal telepon akan hilang.

android tetap bootloop setelah di flash

Solusi kedua, apabila setelah melakukan wipe data ternyata hp Android kamu masih tetap bootloop adalah kamu harus mencoba melakukan flashing menggunakan firmware atau stock rom Android lain baik itu menggunakan versi yang lebih baru ataupun menggunakan stock rom yang memang tersedia untuk negara Indonesia. Pastikan kamu jangan sampai salah memilih firmware, menggunakan stock rom negara lain untuk dipakai di handphone yang khusus dikeluarkan untuk Indonesia biasanya juga bisa menyebabkan Android kamu tetap bootloop karena firmware yang tidak cocok dan sesuai dengan type hp Android yang kamu pakai.

Ketiga, bila Android tetap error meski telah melakukan wipe data dan menggunakan firmware lain bisa jadi hardware handphone kamu sudah ada yang rusak atau bermasalah, bisa disebabkan karena memori internal, emmc ataupun komponen lain telah rusak. Solusi terbaik adalah kamu harus membawa hp Android tersebut ke service center untuk pengecekan hardware lebih lanjut.

6 Comments

  1. lah kalau gak bisa juga masuk ke menu recovery setelah flash, gimana?

    Reply
    • @Rob252 :: berarti harus di flash ulang pakai stock rom jangan menggunakan custom rom.

      Reply
  2. saya butuh stock rom htc desire 816 dual sim untuk flashh htc saya terima kasih.

    Reply
    • @Sefani :: Untuk stock rom (firmware) resmi HTC agan bisa unduh dari htc.com/us/support/rom-downloads.html

      Reply
  3. gan saya butuh stok rom tab 3 t211 .thank

    Reply
    • @Nana :: Coba pakai CyanogenMod gan.

      Reply

Leave a Reply

Pin It on Pinterest