Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Apakah Stock ROM dan Firmware Android Itu

Tak selamanya hp Android yang kamu pakai saat ini lancar dan tanpa gangguan. Ada kalanya muncul error dan bermasalah saat digunakan seperti ngelag, kamera tidak berfungsi, koneksi internet tidak bisa aktif sampai yang terparah tentunya adalah hp Android mengalami bootloop yakni tidak bisa masuk ke menu alias cuma sampai logo Android kemudian restart lagi terus menerus tanpa henti.

Saat hp Android kamu mengalami bootloop solusi pertama yang bisa kamu coba adalah mengembalikan Android ke pengaturan awal melalui menu recovery mode Android. Namun apabila setelah dilakukan reset ke setelan pabrik ternyata masih tetap error maka tidak ada jalan lain maka hp Android kamu harus di flash atau di update menggunakan firmware atau stock rom sesuai dengan type Android kamu.

Lho, apa sih sebenarnya Stock ROM dan Firmware Android itu? Dan kenapa kita harus menggunakan stock rom Android? Firmware adalah perangkat lunak atau operating system yang berisi program dan data yang tersimpan di dalam Read Only Memory (ROM) bawaan sebuah perangkat atau hp Android. Jadi Android Lollipop atau Kitkat dan bahkan Marshmallow yang kamu pakai saat ini merupakan firmware bawaan dari hp Android yang kamu pakai.

stock rom android lollipop

Terus Apabila kamu penasaran dengan istilah Stock ROM Android maka secara singkat Stock ROM adalah versi Android yang disediakan secara resmi oleh vendor hp Android yang kamu pakai alias firmware resmi dari pabrik. Jadi bila ada yang bilang bahwa hp Android kamu harus di flash menggunakan stock rom, itu artinya harus di update atau flash memakai firmware asli dan resmi dari vendor hp tersebut. Stock rom juga bisa kamu dapatkan ketika melakukan proses update via OTA di menu Pembaruan Nirkabel di Android kamu.

stock rom ota update android

Emang ada firmware yang tidak resmi? Tentu saja ada yakni yang disebut dengan custom rom yang merupakan versi Android yang tidak resmi yang didistribusikan oleh pengembang lain (bukan dari vendor hp tersebut) namun sudah disesuaikan untuk bisa berjalan dengan sempurna di hp Android kamu. Tentu saja kekurangan dari custom rom ini adalah terkadang ada beberapa fungsi atau menu di hp Android kamu yang tidak bekerja dengan maksimal dan sempurna.

Lalu apa keuntungan menggunakan stock rom Android? Tentu saja dengan memakai firmware resmi yang di keluarkan oleh pabrik maka kinerja handphone kamu akan lebih maksimal dan tentunya sudah sangat disesuaikan dengan karakter dari hp tersebut. Dengan menggunakan stock rom maka kamu akan terhindar dari masalah bootloop Android ketika melakukan proses flashing atau update Android ke versi terbaru. Berbeda bila kamu memakai custom rom yang belum tentu cocok dan sesuai dengan type hp Android, maka bisa saja ketika selesai melakukan proses flashing, justru hp Android kamu mengalami masalah bootloop.

44 comments

  1. Permisi mau nanya, kan hape ane awalya softbrick trs ane flash pake Firmware yang di dapet dari Interet, setelah Ane baca ternyata yang Ane download itu untuk region XSP = Singapure, setelah flash stuck di logo samsung trs nah ane Wipe data reset trs udah bner nih min, Tapi sinyal jaringan nya gak bisa full, padahal sudah di coba berbagai macam kartu perdana, hape Ane Samsung Galaxy Young GT6310 Min, Ada solusi min ? Terima kasih, Mohon dijawab ya min, Kalo ada solusi link StockROM yang original untuk Type Handphone Ane, tolong dibantu min

    1. @Septian :: agan bisa flash ulang menggunakan stock rom untuk region Indonesia yang bisa agan unduh di sammobile.com

    2. Aku mu nanya, masalah ROM dan Firmware, contoh kasus:
      Sy pakai HP xiaomi versi global stable 10.3.3.0 (itu sudah ada firmwarenya kan ?)
      Tapi sy mau ubah firmwarenya saja dengan versi selain 10.3.3.0, apakah bisa ???? Atau harus sama dengan versi rom ?

      Maap kl ini STUPID QUESTION WKWK…

  2. mau nanya ini min…. sy sudah download fimeware di google… tapi kok stlah sy ekstrak..file ekstraknya itu gak kbaca sama sp flash tool… mohon pencerahannya min…

    1. @Anas :: Pastikan agan sudah unduh firmware sesuai dengan type hp Android agan, juga file scatternya tidak corrupt. Apabila tidak terdeteksi, cuma unduh ulang firmwarenya aja.

  3. misi gan mau nanya… Hp saya S6 edge Au SCV31 . . kan ini Samsung Jepang… Klo ane flash Pake Stock rom nya apakah jaringan nya support untuk indo gan?? butuh pencerahan..

  4. Hape saya wiko highway pure 4g
    Kenapa pas update aplikasi ( khusus nya go jek driver , setelah selesai hape ane langsung restart sendiri )
    Kadang dibeberapa aplikasi jg begitu ( walaupun gak semua nya )
    Mohon pencerahan nya , mata pencarian dari situ soalnya ( gojek )

    1. @Rifqi :: Ada kemungkinan os android di hp agan sudah bermasalah dan harus di flash ulang menggunakan stock rom.

  5. assalamu alaikum, selamat sore Min…

    Min mau tanya, ketika kita mau custom ROM, maka hal pertama sebelum flash ROM nya adalah menyamakan firmware nya…

    itu yg bilang temen saya dan secara prosedural oleh developer nge flash custom rom adalah install firmware nya dlu baru rom nya…
    misal : flash hex-firmware.zip dlu lalu RR7.1xxxx.zip (custom rom)

    nah, bedanya firmware dan rom itu apa ya? saya kurang jelas Min…

    dan jika saya tdk flash file firmware nya dlu bakal gmana tuh hp nya?…

    1. @Bayu :: Kan udah jelas bedanya seperti dijelaskan diatas. Kalau agan tidak flash firmwarenya kemungkinan custom ROM-nya tidak bisa berjalan dengan normal.

      1. Min saya pakai costume rom terus semenjak saya pakai costume rom saya tidak bisa memasang aplikasi game tolong donk min penjelasannya

        1. @Ali :: Kemungkinan cusrom nya tidak cocok dengan hp Android agan, coba di flash ulang.

  6. Saya menggunakan TWRP Recovery dan tidak sengaja menghapus sistem di asus zenfone selfie zd551kl saya dan muncul pemberitahuan NO OS Isntalled.
    Saya sudah download firmware di official asus yang paling ahkir, yang untuk downgrade dan yang untuk deggrade tapi selalu gagal instal melalui TWRP recovery.
    Apakah stock rom di situs ini bisa berhasil di smartphone saya, mohon pencerahannya, terima kasih.

  7. Gan cara mengatasi your system was damaged,wirelles update is disable saat upgarde versi androi

    1. @Candra :: Ada kemungkinan hp android agan harus di flash ulang menggunakan komputer.

  8. mw tanya dong saya pake custom cynogen mod 12.1 untuk xiaomi 2 sukses tapi sinyal sering hilang wifi gak berfungsi dan terkadang reboot sendirigmana solusinya yah

    1. @Gunawan :: Ada kemungkinan karena rom tersebut kurang cocok, sebaiknya coba cari custom rom lain yang benar-benar cocok.

  9. Kan hp saya samsung galaxy mega 5.8 gt-19152, kira2 bisa gak kalau upgrade firmware melalui twrp gan

  10. hallo saya mau tanya, dibelakang hp samsung saya tertulis sm-g955fd tp didalam info smartphonenya sm-g955f. saya ingin melakukan firmware ulang, yg harus saya download tipe yang mana yah? dan apakah bisa jika firmwarenya berbeda negara?
    maaf kalo bahasanya terlalu kaku saya orang yang awam untuk maslah ini heheh

    1. @Demian :: Sebaiknya pilih yang tertera di belakang hp tersebut gan yakni SM-G955FD

      1. ada rekomendasi web yang bagus untuk download firmwarenya tidak dan harus menggunakan tipe odin yang berapa ya agar support. soalnya saya download di sammobbile ada terjadi corrup sist,

        1. @Demian :: Untuk firmware Samsung yang paling lengkap memang di Sammobile dot com gan. Bila terjadi corrupt, biasanya karena proses downloadnya tidak lancar karena koneksi internet yang tidak stabil.

  11. Saya menggunakan TWRP Recovery dan tidak sengaja menghapus sistem di android Samsung note 2 (n7100)saya dan muncul pmberitahuan no os installed akhir.y bootloop.. saya disarankan teman untuk flash android saya ke stock rom.y tp sya tidak tahu cara cari stock rom.y.. bisa ksh tau cara cari stock rom untuk android saya mba??

    1. @Ahmad :: Untuk stock rom Android Samsung agan bisa coba di sammobile dot com yang khusus menyediakan firmware Samsung terbaru sampai versi lama.

      1. Hp saya merk coolpad bootloop, tapi tidak tahu typenya, saya coba flash dengan firmware coolpad note 3s pakai aplikasi ygdp,langsung gagal bootloader does not support, mohon pencerahannya

        1. @Ope :: Itu artinya firmware tersebut tidak sesuai dengan type ponsel Android agan.

          1. Terima kasih penjelasannya, ada cara gak ya untuk mengetahui type hp yang keadaan mati, hpnya bateray tanam, mungkin bisa bantu lagi, terima kasih sebelumnya

          2. @Ope :: Di bongkar aja dulu gan, mudah kok meski baterai tanam. Banyak kok tutorialnya di Youtube.

  12. Selamat siang kk. Ijin menanyakan .. awalnya hpnokia 5.1 saya kelaur tulisan corrup. Coba deh saya sercing di emabah . Ternyata harus di flash sesudah di flash berhasil tuh tp aneh aplikasinya cuman ada 4 biji .. nah penasaran tuh cari firmware lagi ane flash lagi .. eh taunya no command. Trs ane wipe. Tp tetp ajah no command. Gimna ya solusinya mohon penjelasnnya kk

    1. @Adi :: Agan bisa coba menggunakan firmware lain baik yang resmi atau custom rom. Apabila masih tetap error, ada kemungkinan eMMC sudah bermasalah.

  13. Jadi Firmware itu Kurang lebih mirip ROM ya? dan mau nanya lagi banyak orang bilang untuk update FW/Firmware,berarti Update firmware artinya update rom gitu min? atau gimana

    1. @Hayu :: yups, secara sederhana firmware itu adalah ROM. Jadi saat agan bilang mau update firmware, sama dengan update ROM yang digunakan di hp tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.