Mengatasi Android Mengoptimalkan Aplikasi Saat Booting

Saat kamu berhasil melakukan proses update dan upgrade Android ke versi terbaru entah itu lewat proses flashing di komputer atau melalui ota update, waktu pertama kali booting maka akan muncul keterangan Android mengoptimalkan aplikasi dengan tujuan agar aplikasi yang baru saja di install lewat proses upgrade Android bisa bekerja secara maksimal. Perlu diingat bahwa proses optimizing apps atau mengoptimalkan aplikasi ini hanya terjadi ketika proses update Android selesai.

Bagaimana bila kemudian proses Android mengoptimalkan Aplikasi ini selalu muncul saat kamu menyalakan hp Android? Tak masalah bila proses optimalisasinya tersebut hanya berlangsung beberapa detik saja misalkan hanya satu menit, lain halnya bila proses ini terjadi sangat lama yakni sampe 5 atau 10 menit karena di layar hp Android kamu muncul proses mengoptimalkan aplikasi 1 dari 60 atau 100 aplikasi? tentu akan membuat kamu merasa frustasi karena tidak bisa langsung memakai ponsel Android tersebut untuk berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Dalam keadaan normal sebuah hp Android bisa booting dalam hitungan detik, semakin cepat tentunya semakin baik karena kamu bisa langsung memakai hp tersebut. Bila kemudian muncul Android mengoptimalkan aplikasi setiap kali dinyalakan sudah bisa dipastikan ada yang bermasalah dengan sistem operasi maupun aplikasi yang terinstall di hp Android tersebut. Jangan bingung berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah optimizing apps di Android.

Pertama, silahkan check dan recheck dengan berbagai macam aplikasi yang terinstall di hp Android kamu. Ingat kembali apakah error mengoptimalkan aplikasi tersebut muncul setelah kamu menginstall sebuah game atau aplikasi? jika iya, maka kamu bisa coba terlebih dahulu hapus atau uninstall game atau aplikasi tersebut lalu coba untuk restart hp, apakah masalah tetap muncul atau hilang sama sekali.

Apabila kamu bingung karena terlalu banyak aplikasi dan game yang ada di hp Android kamu, tak usah khawatir coba check di pengaturan – baterai kemudian cek aplikasi apa saja yang banyak menguras baterai. Apabila ada aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan sama sekali tapi ternyata banyak menguras baterai, bisa jadi aplikasi tersebut adalah penyebab muncul masalah Android selalu mengoptimalkan aplikasi.

Mengatasi Android Mengoptimalkan Aplikasi

Kenapa hal demikian bisa terjadi? sebuah aplikasi yang tidak didesain dengan baik dan kemudian selalu berjalan otomatis waktu Android dinyalakan selain akan menghambat proses booting seperti munculnya error selalu mengoptimalkan apps juga nantinya aplikasi tersebut akan terus berjalan di latar belakang dan akhirnya menguras baterai.

Kedua, munculnya optimizing apps saat Android dinyalakan bisa disebabkan karena sistem operasi di hp kamu bermasalah tentu saja solusi terbaiknya adalah silahkan lakukan proses update baik lewat ota ataupun proses flashing via komputer untuk memastikan bahwa OS yang digunakan selalu versi terbaru. Pastikan untuk selalu pakai firmware resmi atau stock rom dari vendor hp tersebut dan hindari memakai custom rom kecuali jika kamu memang terbiasa.

Proses optimalisasi Aplikasi ketika Android dinyalakan sebenarnya sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi yang bersangkutan, apabila prosesnya hanya berlangsung selama beberapa detik, sebenarnya tidak akan mengganggu kinerja hp tersebut ketika digunakan, terkecuali jika prosesnya berlangsung selama lebih dari 5 menit maka sudah jelas kamu harus berusaha untuk mengatasi masalah tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest