Apa Itu GAPPS Pada Android

Untuk kamu pengguna Xiaomi yang menggunakan ROM China Stable ataupun Developer (beta) tentu sudah tidak ada asing lagi dengan istilah GAPPS. Namun tidak demikian dengan yang baru saja menggunakan custom rom atau memakai rom China, mungkin pernah bertanya apa arti gapps di Android itu? Apakah gapps itu sama dengan cusrom (custom rom) atau tidak? Dan kenapa kita harus menginstall gapps di Android? apakah bisa sebuah hp Android tanpa harus ada gapps?

GAPPS singkatan dari Google Application adalah sebuah bundle aplikasi dari Google mulai dari Playstore, Maps, Gmail, Google+, Kalender Google sampai Youtube, Chrome dan aplikasi pendukung lainnya sehingga nantinya kamu bisa menjalankan Play Store dan Google Play Game dengan lancar tanpa kendala.

apa yang dimaksud gapps pada android

Apa gunanya gapps? Keberadaan gapps di Androidnya sangatlah penting karena berguna agar kita bisa mengunduh berbagai aplikasi dan game di Play Store atau memainkan game yang membutuhkan akun Google Play Game seperti COC dan game online lainnya. Selain itu gapps juga berguna agar kita bisa mengakses berbagai macam layanan dari Google seperti Gmail, Maps untuk navigasi sampai media sosial Google Plus.

Perlu diingat bahwa GAPPS itu berbeda dengan custom rom Android karena gapps hanyalah berisi Aplikasi Google saja agar nantinya kamu bisa menjalankan berbagai macam layanan dari Google dengan lancar di Android. Apabila di hp Android kamu tidak ada gapps, maka nantinya kamu tidak akan bisa mengunduh aplikasi ataupun game dari Playstore dan juga tidak bisa memainkan game yang membutuhkan Google Play Game.

Setiap hp Android biasanya sudah ada gapps-nya sehingga kamu tidak harus repot lagi untuk menginstall gapps. Salah satu ciri kalau di hp Android sudah ada gapps adalah kamu bisa cek apakah di hp tersebut ada Play Store atau aplikasi Google lainnya seperti Gmail, Maps atau Google Plus? Apabila kamu sudah menemukan semua aplikasi tersebut di hp Android tersebut, maka tidak perlu susah dan repot untuk menginstall gapps.

Berbeda bila kamu menggunakan custom rom atau memakai rom China di Xiaomi, biasanya banyak custom rom yang tidak disertai dengan gapps, nah dalam kondisi seperti ini agar kamu bisa menginstall aplikasi dari Playstore, tentu saja nantinya harus menginstall terlebih dahulu gapps di custom rom tersebut.

Bagaimana cara install gapps di Android? untuk pengguna Xiaomi biasanya sudah ada aplikasi khusus yang bisa dimanfaatkan untuk menginstall gapps langsung dari menu Android langkahnya hampir sama dengan menginstall aplikasi biasa, namun untuk pengguna custom rom cara terbaik dan termudah untuk install gapps di Android adalah lewat menu recovery mode.

arti gapps di android

Ada beberapa pilihan paket GAPPS yang bisa kamu pilih yakni versi full dimana semua aplikasi Google akan terinstall di hp Android ataupun versi nano dan pico yang merupakan versi minimal hanya bertujuan agar kamu bisa menjalankan Play Store di hp Android. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan dengan kapasitas memori internal kamu karena setiap paket memiliki ukuran file yang berbeda, versi gapps terlengkap ukuran filenya mencapai 1GB lebih sedangkan yang minimal (pico atau nano) ukurannya sekitar 100 sampai 200MB saja.

2 Comments

  1. apakah gapps yang terlalu besar untuk ukuran ram 1GB dapat gagal dalam menjalankan playstore

    Reply
    • @Aqbar :: Playstore tetap bisa berjalan dengan normal kok, meski ram kecil.

      Reply

Leave a Reply

Pin It on Pinterest