Cara Kerja Dompet Digital Dana di Android dan iPhone

Transaksi menggunakan uang digital perlahan tapi pasti sudah menjadi trend dan mulai banyak dipilih baik untuk berbelanja online ataupun pembayaran di berbagai merchant. Tak mengherankan bila kemudian berbagai aplikasi dompet digital mulai bermunculan yang bisa kita install dari Play Store untuk Android ataupun App Store khusus untuk kamu pengguna smartphone iPhone. Beberapa aplikasi layanan dompet digital yang cukup terkenal di Indonesia antara lain GoPay, Dana, LinkAja, dan Ovo.

Untuk kamu pengguna setia layanan Gojek tentunya tidak asing lagi dengan metode pembayaran via GoPay, begitu juga rekan setia Grab yang memakai uang digital Ovo sebagai alat pembayaran secara cashless, sedangkan LinkAja merupakan versi terbaru dari Tcash dimana layanan dompet digital yang satu ini merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan beberapa Bank milik pemerintah. Jangan lupakan juga aplikasi Dana yang tak kalah menarik dan memiliki pengguna setia juga. Bagi yang sering membeli tiket di Tix Id tentunya sudah tidak akan asing dengan aplikasi Dana.

cara daftar akun dana

Sama seperti dompet digital lainnya, bagi kamu yang ingin mengaktifkan dan membuat akun Dana caranya tidaklah sulit, yang dibutuhkan adalah sebuah nomor telepon aktif yang nantinya akan dipakai sebagai nomor rekening dari akun Dana tersebut. Pastikan saat pertama kali daftar atau ketika Login kamu menggunakan nomor yang selalu aktif karena kode verifikasi akan dikirimkan lewat sms. Jadi, silahkan pakai nomor utama kamu, dan hindari pakai nomor asal-asalan agar nantinya saat kamu berganti hp dan harus login di handphone baru, terhindar dari masalah tidak bisa verifikasi nomor telepon karena disebabkan nomor yang dipakai sebagai rekening di Dana telah hilang atau tidak aktif lagi.

Setelah berhasil membuat akun Dana, langkah berikutnya adalah silahkan lakukan proses upgrade akun dengan cara verifikasi data sesuai dengan KTP, SIM ataupun passport. Jangan dulu isi saldo Dana dengan jumlah besar sebelum kamu berhasil melakukan proses verifikasi data diri, kenapa? karena apabila akun kamu masih tipe standar dan belum terverifikasi, saldo yang tersimpan tidak akan bisa di transfer ke rekening bank atau dikirim ke akun Dana lainnya. Hal serupa berlaku juga untuk aplikasi dompet digital lainnya seperti LinkAja, Ovo atau GoPay, tanpa proses verifikasi data diri, kita tak bisa melakukan transaksi keuangan berupa transfer dan tarik saldo ke rekening bank.

langkah upgrade akun dana

Apabila kamu telah berhasil melakukan proses upgrade akun, selanjutnya silahkan isi saldo sesuai keinginan sampai maksimal 10 juta rupiah. Proses isi saldo Dana bisa lewat transfer bank baik ATM, internet banking, atau juga via merchant seperti Alfamart. Sama seperti uang tunai, tanpa saldo tentunya kita tidak akan bisa melakukan berbagai macam transaksi di aplikasi dompet digital tersebut. Saat membuka aplikasi Dana kamu akan menemukan beberapa menu utama di halaman awal mulai dari isi saldo, membeli pulsa, voucher digital dan games, pembayaran PDAM atau Listrik sampai menu untuk tarik saldo khusus untuk pengguna Dana yang sudah melakukan verifikasi data diri.

Jangan bingung, silahkan tentukan transaksi apa yang ingin kamu lakukan. Bila berniat ingin membayar tagihan listrik silahkan masuk ke menu Listrik dan masukan data yang diminta seperti nomor pelanggan dan secara otomatis akan muncul berapa besar tagihan yang harus dibayar. Atau, kamu ingin isi saldo Google Play Store di hp Android, di menu awal pilih Voucher Digital lalu pilih Google Play, tentukan nominal yang diinginkan mulai dari pecahan 20 ribu sampai 500 ribu, pastikan saldo Dana mencukupi untuk membayar transaksi tersebut.

cara kerja dompet digital dana

Dari satu contoh diatas tentunya sudah sangat jelas sekali bahwa cara kerja dompet digital Dana itu sangatlah mudah dan sederhana, yakni kita tinggal pilih transaksi apa yang diinginkan dan pastinya tersedia di Dana. Apabila kamu ingin membayar sebuah transaksi secara langsung di merchant atau rekan usaha Dana, pilih menu Bayar (Pay), disini ada dua opsi yakni kamu bisa memberikan barcode pembayaran atau sebaliknya kita yang harus scan barcode yang diberikan oleh merchant tersebut.

langkah kerja dana dompet digital

Berapa proses transaksi dengan cara scan barcode ini? Jangan khawatir proses transaksi dalam hitungan detik, saat kita telah berhasil scan barcode. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, selalu lakukan proses cek berapa besar transaksi yang harus dibayar, pastikan jumlahnya sudah sesuai, tidak kurang atau lebih, karena nantinya transaksi tersebut akan memotong saldo Dana secara langsung. Bila kamu baru pertama kali memakai dompet digital Dana, mungkin butuh waktu beberapa saat untuk bisa beradaptasi dan membiasakan diri. Yakinlah setelah beberapa hari atau bahkan jam, akan mulai terbiasa melakukan

Leave a Reply