Apa Pengaruh OS Android pada Smartphone

Sistem operasi di sebuah hp atau smartphone sangatlah penting, karena merupakan komponen utama yang membuat sebuah smartphone bisa bekerja dan digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Untuk saat ini, ada dua sistem operasi mobile yang banyak digunakan yakni Android dan iOS khusus untuk produk yang dikeluarkan oleh Apple seperti iPhone, iPad dan iPod. Kali ini kita akan bahas tentang apa pengaruh OS Android pada smartphone.

Android merupakan sistem operasi yang digunakan oleh berbagai macam merk smartphone mulai dari Samsung, Xiaomi, Huawei, Oppo sampai Asus dan Vivo. Sistem operasi Android terbaru saat ini adalah Android 10 yang merupakan penerus dari Android Pie dan Oreo.

Di setiap versi OS Android terbaru biasanya ada fitur dan menu baru yang tidak pernah ada di versi OS sebelumnya. Sebagai contoh di Android 10 dan Pie fitur Dark Mode sudah menjadi fitur standar, dimana fitur ini belum tersedia untuk Android Nougat atau versi yang lebih rendah.

pengaruh os android pada game

Sebenarnya apa sih pengaruh OS Android pada sebuah smartphone? Apakah dengan selalu menggunakan OS terbaru, kinerja hp kita akan semakin baik dan maksimal?

Menggunakan sistem operasi Android terbaru pada smartphone tentu saja akan memberikan keuntungan tersendiri yakni kita bisa menggunakan berbagai fitur terbaru, di samping fitur lama yang telah ada sebelumnya bisa bekerja lebih maksimal dengan berbagai perbaikan dari versi sebelumnya.

Namun perlu diingat, bahwa kinerja OS Android terbaru tersebut akan sangat ditentukan oleh spesifikasi dari smartphone yang kamu gunakan. Jangan terburu-buru untuk melakukan update hp ke OS terbaru sebelum kamu benar-benar memahami dan mengetahui spesifikasi minimal yang dibutuhkan oleh sistem operasi tersebut.

Sistem operasi terbaru biasanya membutuhkan kinerja hardware seperti RAM, Processor dan GPU yang lebih tinggi dibandingkan versi OS lama. Sebagai contoh bila saat ini smartphone kamu dilengkapi RAM 3GB dan menggunakan OS Nougat, tentu saja kamu akan merasakan kinerja yang maksimal alias tidak terlalu lambat, namun bila dengan RAM 3GB tersebut kamu memutuskan untuk update ke OS Android 10, jangan heran bila kemudian kinerja hp kamu akan lebih lambat, tidak secepat ketika masih memakai Android Nougat.

Berbeda bila kamu memiliki smartphone dengan spesifikasi high end atau kelas tinggi, menggunakan OS terbaru sangatlah disarankan karena nantinya kinerja smartphone akan lebih maksimal disamping kamu bisa menggunakan berbagai macam fitur baru. Berbagai macam bugs atau kelemahan yang ada di OS sebelumnya, biasanya ikut di update dan disempurnakan sehingga kinerjanya lebih maksimal di OS baru.

Lalu, apakah OS Android berpengaruh terhadap sebuah game di Android? Jawabannya tentu saja pengaruh lumayan besar. Banyak game yang dibuat dan bisa bekerja maksimal di OS terbaru, sehingga saat kamu masih memakai OS jadul di smartphone kemungkinan besar beberapa fitur dari game tersebut tidak akan bekerja dengan baik dan maksimal. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat deskripsi dari game tersebut, dimana biasanya selalu dicantumkan sistem operasi apa saja yang didukung.

Secara singkat kita bisa ambil kesimpulan bahwa sistem operasi di Android memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kinerja smartphone yang kita gunakan. Untuk kamu yang memiliki smartphone dengan spesifikasi low-end atau rendah, sebaiknya tetap gunakan OS bawaan dari pabrik (default), jangan tergiur dengan OS terbaru yang belum tentu cocok dan bisa bekerja dengan baik atau hindari memakai Custom ROM Android yang belum tentu cocok.

Leave a Reply