Fitur yang Baru di Android Pie

Memakai sistem operasi terbaru di smartphone Android, tak bisa dipungkiri memberikan banyak sekali keuntungan dan kelebihan yang bisa kita rasakan saat mengoperasikan OS tersebut. Dari sisi menu dan fitur sudah tentu kita bisa mendapatkan berbagai macam menu baru yang tidak ada di sistem operasi sebelumnya, lalu yang paling penting adalah dari sisi keamanan sudah bukan rahasia lagi bila OS terbaru misalkan Android Pie sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih baik dan aman sehingga bisa membuat penggunanya merasa nyaman ketika memakai smartphone tersebut.

Android Pie, pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 2018 tahun lalu, tak lama kemudian tepatnya pada 6 Agustus 2018 secara resmi Android Pie sudah tersedia untuk digunakan di berbagai smartphone baik yang terbaru maupun berupa upgrade untuk smartphone lawas. Ada banyak perubahan, menu dan fitur anyar di Android Pie yang bahkan tidak ada di Android sebelumnya.

Namun sudah bukan rahasia lagi, berbeda dengan iOS di iPhone dan iPad dimana proses upgrade iOS tidak harus menunggu hitungan bulan, pembaruan Android Pie untuk berbagai smartphone tak jarang membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan sampai tahun 2019 hanya beberapa tipe smartphone Android saja yang kebagian update Android Pie. Sebagai contoh, pengguna Asus Zenfone Max Pro M1 boleh dibilang beruntung karena di bulan Mei 2019 ini secara resmi mendapatkan upgrade ke Android Pie setelah sebelumnya memakai Android Oreo.

Untuk kamu yang masih merasa ragu apakah harus melakukan update ke Android Pie ataupun harus tetap menggunakan Android versi lama misalkan Oreo bahkan Nougat, berikut ini adalah beberapa menu rahasia dan kelebihan Android Pie yang tidak ada di sistem operasi sebelumnya, yang tentu saja bisa menjadi bahan pertimbangan agar kamu benar-benar yakin saat harus memilih harus menggunakan Android Pie di smartphone kamu tersebut.

Fitur Keamanan Lockdown di Android Pie

Dari sekian banyak fitur terbaru di Android Pie, fitur keamanan inilah yang mungkin sangat penting karena bisa menjaga semua data yang ada di smartphone Android menjadi lebih aman dari orang yang tidak berhak mengaksesnya. Untuk mengaktifkannya silahkan masuk ke menu Pengaturan – Keamanan dan Lokasi lalu tap Preferensi Layar Kunci selanjutnya aktifkan pada opsi Tampilkan Opsi Penguncian. Dalam keadaan darurat kamu bisa menekan tombol Power dan akan muncul opsi Kunci Total yang akan membuat fingerprint dan kunci wajar tidak berfungsi dan kamu harus memakai Passcode untuk membuka Android tersebut

fitur keamanan terbaru di android pie

Rotasi Layar yang lebih mudah di Android Pie

Pengguna Android pasti pernah merasakan betapa kesalnya ketika sedang menonton atau membaca tiba-tiba layar Android berubah dari portrait menjadi landscape, sehingga terkadang kita harus menonaktifkan terlebih dahulu rotasi layar otomatis di Android. Jangan khawatir di Android Pie, rotasi layar semakin dipermudah karena saat kita merubah posisi smartphone yang sedang kita pegang akan otomatis muncul pilihan apakah ingin merubah rotasi atau tidak.

cara agar rotasi layar tidak otomatis di android pie

Hilangkan Animasi layar untuk mempercepat kinerja Android Pie

Di sistem operasi sebelumnya yakni dari Android Oreo ke bawah untuk menghilangkan animasi kita harus mengaktifkan Opsi Pengembang di Android, tak usah khawatir kini di Android Pie kita bisa langsung menghilangkan animasi layar dengan cepat dan mudah yakni lewat menu Pengaturan – Aksesibilitas selanjutnya aktifkan pada hapus animasi seperti pada gambar di bawah ini.

menghilangkan animasi di android pie

Cara Screenshot tanpa tombol Power dan Volume Bawah

Sudah bukan rahasia lagi untuk mengambil tampilan layar dalam bentuk gambar atau screenshot di Android kita biasanya memakai kombinasi tombol power dan volume bawah. Di Android terbaru kini diperkenalkan cara lain untuk screenshot yakni cukup tekan tombol Power maka akan ada pilihan untuk melakukan screenshot, cukup mudah dan cepat bukan?

screenshot tanpa tombol volume bawah di android

Nonaktifkan Notifikasi atau Pemberitahuan Sistem Android

Apakah ada di antara kamu yang merasa kesal dengan notifikasi yang muncul setiap kali kamu selesai mengambil screenshot atau saat baterai Android hampir habis? Bila di Android Oreo ke bawah tidak ada pilihan untuk menonaktifkan notifikasi tersebut, nah pengguna Android Pie bisa dengan mudah menghilangkan pemberitahuan atau notifikasi sistem yang dianggap tidak perlu. Di menu Pengaturan cari Sistem UI lalu tap Notifikasi disini kamu bisa menghilangkan notifikasi untuk beberapa pilihan mulai dari baterai, screenshot, penyimpanan sampai pesan umum.

menghilangkan notifikasi baterai dan screenshot di android pie

Fungsi Gesture di Android Pie

Pasti kamu sudah terbiasa dengan tombol Home, Recent dan Back di smartphone dengan sistem operasi lawas. Di Android Pie kamu bisa merubah tombol jadul tersebut dengan gesture yang lebih baik dan nyaman digunakan terutama bila kita menggunakan Android dengan ukuran layar besar. Masuk ke menu Pengaturan – Sistem lalu pilih Gestur dan aktifkan opsi geser tombol layar utama ke atas. Kini kamu bisa beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang sedang berjalan cukup dengan menggeser layar dari bawah ke atas, selain itu tidak ada lagi tombol home diganti dengan tombol menu dan back saja. Kamu bisa geser tombol Home ke kiri atau kanan untuk beralih dengan cepat ke aplikasi yang diinginkan.

fungsi gestur di andrid pie

Itulah beberapa fitur dan menu rahasia yang ada di Android Pie, sebenarnya masih sangat banyak fitur terbaru yang bisa kita gunakan di sistem operasi terbaru ini. Setelah melakukan proses update ke Android Pie, kamu bisa mencoba semua fitur tersebut satu persatu agar nantinya bisa lebih nyaman saat menggunakan smartphone Android untuk kebutuhan sehari-hari.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest