Apakah Dompet Ovo Bisa Tarik Tunai dan Transfer

Pengguna ojek online Grab tentunya sudah tidak asing lagi dengan uang digital OVO, dimana kini kita bisa melakukan pembayaran secara langsung tanpa harus lagi pakai uang tunai. Layanan uang digital Ovo, memang tak jauh berbeda seperti halnya GoPay, LinkAja dan Dana baik dari sisi fungsi maupun kemudahan dalam penggunaannya. Selain bisa dipakai di aplikasi Grab, uang digital Ovo juga bisa kita pakai untuk melakukan berbagai macam transaksi di pedagang yang sudah menjalin kerjasama dengan pihak Ovo, tak hanya itu kita juga bisa dengan cepat dan mudah membeli kebutuhan digital seperti kuota internet, pulsa, bayar berbagai macam tagihan sampai membeli voucher game dan Google Play.

Menyimpan dana di dompet digital Ovo tidak jauh berbeda seperti halnya kita menabung di bank, hanya saja disini kita tidak memperoleh buku tabungan meski demikian jangan khawatir karena riwayat transaksi dan mutasi akan tercatat dengan rapi di aplikasi dompet digital tersebut. Saat kamu memutuskan untuk menggunakan sebuah layanan dompet digital dengan memakai nomor telepon maka sejak saat itu pula secara otomatis nomor hp yang dipakai tersebut akan berfungsi sebagaimana layaknya nomor rekening. Di kemudian hari bila kamu ingin isi saldo dengan cara transfer dari akun bank konvensional, maka nomor rekening tujuan transfer tidak lain ada nomor handphone yang digunakan sebagai identitas akun di dompet digital tersebut.

Dari penjelasan singkat diatas sudah ada sedikit benang merah yakni dompet digital seperti Ovo atau LinkAja aja ternyata fungsinya tidak jauh berbeda dengan rekening tabungan biasa, itu berarti bahwa penggunaan dan manfaatnya pun hampir sama. Transaksi keuangan seperti tarik tunai maupun proses transfer antar akun ataupun ke nomor rekening bank lainnya bisa dilakukan tanpa kendala apapun. Satu hal yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara tarik tunai dompet Ovo? Karena kita ketahui di layanan dompet digital kita tidak mendapatkan kartu ATM seperti halnya di tabungan biasa?

Proses tarik tunai di dompet Ovo untuk saat ini memang tidak bisa dilakukan secara langsung, kita membutuhkan beberapa tahapan agar nantinya saldo yang tersisa di dompet digital Ovo bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai. Cara pertama adalah dengan cara transfer ke sesama pengguna Ovo, kamu bisa mencari teman, rekan atau bahkan konsumen yang membutuhkan saldo Ovo, setelah itu lakukan proses transfer saldo antar sesama pengguna Ovo sehingga nantinya kamu bisa dapat uang tunai dengan cepat dalam hitungan menit. Untuk driver ojek online, cara ini mungkin sudah sering dilakukan karena di aplikasi Grab sendiri sudah ada menu untuk isi saldo lewat driver.

tarik tunai dompet ovo

Apabila cara pertama susah dilakukan karena ternyata sangat sulit untuk mencari orang yang ingin isi saldo Ovo, maka kamu bisa lakukan cara kedua yakni dengan proses transfer terlebih dahulu saldo Ovo ke rekening bank yang yang kamu miliki baik itu Mandiri, BNI, BCA ataupun BRI selanjutnya setelah berhasil ditransfer kamu bisa langsung melakukan tarik tunai di ATM. Jangan salah, cara kedua ini membutuhkan sebuah rekening bank yang masih aktif, apabila kamu sendiri tidak memiliki tabungan di bank, tak usah khawatir karena bisa memakai nomor rekening milik orang lain yang kamu percayai istilah kerennya numpang transfer dan tarik tunai di ATM.

transfer saldo ovo ke rekening bank

Satu hal penting yang perlu menjadi perhatian untuk pengguna dompet digital Ovo yang ingin melakukan proses tarik tunai atau transfer saldo Ovo adalah pastikan bahwa kamu telah melakukan proses upgrade akun ke Ovo Premier dengan proses verifikasi data diri sesuai dengan kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP, SIM ataupun Passport. Kamu bisa melakukan proses upgrade Ovo secara online maupun ke kantor cabang layanan Ovo terdekat di kota kamu.

manfaat upgrade ke ovo premier

Apabila akun Ovo kamu masih sebagaimana pengguna biasa atau standar maka tidak akan bisa melakukan semua proses di atas, itu artinya kamu hanya bisa memakai saldo yang tersisa di dompet Ovo untuk membayar ojek online ataupun melakukan transaksi non tunai lainnya seperti beli pulsa, kuota internet, membayar berbagai macam tagihan secara online mulai dari tagihan listrik, PDAM, langganan internet dan lain sebagainya. Ketentuan seperti ini tidak hanya berlaku di dompet digital Ovo, tapi juga di layanan serupa seperti LinkAja, Dana sampai GoPay.

Leave a Reply