Tips Aman Pakai Dompet Digital di Android dan iPhone

Apakah kamu pernah mendengar istilah cashless atau non tunai? Yups, dengan metode pembayaran seperti ini kita tidak lagi harus membawa uang tunai yang keamanannya cukup rentan dan mudah hilang tanpa kita sadari. Saat berbelanja online, atau membayar di minimarket dan juga ingin membeli kuota internet sampai pulsa yang dibutuhkan cuma sebuah aplikasi dompet digital yang menyediakan layanan uang elektronik. Pembayaran bisa dilakukan dengan mudah dan cepat cukup scan barcode atau transfer dari satu akun ke akun yang lain, selesai.

Di Indonesia layanan dompet digital saat ini banyak sekali mulai dari LinkAja, Dana, Ovo sampai Gopay. Semuanya menyediakan layanan pembayaran secara cashless, tentu saja masing-masing memiliki kelebihan tersendiri yang hanya bisa dirasakan oleh penggunanya. Sebagai contoh, di salah satu dompet digital, bisa saja pengguna merasakan bahwa berbagai macam fiturnya sangat berguna karena telah banyak rekanan atau merchant di kotanya, namun bagi yang lain ada kemungkinan bahwa dompet digital tersebut justru minim sekali rekanan di daerah tempat tinggalnya sehingga manfaatnya tidak terlalu dirasakan.

Saat kamu memutuskan untuk beralih dari uang tunai atau cashless, pastikan bahwa layanan dompet digital yang akan kamu pakai sudah memiliki banyak rekanan di kota tempat tinggal kamu agar nantinya bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Namun demikian ada juga yang tidak ingin ribet dan lebih memilih untuk menggunakan banyak dompet dengan anggapan bahwa kita bisa memanfaatkan berbagai macam promo yang ditawarkan oleh dompet digital tersebut.

Lalu bagaimana agar kita bisa menggunakan layanan dompet digital tersebut dengan aman, dalam arti lain dana yang tersimpan tidak hilang? Karena sudah bukan rahasia lagi, banyak pengguna dompet digital yang mengeluh dan heran sebab tiba-tiba saldo yang tersimpan di akunnya hilang, di transfer ke rekening lain atau digunakan untuk membayar transaksi tanpa sepengetahuannya.

apakah aplikasi ovo aman

Pertama, menjaga agar dompet digital selalu aman dari tangan yang tidak berhak adalah selalu rajin ganti PIN. Setiap aplikasi dompet digital selalu disertai fitur PIN baik itu membuka aplikasi ataupun proses konfirmasi transaksi. Tanpa PIN, sudah bisa dipastikan bahwa transaksi tidak bisa dilakukan. Nah, karena fungsi PIN yang sangat penting, ada baiknya kamu jaga baik-baik nomor PIN tersebut, dan sangat dianjurkan untuk mengganti PIN secara berkala baik setiap bulan atau minggu agar nantinya kita bisa mencegah orang lain menggunakan akun tanpa seizin kita.

Selain PIN, setiap aplikasi dompet digital juga selalu menyertakan fitur keamanan one time password atau lebih dikenal dengan kode OTP. Biasanya kode OTP ini akan dikirimkan lewat sms ke nomor yang terdaftar di dompet digitalnya. One Time Password atau OTP biasanya digunakan untuk proses verifikasi dan konfirmasi login di handphone baru, di beberapa aplikasi kode OTP juga digunakan untuk konfirmasi transaksi. Mengingat sangat pentingnya kode OTP, maka kita harus selalu menjaga agar tidak jatuh ke tangan orang lain bahkan ke pihak pengelola aplikasi tersebut. Kode OTP khusus untuk kamu, jangan pernah diberikan ke orang lain. Apabila secara tiba-tiba kamu menerima kode OTP tanpa pernah kamu memintanya, sebaiknya langsung hapus sms yang berisi kode tersebut.

cara aman menggunakan dompet digital

Tak jauh berbeda dengan rekening bank, saat kita membuat akun di salah satu dompet digital baik itu Dana, GoPay, Ovo atau LinkAja akan membutuhkan data diri sesuai dengan e-KTP. Oleh sebab itu selalu jaga kerahasian informasi pribadi kamu, jangan mudah memberikan data diri secara lengkap ke aplikasi lain yang belum tentu terjamin keamanannya. Penyalahgunaan data pribadi memang bukan hal yang baru, dari zaman dulu juga sudah ada dan bahkan banyak sekali, dan kini mungkin saja tekniknya lebih canggih tanpa kita sadari.

Gunakan sistem operasi baik Android atau iOS terbaru dan juga rajin update aplikasi tujuannya tentu saja selain kita bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan lancar tanpa kendala juga perlu diingat bahwa aplikasi atau OS terbaru biasanya dari sisi keamanannya juga meningkat. Pengguna Android kamu bisa masuk ke Google Play Store dan lakukan update aplikasi dompet digital tersebut, sedangkan bagi kamu yang memakai iOS di iPhone bisa coba update aplikasi lewat App Store dan jangan pernah melakukan update dari sumber yang tidak dikenal.

Leave a Reply