Apa itu Cashless? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Zaman dulu ketika akan bermain ke mall entah itu sekedar untuk belanja atau cuma wisata kuliner kita wajib membawa dompet tebal yang berisi uang agar nantinya bisa melakukan transaksi dengan lancar, namun seiring dengan kemajuan teknologi dan bermunculannya dompet digital seperti Dana, LinkAja sampai Ovo dan GoPay proses transaksi yang tadinya harus selalu pakai uang tunai, kini cukup dengan sistem cashless menggunakan pembayaran secara digital. Lalu apa sih sebenarnya cashless itu?

Cashless secara sederhana bisa dikatakan sebagai non tunai yakni metode pembayaran tanpa menggunakan uang tunai saat kita bertransaksi dengan penjual atau merchant. Pembayaran cukup memakai dompet digital baik itu dengan cara scan barcode, metode transfer atau memasukan kode token, dalam hitungan detik transaksi bisa selesai tanpa ribet. Tentu saja sebelum bisa bertransaksi pastikan terlebih dahulu kamu memiliki saldo yang mencukupi untuk melakukan pembayaran atau bisa juga memanfaatkan fitur Paylater yang sudah tersedia di beberapa dompet digital seperti GoPay dan Ovo Paylater.

apa itu cashless

Sistem pembayaran dengan cara cashless tak bisa dipungkiri memiliki banyak kelebihan yang tidak akan bisa ditemukan bila kita pakai sistem tunai. Pertama, sistem cashless itu cepat, praktis dan relatif lebih aman. Transaksi yang dilakukan bisa selesai dalam hitungan detik, tanpa lagi harus antri, saldo yang tersimpan di dompet digital tidak akan mudah diketahui oleh orang bandingkan bila kita harus bawa uang tunai di dompet atau kantong, sudah pasti akan terlihat dengan jelas dan tidak menutup kemungkinan timbul niat tidak baik dari orang lain yang melihatnya.

Kedua, bagi kamu yang suka dengan berbagai macam promo menarik saat berbelanja maka menggunakan metode cashless akan dimanjakan dengan banyaknya diskon dan promo yang ditawarkan oleh penyedia layanan dompet digital. Mulai dari cashback sampai 50% yang akan membuat transaksi kamu lebih hemat, kemudian adanya bonus setelah kamu melakukan transaksi akan membuat kita lebih semangat memakai sistem cashless. Hebatnya lagi, promo yang ditawarkan oleh penyedia dompet digital ini seakan tak pernah berhenti, selalu saja ada program menarik setiap bulannya.

Ketiga, pembayaran dengan cara cashless akan tercatat dengan rapi dalam riwayat transaksi, ini berarti kamu bisa dengan mudah melacak kemana saja saldo yang ada di dompet digital tersebut mengalir. Dengan adanya riwayat transaksi inilah nantinya kita bisa lebih detail mengetahui semua pengeluaran yang sangat berguna untuk menentukan prioritas belanja di kemudian hari. Jangan heran setelah membiasakan pakai sistem cashless, keuangan kamu akan lebih teratur dan tertib karena semua bisa tercatat secara jelas dan lengkap.

apa kelebihan cashless

Sistem pembayaran dengan cara cashless atau non tunai memang memiliki banyak kelebihan yang baru bisa kamu rasakan setelah menggunakan fitur tersebut secara langsung, tapi meski demikian bukan berarti bahwa sistem cashless ini tidak punya kekurangan. Hal utama yang menjadi kekurangan sistem cashless adalah belum semua pedagang atau merchant mendukung sistem ini karena masih banyak yang harus membayar secara tunai, ini artinya kita harus tetap menyediakan uang tunai di dompet agar tetap bisa lancar bertransaksi.

Banyaknya promo ditawarkan di sisi lain justru akan membuat kita semakin boros karena terlena untuk terus bertransaksi dengan anggapan bahwa harga sangat murah. Jangan heran bila kemudian justru kita terjebak untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan sama sekali hanya karena terjebak cashback dan promo tertentu. Oleh sebab itu, saat kamu mulai beralih ke cashless sebaiknya bisa lebih bijak dalam bertransaksi, selalu cek kembali sebelum melakukan pembayaran apakah kamu memang membutuhkan barang tersebut atau tidak, agar nantinya bisa terhindar dari pemborosan.

Saldo yang tersimpan di dompet digital untuk pembayaran cashless bisa rentan digunakan oleh orang karena itulah menjadi hal yang wajib bagi kamu untuk melindungi aplikasi dompet digital tersebut menggunakan kata sandi atau PIN yang sangat sulit ditebak oleh orang lain tapi mudah untuk diingat. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak Cara Aman Menggunakan Dompet Digital di Android dan iPhone agar nantinya kamu bisa bertransaksi secara cashless dengan lebih tenang tanpa perlu waswas.

Leave a Reply