Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Apakah KDZ itu? Cara Flash Android LG dengan LG Flash Tool

Pernahkah ketika kamu akan mengupdate smartphone LG, semisal ingin update LG Optimus G3 ke Android 5.1 Lollipop, kamu harus download dulu file berbentuk KDZ? Apa sebenarnya KDZ tersebut? Secara singkat kdz merupakan file firmware untuk smartphone LG sama seperti file ipsw untuk iPhone. Dengan file kdz ini kita bisa dengan mudah mengupdate hp LG menggunakan sebuah program bernama LG Flash Tool.

So, bila kamu ingin mengupdate LG Optimus G (Semisal LG F240S atau F240L), Optimus G3 Pro ke Android Lollipop maka sebelum melakukan update sebaiknya cari dulu file berbentuk kdz ini. Setelah berhasil download file berbentuk kdz selanjutnya kamu bisa melakukan update memakai LG Flash Tool.

Pertama, install dan download driver LG United Mobile Driver [ https://goo.gl/YymrMk ] dan LG Flash Tool [ https://goo.gl/BWRVGA ] Jangan lupa juga download file firmware berbentuk kdz sesuai dengan  type hp LG yang kamu pakai, dalam contoh kali ini kita akan mencoba update LG Optimus G F240S ke Android Lollipop.

Masuk ke download Mode di LG Optimus G cara matikan dulu hapenya. Setelah mati, tekan tombol Volume Atas dan Volume Bawah lalu sambungkan LG ke Laptop, sehingga nanti akan muncul download mode di layar LG.

Cara Download Mode LG Android

Setelah berada di download mode, jalana LG Flash Tool. Pada Select KDZ pilih firmware yang telah kamu download tadi, untuk memulai flash LG kamu bisa memilih Normal Flash agar seluruh data di hp LG kamu tidak akan terhapus atau hilang ketika selesai di update. Atau pilih CSE Flash bila kamu ingin melakukan downgrade atau update LG ke setelan pabrik alias seluruh data akan hilang. Setingan yang lain, biarkan saja tidak usah dirubah.

LG Flash Tool Android

Pilih Start untuk memulai proses update

Cara Flash Android LG

Rubah settingan ini sesuai dengan keinginan kamu, kemudian pilih OK untuk memulai proses update LG Optimus G ke Android Lollipop.

Cara Update LG Optimus G Lollipop

Tunggu sampai proses update, pastikan kamu tidak mencabut kabel data dari laptop ketika proses update selesai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bila terjadi bootloop setelah update ke Lollipop, sebaiknya pilih CSE Flash jangan Normal Flash.

49 comments

        1. @Nolan :: coba update/ flash menggunakan LG Flash Tool, pastikan agan download dulu firmwarenya dalam bentuk file kdz

    1. @Rafli :: agan bisa coba menggunakan file kdz seperti langkah diatas terlebih dahulu, namun pastikan bahwa agan memakai firmware sesuai dengan type hp agan tersebut.

  1. Saya coba untuk downgrade LG P715, dari kitkat ke Jelly bean dgn file 10H Kdz. tetapi ko cuman mentok 15% saja ya

    1. @Richty :: apakah agan sudah menggunakan stock rom? terus pastikan driver LG sudah terinstall di komputer agan dengan benar, gunakan juga kabel data lain siapa tahu kabel datanya memang bermasalah.

  2. lg su540 firmwarenya saya ganti bukan ori nya…sentuhnya kog jadi nggak respon

    1. @Kenthus :: resiko menggunakan ROM atau firmware bukan resmi memang begitu, tidak akan berjalan dengan sempurna.

    1. @Edo :: Bisa, download firmwarenya terlebih dahualu dalam bentuk file kdz setelah baru di flash menggunakan LG Flash Tool

    1. @Eko :: Kalau masih bisa masuk download mode (tekan tombol volume atas sambil menyambungkan lg ke laptop) agar bisa coba untuk lakukan restore atau flashing pakai Lg Flash Tool pakai stock rom

    1. @Saenudin :: Matikan handphone, lalu tekan tombol volume atas sambil menyambungkan handphone ke komputer atau laptop

  3. Kdz buat lg g pro lite d 686 kok gak ada yah di internet.. tolong bantu cariin dong 🙁

    1. @Ibnu :: masa, sudah dicoba cari di needrom biasanya disana tersedia banyak sekali firmware untuk handphone Android.

    1. @Rony :: Di flash-nya sudah menggunakan stock rom resmi dari vendornya? Pastikan agan menggunakan rom resmi, apabila setelah menggunakan rom resmi masih tetap error berarti hardwarenya sudah bermasalah

  4. Kalo saya, masalah nya di usb driver atau mtp nya. Bisa minta tlg bantu.
    Setelah di flash, mtp driver x terus

    1. @Fauzan :: coba install terlebih dahulu LG United Mobile Driver sehingga nanti akan auto detect device agan di windowsnya.

  5. Gan,,kenapa pas proses udah hampir 100% tiba2 gagal,notiv nya “lg suport tool has stoped”
    Itu kira2 knapa ya?
    Posisi hp LG d686 stuck di logo saat mau dinyalain..
    Thanks

    1. @Rovigh :: Biasanya ada masalah dengan komputer yang agan pakai. Coba buat user baru terlebih dahulu di Windowsnya kemudian agan bisa coba untuk melakukan flash kembali.

  6. Punya saya LG G4 Styluss tidak bisa upgrade karena dalam keadaan root padahal udah saya unroot tapi blom bisa juga.gmana caranya

    1. @Cece :: apabila sudah di root sebaiknya lakukan proses flashing via komputer saja.

        1. @Tut :: Apabila sudah di root memang tidak akan bisa di lakukan OTA Update. Agan harus update/ flashing via komputer.

  7. saya punya LG G4 seri f500l bootloop smua
    pas di flash keluar tulisan required info cannot be found.. itu kenapa ya padahal frmware nya sama
    makasih

  8. Mau numpang nanya kenapa pas saya update hanya stuck di 60 % dan di lg mobile support tool saat mulai upgrade tulisannya hanya ???????pc????? Usb ????? ??????? Apakah ada yang salah?

    1. @Andi10 :: Bisa disebabkan karena firmwarenya yang tidak cocok, coba gunakan firmware lain terlebih dahulu.

  9. Apakah bisa jadi pemasalahan windows yang saya baca lg flash tool tidak suport di win 7 dan 8 dia? Apakah benar?

    1. @Andi10 :: Flashtool bisa kok digunakan di Windows 7 dengan lancar tanpa kendala, coba gunakan versi terbaru flash toolsnya

  10. mau tanya gan…apa perbedaaan file firmware

    6DN/INDONESIA V21a LGD855 dengan
    IDN/INDONESIA V21a LGD855

    disitu ditulis yang pertama 6DN dan yang kedua IDN…

    tks

  11. saya punya lg e440, flash 5% error..dengan tulisan disconect..dan hampir banyak orang mengalami hal yang sama..
    saya sudah beli kabel data ori bawaan LG
    ttp aja nggak mau.
    dirumah saya internet INDIHOME

    1. @Aries :: coba flash di Windows yang fresh, tidak banyak program yang berjalan di background, gunakan firmware terbaru.

  12. Gan gimana cara mengetahui kode imei hp LG D325f ,sedangkan hp ane ngak bisa masuk ke pengaturanya? solusinya donk

  13. Bang lgflastool ku sampe ke tahap ketiga ggal ada tulisan “gagal menghubungi server”. Itu gimana ya ?. File kdz ( lg g5 us992 ) nya aku donload dari web resmi lg . saya mau upgrade rom dari us99223a ke us99226d tapi ada tulosan gitu iru kira masalahnya di mana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.