Bagaimana Cara Backup Semua Foto Instagram?

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di dunia dan memiliki banyak pengguna dari kalangan muda sampai orang tua, dari orang biasa sampai tokoh ternama. Bagi pengguna smartphone baik itu Android atau iOS dari Apple, salah satu aplikasi yang wajib dimiliki selain dari WhatsApp adalah Instagram dimana kita bisa berbagi setiap momen penting dan indah dalam kehidupan kita dalam bentuk foto atau video bersama teman dan pengikut setia kita.

Dalam perkembangan selanjutnya ternyata tak sedikit pengguna IG yang menjadikan Instagram sebagai tempat menyimpan foto aktivitas sehari-hari, mulai dari dokumentasi di tempat kerja, momen saat liburan sampai foto kegiatan atau acara keluarga lainnya. Instagram sudah seperti arsip foto dimana kita menyimpan semua koleksi secara online yang bisa diakses kapan dan dimana saja menggunakan perangkat apapun mulai dari laptop, tablet dan smartphone lain.

Menyimpan foto secara online memang memberikan banyak keuntungan, maka tak mengherankan layanan seperti Google Foto, iCloud dari Apple sampai yang terakhir Instagram sangatlah populer. Berbeda bila kamu menyimpan foto di memori internal atau sd card maka ketika terjadi masalah atau error seperti bootloop atau tiba-tiba sd card tidak bisa dibuka, maka sudah bisa dipastikan semua file arsip foto kita akan ikut hilang.

Untuk kamu yang sudah lama menggunakan Instagram dan sering banget update status berupa foto atau video, jangan heran bila nantinya di akun kamu akan penuh dan banyak sekali foto. Pernahkah terlintas dalam pikiran kamu, bagaimana bila tiba-tiba lupa password Instagram yang berakibat kamu tidak bisa login, dan akhirnya semua foto yang pernah kamu unggah di IG hilang setelah bertahun-tahun kamu menyimpannya?

Sebagian pengguna IG ada yang berinisiatif untuk menyimpan satu persatu foto di Instagram ke laptop, smartphone atau flashdisk OTG. Bila di akun Instagram kamu hanya ada beberapa puluh foto mungkin cara manual melakukan backup foto seperti ini tidaklah menjadi masalah, namun bagaimana bila di IG kamu sudah ada ribuan foto? tentunya akan membutuhkan waktu sampai berjam-jam hanya sekedar untuk menyimpan foto ke laptop atau memori internal di smartphone kamu.

Sebenarnya di Instagram sendiri sudah ada fitur untuk melakukan backup semua data yang ada di akun Instagram kamu, tidak hanya foto tapi sampai semua aktivitas yang pernah dilakukan termasuk data pesan yang pernah dikirim di IG ke teman atau sahabat kamu. Jadi, kamu tidak lagi harus menyimpan satu per satu di akun Instagram kamu, tapi cukup lakukan backup data saja, yang caranya yang lebih mudah dan cepat.

Pertama, masuk ke menu Pengaturan di aplikasi Instagram baik di Android atau iPhone kemudian tap pada keamanan – unduh data untuk melakukan proses backup semua data yang ada di akun Instagram kamu.

cara backup semua foto di Instagram

Langkah berikutnya adalah silahkan masukan alamat email yang benar dimana nantinya kita akan dikirimi tautan untuk melakukan proses unduh semua data IG. Perlu diingat bahwa kamu bisa menggunakan alamat email yang berbeda dengan email yang digunakan untuk login di Instagram. Untuk keamanan, kamu akan diminta untuk memasukan kata sandi akun IG dengan benar dan tepat.

backup foto di Ig

Lama atau tidak proses backup semua data di akun Instagram tergantung pada banyak atau tidaknya foto yang pernah kamu unggah, namun biasanya dalam hitungan menit atau jam, akan ada email yang berisi tautan untuk mengunduh file hasil backup Instagram. Silahkan cek email kemudian buka email dari Instagram kemudian lakukan proses unduh data.

backup foto instagram ke email

Sekarang waktunya untuk melihat semua data Instagram yang sudah kita backup, jalankan file manager lalu ekstrak file backup Instagram yang sudah kita unduh tadi. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini, tidak hanya foto tapi semua aktivitas kita di Instagram mulai dari pesan, profile, like sampai komentar berhasil kita backup dan bisa dibuka kapan saja.

backup arsip foto instagram lewat email

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk backup semua foto di akun Instagram? kini kamu tidak harus menyimpan satu per satu salinan foto dan data lain dari akun Instagram karena cukup dengan satu langkah mudah semua data berhasil kita backup untuk selanjutnya bisa kita simpan di laptop ataupun media penyimpanan lainnya.

Leave a Reply