Cara Agar Video Facebook Tidak Autoplay di Android

Beberapa tahun lalu media sosial Facebook lebih identik dengan kabar berita dan status update teman, maka tak mengherankan bila kita sering membaca kata-kata bijak, pepatah, sekedar ucapan selamat hari ulang tahun ataupun sekedar unggahan foto liburan dan kegiatan lainnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan semakin ketatnya persaingan sosial media, kini Facebook pun mulai giat menyajikan konten berupa video yang lebih menarik dibandingkan sekedar gambar dan status update saja.

Tak mengherankan bila kemudian Facebook kini bisa dijadikan alternatif Youtube sebagai sarana untuk menonton berbagai macam video unik dan lucu ataupun kabar berita dari dunia internasional. Saat ada berita menarik tentang teknologi seperti rilis smartphone terbaru baik itu Android atau iPhone dari Apple, kini bisa segera mengetahui berita tersebut lewat siaran langsung tak hanya di Youtube namun kini bisa juga di Facebook. Apalagi saat ini, konten kreator yang sudah malang melintang di Youtube, juga membuat channel atau halaman tersendiri di Facebook.

Sama seperti saat kita menggunakan aplikasi Youtube di Android, fitur putar otomatis video atau autoplay juga tersedia di Facebook. Hal ini tentunya untuk memudahkan pengguna agar tidak harus selalu memilih tombol putar hanya sekedar untuk mengetahui dan melihat berbagai macam video di Facebook. Saat kamu sedang berada di beranda Facebook lalu menggulirkan halaman ke atas maka secara otomatis saat ada kabar berita berupa video, maka akan diputar otomatis sehingga akan memudahkan aktivitas kamu di sosial media tersebut.

Sebenarnya fitur autoplay ini tidak selalu menjadi masalah terutama bagi kamu yang memiliki koneksi internet tanpa batas misalkan memakai jaringan wifi di kantor atau rumah. Namun menjadi sesuatu yang memberatkan bagi mereka yang mengandalkan koneksi data untuk mengakses internet. Fitur putar otomatis video di Facebook akan sangat menguras kuota internet sama halnya seperti kamu nonton di Youtube, maka jangan heran bila kemudian kuota internet kamu akan cepat habis.

Bagaimana agar kita bisa lebih hemat kuota internet tapi tetap bisa melihat berbagai macam video menarik di Facebook? salah satu cara paling ampuh adalah dengan cara mencegah agar video Facebook tidak autoplay sehingga nantinya kita bisa memilih mana video yang menarik untuk diputar dan mana yang tidak, jadi jangan sampai sesuatu yang tidak ingin kita lihat malah terputar secara otomatis yang berakibat kuota internet cepat habis.

Di bawah ini ada beberapa langkah singkat agar video Facebook tidak autoplay di Android. Pertama silahkan jalankan aplikasi Facebook di hp Android atau iPhone milik kamu kemudian di pojok kanan atas tap pada menu opsi. Disini ada banyak pengaturan yang berhubungan dengan akun maupun aplikasi FB di smartphone. Pilih Pengaturan lalu gulir ke bawah sampai kamu menemukan opsi Media dan Kontak seperti tampak pada gambar di bawah ini.

agar video facebook tidak autoplay

Untuk mencegah agar video FB tidak otomatis diputar atau autoplay ada settingan tersendiri yakni di bagian menu putar otomatis. Tentu saja nantinya kamu harus pilih jangan pernah putar video otomatis, atau bila kamu kadang memakai wifi saat berada di rumah atau kantor bisa juga pilih opsi di koneksi wifi saja sehingga nantinya aplikasi Facebook akan mendeteksi apakah kamu sedang berada di jaringan seluler atau wifi untuk menentukan apakah video FB akan diputar otomatis atau tidak.

cara agar video facebook tidak otomatis

Setelah berhasil mengubah setelan di aplikasi Facebook agar video tidak autoplay, kini kamu bisa lebih hemat kuota internet saat sedang asik memakai Facebook. Meski demikian cara ini hanyalah sekedar mencegah agar video yang tidak kamu sukai atau kurang menarik tidak terputar otomatis. Pada akhirnya, hemat atau tidaknya kuota internet di hp Android akan sangat tergantung kepada aktivitas online kamu setiap hari. Jadi, bijaklah dalam bersosial media.

Leave a Reply