Kenapa Emulator Android Berat dan Lambat

Bermain game Android seperti Call of Duty Mobile, PUBG dan game battle royale lainnya menggunakan Emulator tak bisa dipungkiri memberikan kelebihan tersendiri karena kita bisa memakai mouse dan keyboard sehingga karakter yang kita mainkan bisa lebih luwes bergerak alias tidak kaku.

Setelah sering melihat para Youtuber Gaming bermain game online pakai Emulator Android, akhirnya kamu memutuskan untuk ikutan juga memakai emulator karena kebetulan di rumah ada laptop yang sudah lama tidak dipakai.

Untuk emulator Android sendiri saat ini banyak sekali pilihan mulai dari Bluestack, Nox sampai Memuplay. Semuanya tentu saja menawarkan emulator yang kerjanya cepat dan maksimal, tidak berat dan anti ngelag. Dan bahkan banyak dari vendor emulator yang mengklaim bahwa emulatornya mampu berjalan di laptop dengan spesifikasi minimum, benarkah itu semua?

Saat kamu berhasil menginstall sebuah emulator di laptop dan mencoba untuk menjalankannya ternyata yang terjadi adalah emulator Android tersebut berjalan sangat lambat dan berat sekali, padahal kamu belum menginstall game apapun!

Harus kamu ingat seringan apapun emulator sudah pasti membutuhkan spesifikasi komputer yang lumayan tinggi. Jika laptop kamu hanya dilengkapi memori RAM 2GB, Prosesor cuma sekelas Intel i3 plus HDD dan OS Windows 10 tentu sudah bisa dipastikan emulator Android akan berjalan dengan sangat berat dan lambat.

Prosesor Intel i3 plus RAM 2GB untuk menjalankan Windows 10 saja sudah sangat berat apalagi ditambah dengan emulator Android, jangan berharap kinerja yang lancar dan maksimal.

spesikasi laptop terbaik untuk emulator Android

Agar sebuah emulator Android bisa berjalan dengan maksimal dan tidak berat pastikan setidaknya kamu pakai laptop dengan RAM minimal 8GB, Prosesor minimal Intel i5 (disarankan Intel i7), selain itu hindari pakai HDD dan lebih diutamakan memakai SSD agar kinerjanya lebih cepat.

Alokasi RAM yang besar ke emulator nantinya akan membuat kinerjanya lebih maksimal, tidak berat dan bisa berjalan dengan lancar. Perlu diingat bahwa game Android terbaru saat ini membutuhkan spesifikasi yang lumayan tinggi, RAM 3GB saja sudah sangat minim, jadi pastikan alokasi RAM untuk emulator Android kamu nantinya minimal 4GB atau lebih besar.

Perlu kamu tahu para Youtuber gaming yang bermain game Android pakai emulator sudah bisa dipastikan spesifikasi komputernya sangatlah high end sehingga kinerja emulatornya begitu ringan dan anti ngelag. Apapun emulator yang mereka pakai pasti akan lancar.

Leave a Reply