Agar Notifikasi Facebook Tidak Masuk Ke Email

Apakah kamu pernah merasa bosan dan bahkan kesal ketika menerima email di hp Android atau iPhone yang ternyata isinya cuma pemberitahuan atau notifikasi dari Facebook entah itu karena ada teman yang mengomentari status update kamu, permintaan pertemanan baru atau bahkan notifikasi yang sangat tidak penting yakni pemberitahuan bahwa salah satu teman kamu telah mengupdate status terbaru. Bila cuma satu atau dua buah email sehari mungkin tidak akan menjadi masalah namun bagaimana bila kamu menerima email lebih dari 10 kali sehari? tentunya selain membuat kamu kesal juga inbox email akan menjadi cepat penuh hanya oleh email yang berisi notifikasi dari FB.

Sebenarnya pemberitahuan Facebook yang masuk ke email sangat berguna apabila berisi hal penting seperti info keamanan FB, pemberitahuan tentang device baru yang digunakan untuk login sampai aktivitas lainnya yang berhubungan dengan akun Facebook kamu. Namun, ternyata secara default notifikasi FB yang masuk ke email hampir mencakup berbagai hal terutama yang berhubungan dengan status update, komentar dan pemberitahuan lainnya yang tidak begitu penting.

Di Facebok sendiri ada beberapa cara untuk menerima pemberitahuan atau notifikasi yang berhubungan dengan aktivitas di FB, bisa langsung di handphone Android atau iPhone dimana kita menginstall aplikasi Facebook entah itu berupa nada, getar, sampai notifikasi lampu Led. Kemudian bisa juga notifikasi dikirim lewat SMS ke nomor hp yang sebelumnya sudah terdaftar di akun tersebut dan terakhir tentu saja lewat email yang aktif baik itu Gmail, Yahoo ataupun layanan email lainnya.

Bagaimana bila kemudian kamu ingin agar notifikasi Facebook tidak masuk ke email sehingga nantinya kita tidak terus menerima email yang cuma berisi pemberitahuan dari FB? Jangan khawatir, di aplikasi Facebook sendiri sudah ada setelan untuk mengubah pengaturan agar notifikasi FB tidak masuk ke email. Langkah pertama, silahkan jalankan aplikasi FB di iPhone atau Android dimana kamu sudah login sebelumnya, akses menu Pengaturan kemudian Notifikasi seperti tampak pada gambar di bawah ini.

agar notifikasi fb tidak masuk email

Di Pengaturan notifikasi inilah kita bisa merubah agar pemberitahuan Facebook tidak masuk ke email. Tap pada menu Email kemudian silahkan pilih notifikasi mana saja yang ingin kamu terima lewat email. Bila kamu sepenuhnya tidak ingin menerima pemberitahuan ke email, maka jangan pilih opsi manapun mulai dari komentar, tanda, pengingat sampai aktivitas lainnya di Facebook.

agar notifikasi facebook tidak masuk ke email

Setelah melakukan perubahan pada pengaturan notifikasi email di Facebook, maka nantinya kamu tidak akan lagi menerima email yang berisi pemberitahuan dari FB. Tak usah khawatir, apabila suatu hari nanti kamu berubah pikiran dan ingin kembali mengaktifkan notifikasi tersebut, maka cukup kembali lakukan beberapa langkah diatas.

Seperti diungkapkan diatas, selain lewat email tak jarang banyak dari kita yang menerima notifikasi FB lewat SMS. Nah, bila kamu tidak ingin lagi menerima sms notifikasi tersebut silahkan ikuti langkah singkat untuk berhenti berlangganan sms di Facebook sehingga nantinya bila ada komentar baru ataupun permintaan pertemanan baru di FB, kamu tidak lagi menerima semua notifikasi tersebut entah itu lewat email ataupun sms.

Saat ini pengguna aktif Facebook tidak sebanyak beberapa tahun lalu, banyak pengguna lebih memilih memakai Instagram dibandingkan FB entah itu untuk update status ataupun sekedar berbagai momen penting dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest