Kegunaan dan Fungsi Opsi Pengembang di Android

Di setiap ponsel Android baik yang menggunakan custom rom seperti MIUI, Color OS ataupun yang memakai Android One selalu disertai dengan opsi pengembang atau developer option. Namun secara default opsi ini tidak otomatis muncul karena harus diaktifkan terlebih dahulu secara manual. Ada banyak berbagai manfaat dan fungsi dari Opsi pengembang yang pada intinya adalah untuk melakukan modifikasi agar nantinya Android bisa bekerja lebih cepat.

Menu Opsi Pengembang di Android bisa ditemukan di Pengaturan seperti pada gambar di bawah ini. Namun bila ternyata kamu tidak dapat menemukan opsi ini, ada kemungkinan karena opsi pengembangan di Android kamu belum di aktifkan. Untuk aktifkan opsi pengembang caranya cukup mudah yakni masuk menu Tentang Ponsel lalu tap sebanyak 7x pada nomor bentukan sampai nanti muncul notifikasi bahwa developer option atau opsi pengembang sudah berhasil diaktifkan dan mulai bisa digunakan.

fungsi opsi pengembang pada hp android

Salah satu kegunaan dari Opsi Pengembang adalah kita merubah pilihan force 4X MSAA di Android yang sangat berguna untuk lebih mempercepat kinerja Android terutama untuk kamu yang sering bermain game. Merubah opsi force 4X MSAA di opsi pengembang akan membantu lebih nyaman saat bermain game terutama dari sisi tampilan grafis.

Fungsi lain dari opsi pengembang di Android adalah mengaktifkan Debugging USB yang sangat bermanfaat terutama bila kita sering melakukan proses flashing atau update Android secara manual lewat komputer. Saat mode debugging USB aktif, maka nantinya hp Android kamu akan mudah terdeteksi di komputer atau PC terutama di saat melakukan restore atau update.

kegunaan opsi pengembang di android

Untuk kamu yang ingin melakukan proses unlock bootloader agar nantinya bisa dengan mudah melakukan proses root ataupun update Android via recovery mode maka opsi pengembang juga memiliki peranan yang cukup besar karena disini adalah pilihan untuk mengaktifkan OEM terbuka akan lebih mempermudah untuk proses unlock bootloader.

Tak sampai disitu, di opsi pengembang juga kita bisa mengatur tampilan animasi menu di Android, melakukan simulasi ruang warna, menampilkan penggunaan sumber daya CPU sampai mengatur dan mencegah agar sebuah aplikasi tidak terus menerus berjalan di latar belakang yang bisa menyebabkan baterai menjadi cepat terkuras habis.

Menggunakan opsi pengembang dengan tepat tentunya akan sangat membantu kamu untuk merubah kinerja Android jadi lebih maksimal, namun bila kamu tidak tahu dan kemudian salah dalam memilih berbagai opsi jangan heran bila yang terjadi adalah sebaliknya yakni Android menjadi berjalan lambat, tidak stabil dan ada kemungkinan terjadi error. Jadi, sebelum mengaktifkan atau menonaktifkan sebuah pilihan di opsi pengembang, sebaiknya kamu benar-benar tahu manfaat dan fungsi dari opsi tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest